5 Tema Blog yang Bikin Saya Enjoy Menulis

tema blog

tema blog

Kemarin saya sudah menulis tentang alasan-alasan saya ngeblog. Hari ini saya pengin menulis tentang tema apa aja sih yang menarik untuk saya bahas di blog. Menarik dalam artian yang bikin saya enjoy dan happy ketika menuliskan tema blog tersebut.

Sebenarnya saya tidak pilih-pilih tema. Itulah kenapa blog saya ini isinya gado-gado, tidak mengkhususkan diri pada niche tertentu. Karena apa? Karena saya pengin happy dan enjoy dalam menulis, anytime saya bisa menulis tentang apa pun. Seringkali ide yang muncul tidak selalu bertema sama, bisa beda-beda. Sedangkan saya orangnya praktis, ga suka loncat blog sana loncat blog sini.

Nahhh… ada beberapa tema yang memiliki postingan banyak di blog ini. Saya sebutkan 5 (lima) tema saja yaaa..

1. Tema Parenting

Saat ini saya memiliki 2 (dua) anak laki-laki yang sedang dalam masa tumbuh kembang. Anak pertama berusia 16 tahun yang sedang mengalami proses pencarian jati diri serta transisi dari anak remaja menuju dewasa. Anak kedua berusia 13 bulan 20 hari yang sedang mengalami proses tumbuh kembang dari bayi menuju anak usia batita.

Dalam masa pertumbuhan kedua anak tersebut tentunya saya butuh banyak ilmu agar supaya saya tidak salah jalan dalam mendidik anak. Salah satu cara saya belajar adalah dengan membaca buku atau majalah atau artikel, dimana kemudian ringkasannya saya share di blog ini dengan tujuan sebagai arsip saya sendiri dan siapa tahu bermanfaat juga bagi pengunjung blog ini. Cara lain adalah dengan berbagi tentang pengalaman saya dalam mengasuh kedua anak saya tersebut. Siapa tahu pengalaman saya tersebut ada pelajarannya yang bisa bermanfaat juga bagi pengunjung blog ini.

2. Tema Kesehatan

Sebagai ibu, saya mempunyai tanggung jawab untuk mendidik, mengasuh serta membimbing anak-anak saya hingga mereka dewasa nanti. Sebagai istri, saya ingin mendampingi suami saya hingga akhir hayat nanti. Sebagai karyawan, saya ingin bekerja sebaik-baiknya dan minim absen. Sebagai blogger, saya pengin lebih produktif dari waktu ke waktu.

Untuk itu, kesehatan sangat penting bagi saya. Dengan badan dan jiwa yang sehat, saya yakin dan percaya bahwa apa pun bisa saya kerjakan dengan baik, saya pun bisa selalu produktif. Selain itu saya akan selalu bisa memberi senyuman terindah kepada anak-anak dan suami serta orang-orang di sekitar saya.

Karena itulah saya senang menulis tentang kesehatan. Sesekali saya menuliskan kembali tips sehat dari majalah yang saya baca. Seringkali juga saya berbagi cerita tentang pengalaman saya menjalankan pola hidup sehat. Pernah juga saya menulis tentang pengalaman teman saya yang bisa sembuh dari kanker dimana pola hidup sehat yang dijalankannya bisa saya share di blog ini sehingga bermanfaat bagi cancer survivor yang lain.

3. Tema traveling

Meskipun dalam keterbatasan mobilitas, saya tetap suka jalan-jalan. Menurut saya, traveling tidak harus berkunjung ke tempat-tempat yang jauh. Bisa saja jalan-jalan di kota sendiri (misalnya sekitar Yogyakarta saja). Bisa juga jalan-jalan ke tempat-tempat wisata yang jauh dengan membaca, karena dengan membaca imajinasi saya bekerja, serasa turut jalan-jalan hehehe…

Karena itu kalo ada job menulis tentang traveling tidak pernah saya tolak 🙂

4. Tema review buku

Konon, menulis dan membaca itu satu paket yang tidak terpisahkan. Seorang blogger yang suka menulis pasti juga seorang pembaca yang baik. Terlepas dari membaca online atau membaca buku.

Saya pribadi kurang betah kalo membaca online. Bukan hanya mata yang cepat lelah ketika membaca secara online, tapi seluruh tubuh ikutan lelah hehehe.. Itulah kenapa jika ada hal menarik yang harus dibaca, sebisa mungkin saya print dulu.

Tidak betah membaca online memotivasi saya untuk membaca buku. Hardcopy ya, bukan ebook. Ada beberapa manfaat penting dari membaca buku yaitu antara lain: (1) menambah wawasan, (2) memunculkan ide-ide segar, (3) sebagai terapi jiwa, (4) materi untuk blogpost review buku.

Nah, berkah dari membaca buku tersebut saya jadi punya ide untuk membuat blogpost dengan mereview buku tersebut. Tidak jarang juga saya membuat ringkasan dari apa yang ada di dalam buku tersebut lalu saya posting di blog.

5. Tema lifestyle

Menulis tentang pengalaman sehari-hari yang sekiranya tidak termasuk ke dalam 4 tema di atas, biasanya saya masukkan ke dalam tema lifestyle. Misalnya lagi pengin menulis tentang pengalaman ganti kartu ATM, atau menulis tentang keseruan syuting perdana di televisi bersama teman-teman komunitas, atau keseruan gathering bersama teman-teman blogger, dan lain sebagainya.

Gimana? Seru-seru ‘kan yaaa tema-tema blog yang bikin saya enjoy dan happy menulis? Kalo Anda suka tema apa?

#Day2
#BloggerPerempuan
#BPN30DayChallenge2018

179 Views

Author: Wiwin Pratiwanggini

Ibu dari 2 anak laki-laki (Satria & Dimas). Tinggal di Yogyakarta. Suka jalan-jalan. Suka membaca. Suka menulis. Ngeblog untuk berbagi cerita, berbagi pengalaman, serta berbagi informasi. Bisa dikontak di wiwin_pratiw@yahoo.com (email) atau 08156852076 (WA), insyaallah fast response.

4 thoughts on “5 Tema Blog yang Bikin Saya Enjoy Menulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *