Pertamina Enduro, Oli Motor Terbaik Andalan Semua

oli motor terbaik

Kalau ngomongin oli motor terbaik, yang langsung terlintas di benak saya adalah motor tua saya. Iyalah, ga usah jauh-jauh. Berkah dari perawatan rutin, motor tua saya masih handal hingga hari ini. Gak pernah merepotkan kami.

Kisah Motor Tua

Flashback sejenak yaa… Motor tua saya adalah Honda Grand Astrea keluaran tahun 1997. Saya membelinya secara cash pada tahun 2006 dari temannya adik saya. Bayangin tuh, usianya sudah 22 tahun. Menjadi milik saya sudah 13 tahun. Dan jujur saja, saya baru sadar sekarang bahwa motor tersebut sudah lama saya miliki. Biasanya saya tidak pernah menghitung umurnya 😀

Motor tua tersebut tentu saja menemani kami dalam beraktivitas sehari-hari. Mulai dari antar-jemput anak kami sekolah, juga antar-jemput saya bekerja. Kata suami saya motor tersebut untuk ternak teri, anter anak anter istri. Eaa… Tidak jarang pula motor itu diajak berpacu dengan waktu untuk urusan-urusan bisnis kami. Maklumlah, bahkan untuk delivery order pun kami mengandalkan motor tersebut 🙂

Ahhh… pokoknya sampai hari ini banyak kenangan yang kami alami bersama motor tersebut. O iya, tidak jarang lhooo motor tersebut kami kendarai berboncengan dengan jarak berpuluh-puluh kilometer. Kebetulan tempat tinggal keluarga besar kami cukup jauh, rata-rata 15 – 30 km dari rumah kami. Kaliurang dan Parangtritis. Itu one way lhooo, kalo pulang pergi berarti ‘kan dua kalinya 🙂 . Pernah juga kami kendarai berboncengan pulang pergi jalan-jalan ke Candi Borobodur. Meskipun sudah tua tapi masih mampu lho dikendarai dengan kecepatan hingga 90-an kilometer per jam.

oli motor terbaik
Anter anak sekolah. (foto koleksi pribadi)

Pernah pada suatu hari kami kepikiran untuk membeli motor baru. Bisa jadi untuk dipakai sekolah anak sulung kami. Bisa jadi juga untuk transportasi sehari-hari kami. Belum kesampaian membeli motor baru tapi suami saya sudah wanti-wanti (menyampaikan pesan penting) bahwa motor lama tadi tidak boleh dijual. Sekali lagi, karena banyak kenangan manis dan pahit yang kami alami bersama motor tersebut, sejak anak pertama hingga anak kedua ini.

Selain itu, kami juga merasa bahwa motor tersebut memiliki banyak keunggulan, yaitu antara lain:

  1. Penampilannya sederhana (tapi elegan).
  2. Ukurannya proporsional dengan posisi jok yang nyaman bahkan untuk jarak jauh pun tidak cepat bikin pegal.
  3. Konsumsi bahan bakarnya tidak boros (irit BBM).
  4. Performa larinya tidak diragukan bahkan kuat melewati jalur pegunungan.
  5. Mesinnya bandel dan tahan lama serta minim perawatan.
  6. Biaya perawatan terjangkau.
  7. Onderdil (sparepart) mudah didapatkan.

Perawatan Motor Rutin

Suami saya sering bilang bahwa motor kami masih lebih enak dipakai daripada motor teman-temannya. Menurut saya iya benar juga sih. Sampai hari ini kenyamanan dari motor tersebut tidak berubah. Masih sama saja. Yang berubah hanya bodynya. Antara lain stikernya sudah hilang, joknya juga sudah sobek pada beberapa bagian dan belum sempat diganti.

Motor tersebut masih terasa nyaman dipakai karena terawat dengan baik. Yang saya tahu. suami saya selalu rutin membawanya ke bengkel motor langganannya setiap 2-3 bulan sekali. Baik itu untuk ganti oli motor rutin, maupun untuk check-up mesin, rantai, shock serta body. Jadi, insyaallah sampai hari ini tidak sampai kecolongan dengan motor bermasalah.

Selain perawatan rutin, dalam kehidupan sehari-hari tidak ada perawatan khusus untuk motor tersebut. Jika sudah ganti oli dan mesin baik-baik saja serta BBM cukup, ya sudah tinggal dijaga kecantikannya saja (dicuci, dilap dari debu). Jadi, meskipun umurnya sudah tua, performanya enggak kalah dibandingkan dengan motor-motor baru 🙂 . Biar tua, masih tidak ketinggalan jaman, masih keren untuk bergaya masa kini 🙂

Pentingnya Oli Motor Terbaik

Kenapa sih oli motor itu penting? Ya, karena oli adalah cairan pelumas yang sangat dibutuhkan untuk menunjang kelancaran mesin serta komponen lainnya pada motor. Karena itulah pemilik kendaraan tidak merasa ragu untuk menggunakan hanya oli motor terbaik untuk kendaraannya.

Sekali lagi, oli motor memiliki fungsi sangat penting dalam menjaga performa sekaligus kondisi mesin. Semakin bagus kualitas oli yang digunakan, maka akan semakin bagus pula performa mesin yang dihasilkan. Namun demikian, jangan asal pakai oli mesin. Sebaiknya konsultasikan dulu dengan teknisi yang ahli agar mendapatkan rekomendasi oli yang tepat.

oli motor terbaik
Enduro 4T SAE 20W-50 tampak depan. (foto koleksi pribadi)

 

oli motor terbaik
Enduro 4T SAE 20W-50 tampak belakang. (foto koleksi pribadi)

Jadi bukan masalah bisa membayar berapapun harga oli motor, yang penting adalah olinya harus tepat. Harus menggunakan oli motor terbaik untuk motor tersebut. Sebagai contoh, motor saya menggunakan oli motor Pertamina Enduro 4T SAE 20W-50. Dengan menggunakan pelumas yang baik, maka:

  1. Mesin akan terlindung dari keausan dan korosi.
  2. Kebersihan mesin terjaga.
  3. Deposit pada piston dapat dicegah.

Selain itu, dengan menggunakan oli motor jenis ini maka slip pada koling dapat dicegah karena memang pelumas ini didesain salah satunya adalah untuk tujuan tersebut. Dan yang terpenting adalah bahwa pelumas ini cocok digunakan untuk motor modern dan klasik. Nah, motor saya termasuk kategori motor klasik. Cocok ‘kan… 🙂

Enduro, Oli Motor Andalan Semua

Di pasaran, terdapat banyak sekali varian oli motor dari berbagai merk. Dari harga oli motor yang murah hingga yang mahal pun ada. Namun demikian tidak semua merk bisa digunakan pada satu motor. Dalam memilih oli motor, penting memperhatikan spesifikasi dari oli tersebut. Yaitu kekentalannya (SAE) dan kualitasnya (API Service).

SAE adalah kependekan dari Society of Automotive Engineers. Ia merupakan badan internasional yang menjelaskan kekentalan oli. Kode pada SAE juga menunjukkan kemampuan suatu oli dalam menjaga stabilitas kekentalan terhadap pengaruh suhu mesin dan lingkungan baik itu dingin atau panas.

Sedangkan API adalah kependekan dari American Petrolium Institute. oli mesin bensin dengan diesel mempunyai kode API yang berbeda. Pada mesin bensin umumnya dimulai dengan huruf “S”, sementara diesel huruf “C”.

Berbagai merk oli yang sering kita lihat di pasaran adalah Top 1, Evalube, AHM Oil, Castrol, Federal, Motul, Pertamina Enduro, Pertamina Fastron, Pertamina Mesran, Respol, Shell Advance, Yamalube. Nah, kali ini saya hanya ingin ngomongin tentang oli motor Pertamina Enduro.

Kenapa saya bilang bahwa Enduro adalah oli motor andalan semua? Iya, karena Enduro memiliki 7 (tujuh) macam varian untuk penggunaan pada jenis motor yang berbeda-beda. Mengingat, jaman sekarang motor itu tidak cuma satu jenis. Ada motor sport, motor racing, motor matic, dan lain-lain. Sedangkan motor saya masih jenis motor manual.

oli motor terbaik
Logo Enduro

Varian oli motor dari Enduro antara lain:

1. Enduro 4T Sport SAE 5W-30

Ini adalah pelumas sintetik yang diformulasikan khusus untuk menghasilkan kinerja akselerasi dan perlindungan keausan yang maksimal. Oli ini direkomendasikan untuk mesin motor 4 langkah dengan sistem kopling basah, terutama pada aplikasi balapan.

2. Enduro 4T Racing SAE 10W-40

Ini adalah pelumas motor 4 langkah berkekentalan ganda dengan kualitas tinggi yang diformulasikan dengan base oil sintetik dan aditif API SL terpilih. Oli ini direkomendasikan untuk mesin sepeda motor 4 langkah merk Honda, Suzuki, Kawasaki, Yamaha dan lainnya. Juga dapat digunakan untuk motor 4 langkah buatan China dan Korea.

3. Enduro 4T SAE 20W-50

Ini adalah pelumas bermutu tinggi yang diformulasikan dari bahan dasar mineral berkualitas tinggi dan aditif-aditif pilihan, yang didesain khusus untuk motor 4 langkah. Ia juga berkekentalan ganda yang stabil yang memberikan kemudahan bersirkulasi pada temperatur rendah dan tinggi. Oli ini direkomendasikan untuk mesin sepeda motor 4 langkah merk Honda, Suzuki, Kawasaki, Yamaha dan lainnya. Juga dapat digunakan untuk motor 4 langkah buatan China dan Korea.

4. Enduro Matic SAE 10W-30

Ini adalah pelumas motor 4 langkah matic berkualitas tinggi dengan moly additive untuk mengurangi friksi pada temperatur dan kecepatan tinggi. Ia memiliki viskositas rendah untuk mempermudah sirkulasi pelumas dan memberikan fuel economy yang lebih baik. Oli ini direkomendasikan untuk mesin sepeda motor 4 langkah matic (skutik), merk Yamaha, Honda, Suzuki, Kanzen dan lainnya.

oli motor terbaik
Varian pelumas Enduro. (foto koleksi pribadi)

5. Enviro 2T SAE 20

Oli ini direkomendasikan untuk digunakan pada mesin kendaraan 2 langkah berbahan bakar bensin dengan pendingin udara yaitu kendaraan-kendaraan 2 langkah buatan Jepang seperti Kawasaki, Yamaha, Suzuki, Honda dan Vespa. Oli ini juga dapat digunakan untuk mesih gergaji dan mesin pemotong rumput.

6. Enduro Gear

Ini adalah pelumas roda gigi motor matik berkemampuan tinggi yang diformulasikan dari base oil sintetik dan aditif pilihan. Oli ini direkomendasikan untuk melumasi roda gigi motor matik.

7. Enduro Matic G SAE 20W-40

Ini adalah pelumas motor matik 4 langkah berkualitas tinggi yang didesain khusus menggunakan base oil sintetik untuk pengendara dalam kota yang kerap mengalami kemacetan dan kondisi jalan yang statis. Oli ini direkomendasikan untuk mesin sepeda motor 4 langkah matic (skutik), merk Yamaha, Honda, Suzuki, Kanzen dan lainnya.

Nah, setelah membaca 7 (tujuh) varian oli motor Enduro, terlihat ‘kan ya bahwa Enduro memang oli andalan semua. Kenapa? Karena untuk semua jenis motor, Enduro menyediakan pelumasnya. Dan setiap jenis pelumas tersebut adalah merupakan oli motor terbaik bagi motor yang tepat, bahkan untuk motor tua saya.

PT Pertamina Lubricants

Oli motor Enduro diproduksi oleh PT Pertamina Lubricants yang merupakan anak perusahaan dari PT Pertamina (persero) yang didirikan pada 23 September 2013 dan menerima pemisahan (spin-o) Unit Bisnis Pelumas PT Pertamina (Persero) pada 30 Oktober 2013.

PT Pertamina Lubricants didirikan dengan tujuan untuk meningkatkan kekuatan bisnis Perseroan di bidang usaha pelumas pada masa mendatang, melalui cakupan bisnis di dalam dan luar negeri. Cakupan bisnis Perusahaan meliputi dalam dan luar negeri. PT Pertamina Lubricants bertekad pada masa-masa mendatang dapat menjadi perusahaan pelumas kelas dunia, dan mencapai posisi sebagai Top 20 World Lubricants Company.

Semoga tulisan ini membuka wawasan kita tentang oli motor terbaik, khususnya Enduro yang diproduksi oleh Pertamina. O iya, cara mendapatkannya juga mudah koq. Kalau mau beli sendiri, bisa membelinya di SPBU terdekat. Kalau sudah punya bengkel langganan, tinggal bilang saja supaya menggunakan oli tersebut.

 

1766 Views

Author: Wiwin Pratiwanggini

Terimakasih sudah berkunjung ke blog ini. Saya blogger Yogyakarta yang senang menulis untuk berbagi cerita, berbagi pengalaman, serta berbagi informasi. Bisa dikontak di wiwin_pratiw@yahoo.com (email) atau 08156852076 (WA), insyaallah fast response.

46 thoughts on “Pertamina Enduro, Oli Motor Terbaik Andalan Semua

  1. Rajin ganti oli bikin mesin jadi awet ya mbak 🙂
    Artikel ini membuka wawasan saya tentang Enduro Oil ternyata banyak macamnya dan harus disesuaikan dengan jenis motornya

  2. Ohhh baru tahu akuutuuuu mbak info baru nih, motorku matic soalnya. Aku tuh ingetnya kalau motor tua gt sukanya kalau isi bensin campur oli ngakak banget deh. Tapi pertamina enduro ini nampaknya highly reccomended yakk

  3. Cairan pelumas buat menunjang kelancaran mesin serta komponen lainnya pada motor semacam oli ini nggak boleh sampe kelewatan jadwal ngisinya. Bisa2 mogok mendadak kalo nggak diperhatiin huhuhuu

  4. Kayak motornya suami saya dulu, waktu masih kuliah Mba, hahaha.
    Tapi beneran keren ih, masih kepakai sampai sekarang? udah jarang banget loh nemu motor kayak gini, apalagi sekarang banyak motor jenis baru.

    Jadinya lebih antik nih motornya, dan terbukti dengan perawatan pakai oli terbaik, mesin jadi tahan lama 🙂

  5. ternyata macamnya oli itu banyak banget yak. kirain cm semacam dan beda2 merek doank. hihi selama ini saya salah kaprah donk. sekarang udah paham mana oli yg terbaik untuk kendaraan tersayang

  6. Jujur aku kurang faham kalau soal peroilan tapi kayaknya penting ya nambah wawasan seputar ini secara aku juga pengguna kendaraan

  7. Sebenarnya perawatan motor itu sederhana aja, ya Mbak salah satunya rajin ganti oli gini biar motornya awet. Btw, jaman sekarang motor jadul tahun 80-90an kayaknya begini malah sering dicari kayaknya, ya. Hihi.

  8. oli andalan kami sekeluarga ini mbak. apa lagi suamiku, dia mah udah kapok pindah ke merk lain. soalnya pernah punya pengalaman buruk pakai merk lain tersebut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *