7 Hal Penting Jika Media Online Ingin Membuat Nyaman Pembaca

Sebuah media online bagi seorang blogger seperti saya sangat membantu lho, apalagi jika saya butuh menulis sebuah artikel seputar ekonomi, keuangan dan bisnis yang kurang begitu saya kuasai. Tentu saja media online tersebut isinya bisa dipertanggungjawabkan, bukan semacam media online yang isinya gosip melulu atau komplain melulu. Pun sudah jaman digital sehingga sudah tidak sempat lagi saya mencari referensi dengan membuka koran cetak.

Sayangnya, saya sering menemukan ketidaknyamanan saat membuka portal sebuah media online. Karena biasanya saya akan sangat terganggu dengan munculnya aneka bentuk iklan di dalamnya. Mana tidak jarang bikin waktu loading menjadi lama pula. Kalau satu hal itu saja sudah membuat saya tidak nyaman, selanjutnya saya menjadi tidak tertarik untuk membuka artikel-artikel lainnya. Ujung-ujungnya saya tutup website tersebut dan saya berselancar lagi mencari yang lain.

Pada suatu hari gak sengaja saya masuk ke portal suatu media online yang fokus pada sektor ekonomi, keuangan, bisnis dan industri. Namanya korporat.com. Disitu saya seperti menemukan media online yang saya butuhkan.

Bagi saya ada 7 (tujuh) hal penting yang membuat saya nyaman berlama-lama di sebuah portal media online, yaitu:

1. Bersih, sederhana, elegan

Yang saya maksud dengan bersih disini adalah tidak banyak iklan yang bermunculan. Sehingga saya tidak merasa terganggu saat sedang membaca-baca artikel di dalamnya.

Selain bersih dari iklan, saya juga suka dengan portal yang tampilannya sederhana namun elegan. Cukup dengan 2-3 warna dominan saja, tidak perlu sampai full colour.

2. Terstruktur

Yang saya maksud adalah adanya fitur pengkategorian berita yang jelas, dengan penempatan yang strategis. Misalnya ditaruh di bagian paling atas dan muncul di setiap halaman. Dengan demikian akan sangat memudahkan saya dalam mencari berita berdasarkan kategori.

3. Informatif

Yang saya maksud adalah media online tersebut bisa memberikan informasi dengan menyajikan konten-konten yang menarik. Misalnya disajikan dalam bentuk tulisan yang berkualitas, dalam bentuk video atau animasi, juga dalam bentuk infografis.

4. Terbuka

Selain itu, media online tersebut juga harus terbuka kepada publik mengenai apa, siapa, dan bagaimana media online tersebut. Dengan adanya keterbukaan, itu akan membangun kepercayaan dari pengunjung atau pembaca.

5. Eksis di media sosial

Tidak jarang lho saya bisa mendapatkan informasi yang saya butuhkan hanya dari media sosial dari suatu media online. ‘Kan lumayan informatif tu jika artikel yang ada di website dibuatkan highlight-nya kemudian ditaruh di media sosial. Selain itu juga tentunya sebagai sarana untuk membangun merek (branding).

6. Mobile friendly

Dari pengamatan saya melalui Google Analytics, 90-an persen pembaca mengakses situs-situs di internet menggunakan smartphone (mobile). Kemungkinan besar sekali demikian pula yang mengakses media-media online. Karena dengan menggunakan gawai, netizen akan memanfaatkan waktu kosongnya untuk membaca berita-berita terkini di media online. Contoh simpelnya ya saya sendiri. Sambil ngantri di bank atau sambil nunggu ojek datang, saya memanfaatkan waktu dengan membaca berita secara online.

7. Akses untuk User

Biasanya disediakan akses login untuk pembaca. Bisa langganan berbayar, bisa juga gratis. Dengan berlangganan, pembaca akan selalu mendapatkan informasi jika ada update berita terbaru.

Nah, media online Korporat memenuhi enam hal diatas (poin 1 sampai 7). Makanya saya betah berlama-lama ngubek-ubek segala macam informasi di dalamnya. Dan saya juga pede aja merekomendasikannya ini kepada Anda semua.

media online korporat
Halaman utama korporat.com

 

media online korporat
Halaman utama Korporat.com

Memasuki halaman utama korporat.com pembaca langsung disuguhi aneka berita terbaru dari berbagai kategori. Tinggal klik saja mau membaca berita yang mana dulu. Di bagian tengah ada informasi yang disajikan dalam bentuk infografis. Pembaca juga bisa mencari berita melalui beberapa kategori pilihan. Diatas sudah tersedia menu-menu, tinggal klik mau melihat berita dari kategori apa.

Pembaca juga bisa mendapatkan akses untuk berlangganan, yaitu dengan mengklik tombol USER yang ada di kanan atas. Jangan lupa Register dulu untuk memasukkan data-data pelanggan. Setelah registrasinya beres, baru deh pembaca bisa melakukan Login. menggunakan Username atau Email dan Password yang sudah didaftarkan sebelumnya.

media online korporat
Ingin kenal lebih dekat dengan Korporat.com?

Jika pembaca ingin kenal lebih dekat dengan media online Korporat serta ingin tahu siapa saja personil-personil yang menggawanginya, silakan geser kursor ke bawah dan klik pada teks Tentang Korporat. Ada baiknya pembaca juga membuka Kebijakan Privasi dan Pedoman Media Siber.

Jadi, Korporat merupakan media siber (online) yang berfokus pada pemberitaan di sektor makro ekonomi, keuangan, bisnis dan industri dengan ruang lingkup: energi, kelautan, dan digital. Makanya jangan heran kalau dalam tulisan Korporat huruf R dan P nya melambangkan mata uang Rupiah.

media online korporat
Logo Korporat

Korporat juga menyajikan konten-konten berupa berita (hard & feature news), infografis (infograph), video, animasi dan artikel yang merepresentasikan sikap media yang sesuai dengan kaidah jurnalistik.

Setiap wartawan Korporat dibekali tanda pengenal yang jelas pada saat peliputan dan tidak diperkenankan menerima atau meminta imbalan dari narasumber dalam rangka menjamin independensi. Manajemen Korporat pun mematuhi dan tunduk terhadap UU No. 40 Tahun 1999 Tentang Pers dan ketentuan hukum yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Begitu juga dengan ketentuan berupa konvensi internasional terkait industri jurnalistik.

Kehadiran media online Korporat ini saya yakin ke depannya akan sangat membantu saya sebagai blogger pada saat membutuhkan referensi dalam penulisan artikel mengenai ekonomi, keuangan, bisnis dan industri. Tidak menutup kemungkinan teman-teman yang lain tentunya juga akan sangat terbantu oleh media online ini.

135 Views

Author: Wiwin Pratiwanggini

Ibu dari 2 anak laki-laki (Satria & Dimas). Tinggal di Yogyakarta. Suka jalan-jalan. Suka membaca. Suka menulis. Ngeblog untuk berbagi cerita, berbagi pengalaman, serta berbagi informasi. Bisa dikontak di wiwin_pratiw@yahoo.com (email) atau 08156852076 (WA), insyaallah fast response.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *