#KEBelajar #KEBelajarxProPS: Belajar Memaksimalkan Pendapatan Iklan

Sejak menjadi anggota komunitas KEB (Kumpulan Emak-emak Blogger), ini adalah kali pertama saya mengikuti kegiatan KEBelajar. Satu, karena waktunya tepat (hari Sabtu saya libur kerja). Dua, karena penasaran dengan materinya (Langkah Jitu Memaksimalkan Pendapatan Iklan). Sehingga ketika ada informasi dari mak Indah Juli, saya langsung mendaftarkan diri saja. Alhamdulillah masuk dalam daftar peserta.

Oiya kali ini KEB bekerjasama dengan ProPS. Jadi hashtag acara kali ini adalah #KEBelajar #KEBxPropPS. Apa itu ProPS? Baca terus postingan ini, nanti Anda akan menemukan jawabannya 🙂

Datang Kepagian

Setiap ada kegiatan pagi, sebagaimana jadwal saya pergi kerja, saya harus mengkondisikan Dimas dulu. Biasanya paling aman pergi dari rumah adalah sekitar jam 8-9 pagi karena itu jam-jamnya Dimas bobok pagi. Demikian pula di hari Sabtu itu. Jam 9:30 Go Ride saya sudah datang, lalu saya meluncur ke Kunena Eatery tempat diadakannya acara KEBelajar.

Sampai disana saya agak kaget, koq sepi. Tapi karena pintu bisa dibuka, ya saya cuek aja masuk ke resto. Sampai di dalam, baru deh saya buka lagi informasi acara ini. Olala… ternyata acaranya jam 11:00 – 14:00 WIB. Waduhhh.. saya sempat hampir cabut pulang aja mengingat bahwa jam 14:00 siang saya sudah janji mau menemani suami saya ke dokter gigi untuk bedah mulut.

Mengisi waktu dengan mengerjakan pe-er masing-masing sambil sesekali ngobrol. (picture taken by Ardian Kusuma)

Kemudian saya pikir-pikir lagi, buat apa bolos dari awal, mendingan gapapa saya nunggu satu jam trus nanti pulang lebih awal saja (jam 13:00). Tapi saya juga ga ingin asal kabur saja di tengah-tengah acara. Jadi begitu tersadar saya datang kepagian dan bakalan bolos, maka saya WA ke mak Indah Juli minta ijin bahwa nanti jam 13-an saya pulang duluan. Alhamdulillah boleh.

Ya sudah, akhirnya saya manfaatkan waktu sebelum jam 11:00 dengan menunggu kehadiran teman-teman peserta yang lain sambil mengerjakan pe-er yang masih numpuk (blogwalking dan social media walking).

Makan Siang Dulu

Jam 11:00 tepat kami semua menuju ke lantai dua, tempat dilangsungkannya acara KEBelajar. Pertama-tama kami harus mengisi daftar hadir terlebih dulu. Kemudian bebas mau ambil tempat duduk yang mana. Saya bersama Yustrini dan Manda Ima duduk di kursi paling depan. Dengan harapan bisa lebih jelas mendengarkan presentasi, bisa mengambil foto lebih dekat, dan tentu saja saya lebih mudah untuk nanti meninggalkan ruangan. Oiya ada goodie bag cantik dari ProPS lhoo..

Peserta mengisi daftar hadir. (picture taken by Ardian Kusuma)

Sambil menunggu kehadiran para peserta, acara diisi dengan ramah tamah yang dipandu oleh MC Aji Sukma. MC-nya bagus dalam membawakan acara sehingga terasa meriah sejak awal. Acara ramah tamah diselingi juga dengan memperkenalkan personil-personil dari KEB dan ProPS. KEB diwakili oleh mak Sumarti Sumaelan (Ketua KEB) dan mak Indah Juli. Sedangkan dari ProPS diwakili oleh Ilona Juwita (CEO ProPS), Andre dan satu orang lagi (maaf saya lupa namanya).

Ternyata, sodara-sodara, acara KEBelajar hari ini diawali dengan makan siang! Alhamdulillah.. Dengan demikian kami nanti akan belajar dalam kondisi nyaman karena perut sudah tenang hehehe…

Makan siang dulu. (picture taken by Ardian Kusuma)

Jam sekitar jam 11:30 kami makan siang terlebih dahulu secara buffet. Makanan disediakan di belakang ruangan belajar. Ini kali kedua saya makan siang di Kunena Eatery. Menurut saya, makanannya enak-enak semua. Pengin makan yang banyak sih tapi takut ngantuk dannn malu ahh sama teman-teman yang lain 😀 . Saya juga suka dengan Iced Tea-nya, hanya saja sayangnya gelasnya kecil, jadi kalo cuma sekali ambil rasanya masih kurang.

Sharing dari ProPS tentang Langkah Jitu Memaksimalkan Pendapatan Iklan

Acara makan siang diakhiri jam 12:00. Selanjutnya jam 12 lebih acara inti dimulai. Sesi pertama adalah sharing dari ProPS yang disampaikan oleh Ilona Juwita. Topiknya adalah “Langkah Jitu Memaksimalkan Pendapatan Iklan”.

Apa sih ProPS? ProPS adalah google channel partner yang difasilitasi oleh Google untuk membantu publisher (yang memiliki website) meningkatkan pendapatannya dari memasangkan iklan di websitenya. Karena ibaratnya ProPS adalah reseller Google, maka ProPS diberikan akses langsung untuk bisa menanyakan masalah yang biasanya terjadi ada di adSense seperti akun diblok, dan lain-lain. Terlepas dari itu, ProPS juga diberikan akun adExchange untuk membantu publisher meningkatkan pendapatannya dari bekerja sama dengan ProPS. Nah yang ingin ditawarkan oleh ProPS ini adalah Google Ad Exchange (adX). AdX ini bisa disebut premiumnya dari adSense.

memaksimalkan pendapatan iklan
Ilona Juwita sedang sharing. (foto koleksi pribadi)

Ada 4 hal yang disampaikan oleh Ilona Juwita dalam KEBelajar kali ini, yaitu:
1. Monetisasi ala blogger
2. Masalah utama terkait monetisasi iklan
3. Platform monetisasi iklan dan cara optimalisasi
4. Peluang besar ke depan

Untuk lebih detilnya nanti akan saya tuliskan di postingan berikutnya. Supaya lebih fokus dan postingan ini jadi enggak kepanjangan.

Sharing dari Carolina Ratri tentang Pillar Post

Sedih sayaaaa.. bagian ini saya sudah meninggalkan ruangan karena saya harus ke rumah sakit menemani suami saya. Tapi gapapa.. temen-temen blogger itu rasa kekeluargaannya tinggi, jadi mereka pasti mau share ilmu kepada teman yang lain.

Pillar dalam bahasa Inggris artinya adalah pilar juga dalam bahasa Indonesia. Tahu ‘kan ya artinya pilar? Iyaaa.. tiang, penyangga. Nah, menurut Carolina Ratri, pillar post adalah artikel yang menjadi “penyangga” blog kita untuk tetap eksis di SERP atau hasil pencarian search engine.

Carolina Ratri sedang sharing. (picture taken by Ardian Kusuma)

Ciri utama dari pillar post adalah practical dan evergreen (tak akan lekang oleh waktu – informasinya bermanfaat sepanjang jaman). Sedangkan prinsip dari pillar post adalah menjadi referensi atau rujukan dan menghasilkan traffic yang stabil.

Intinya, menulislah artikel dengan topik yang banyak dicari orang, supaya banyak orang yang akan menemukan tulisan kita. Contohnya, list barang-barang yang musti dibawa saat traveling, list persiapan melahirkan, 10 merk skincare terbaik, dan sebagainya.

Sebisa mungkin dari awal sudah ditentukan siapa pembaca blog kita sehingga kita dapat menentukan isi tulisan. Bahkan penting juga melakukan riset keyword. Satu hal penting  lagi yaitu perhatikan tentang SEO checklist sebagai berikut:
1. Keywords
2. Subheadings
3. Captivating headline
4. Short URL
5. Meta search description
6. Image alt attributes
7. Internal & external links

Sebelum publish blog post, saya selalu melakukan SEO checklist sebagaimana tersebut diatas. Walau belum sempurna, tapi saya selalu memperhatikan hal itu.

Carolina Ratri mengutip dari Problogger.com bahwa:
“A pillar article is usually a tutorial style article aimed to teach your audience something. Generally they are longer than 500 words and have lots of very practical tips or advice.”

Kesan-kesan Ikut KEBelajar bersama PropPS

Secara keseluruhan acara ini sukses. Pesertanya banyak. Well-organized banget (sekelas KEB gitu loh…). Peserta dimanjakan dengan makan siang sebelum acara inti dimulai, pun ada coffee break (snack time). Hidangannya semua enak-enak 🙂

Dan tentunya ilmu yang disampaikan adalah ilmu yang daging banget. Jujur, saya butuh banget ilmu tentang periklanan lewat Google ini. Meskipun secara teknis saya biasanya menyerah, tapi dengan support dari ProPS insyaallah dimudahkan.

Terimakasih #KEBelajar atas diselenggarakannya event #KEBelajarxProPS. Saya berharap di Yogyakarta sering diadakan acara-acara berbagi ilmu seperti ini.

Tim KEB, MC, dan Tim ProPS. (picture taken by Ardian Kusuma)
Pemenang challenge ngetwit & IG. (picture taken by Ardian Kusuma)
Foto bersama. (picture taken by Ardian Kusuma)

Sampai jumpa di event #KEBelajar yang lain 🙂

 

 

148 Views

Author: Wiwin Pratiwanggini

Ibu dari 2 anak laki-laki (Satria & Dimas). Tinggal di Yogyakarta. Suka jalan-jalan. Suka membaca. Suka menulis. Ngeblog untuk berbagi cerita, berbagi pengalaman, serta berbagi informasi. Bisa dikontak di wiwin_pratiw@yahoo.com (email) atau 08156852076 (WA), insyaallah fast response.

26 thoughts on “#KEBelajar #KEBelajarxProPS: Belajar Memaksimalkan Pendapatan Iklan

  1. Asik dapat lagi Ilmu baru seputar blog khususnya Adsense … manfaat banget Ini buatku mbak wiwin. Makasih sharingnya yaaaa

  2. Ini acaranya seru banget ya mba, walauapun beberapa kali agak gak nyambung karena harus mencerna lebih keras hahaah, tapi aku suka dan jelas-jelas nambah ilmu blogging.

  3. Asyik banget acaranya.
    kumpul2 seru sambil belajar ilmu yang manfaat banget.

    saya sering banget baca2 tulisan mba Carra, banyak hal yang harus di lakukan untuk blog.
    Rasanya pengen banget lakukan semuanya padahal waktunya ga memenuhi huhuhu

  4. Seru banget, bisa ketemu makmin, mak blogger lain dan dapat ilmu yah. Sayang banget pas acara di Bandung kemarin saya gak bisa ikut hiks

  5. Ilmunya yang didapat kantuk banget nih… mbak, aku kan msh baru-baru ini belajar SEO tapi yang sederhana sih…apakah blogpost yang sudah diposting bisa diperbaiki dengan melakukan checklist SEO nya seperti di atas?

  6. Ah, asyik eui bisa belajar dari jagoannya langsung. Mbak carra asllinya cantik ya, jadi gagal fokus aku.

    Kalau untuk SEO, WordPress sebenernya udah sangat memudahkan ya. Tapi untuk nulis artikel yang evergreen ini emang bejo-bejoan

  7. Ilmunya memang cukup berat buat blogger pemula kayak saya, sempat nggak nyambung gitu sama istilah-istilahnya. Tapi senang akhirnya kita bisa kopdar juga ya mbak 🙂

  8. Bener banget konten evergreen tuh memang sepanjang masa ya, di blog aku evergreen tuh mpasi, bayi gtm, yang mungkin memang dicari ibu-ibu. Apalagi era digital ini semua tanya pasti ke mbsh google dulu. Btw thx sharingnya, mba. Ilmu banget ini

  9. senang banget ya Mbak, ikutan event seperti ini.
    dapat ilmu yang benar-benar bermanfaat, yang kasih ilmu juga udah jelas banget sepak terjangnya yaaa dalam dunia perbloggeran ini 🙂

  10. event dari KEB ini bermanfaat banget, khususnya bagi saya yang juga kurang memahami adsense <3 seneng banget diajarin pelan-pelan sama mba ilona dan materi dan mba carolina ratri memang penting banget untuk dipelajari ulang…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *