UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University Membaca tulisan tersebut ingatan saya langsung tertuju kepada anak sulung. Kebetulan anak sulung saya saat ini sudah duduk di bangku SMA. Tentu saja tak lama lagi ia akan memasuki jenjang yang lebih tinggi yaitu perguruan tinggi. Karena itu mulai dari sekarang kami sama-sama mulai mencari perguruan tinggi yang sekiranya tepat untuknya. Sebagai seorang ibu yang mengalami 2 (dua) masa revolusi industri, yaitu revolusi industri 3.0 dan revolusi industri 4.0, tentu saja saya tahu banget perbedaan diantara keduanya. Saya rasa di luar sana masih ada institusi pendidikan yang belum move on menuju revolusi industri 4.0. Padahal di masa sekarang ini sudah gencar dimana-mana diterapkan ekosistem digital dan cyber university. Karena itu sangat penting untuk mendapatkan perguruan tinggi yang sudah menerapkan hal tersebut.

Ekosistem Digital

Menurut investor.id dunia ekosistem digital akan menjadi model yang sangat berfokus ke pelanggan, di mana pengguna dapat menikmati pengalaman dari ujung ke ujung. Ekosistem akan terdiri dari beragam pemain yang menyediakan solusi yang diakses secara digital. Untuk itu, institusi pendidikan harus memiliki visi dan bisa mengamankan apa yang dimiliki dan mengedepankan keunggulan yang dimilikinya. Agar supaya bisa terbangun ikatan emosional dengan civitas akademika melalui data, konten serta penggunaan peralatan digital. Sehingga menghadirkan kesederhanaan dan kecepatan untuk memperkuat ikatan antar warga kampus.

Sederhananya, ekosistem digital adalah sekelompok sumber daya teknologi informasi yang saling berhubungan yang dapat berfungsi sebagai satu unit. Ekosistem digital terdiri dari pemasok, pelanggan, mitra dagang, aplikasi, penyedia layanan data pihak ketiga dan semua teknologi masing-masing.

Cyber University

Dari berbagai sumber yang saya baca, saya bisa menyimpulkan bahwa cyber university adalah upaya untuk menjadikan perguruan tinggi yang berbasis teknologi informasi. Mulai dari sistem pembelajaran, kurikulum, pelayanan, fasilitas, dan lain-lain, semua dikembangkan dengan berbasis teknologi.

Sedangkan menurut prestasi-iief.org, Cyber University menyediakan layanan belajar formal melalui media online yang bisa diakses semua orang, terlepas dari keterbatasan akibat lokasi geografis, fleksibilitas, dan lainnya. Ia merupakan salah satu kecanggihan fasilitas bagi siswa yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi.

Program cyber university ini menjadi peluang mengubah universitas di Indonesia menjadi sekelas internasional. Karenanya, untuk mendorong daya saing generasi muda Indonesia, universitas-universitas di Indonesia perlu melakukan inovasi sistem secara menyeluruh.

Universitas Tanjungpura

Apakah Anda pernah mendengar nama perguruan tinggi yang satu ini? Universitas Tanjungpura, disingkat dengan UNTAN, berdiri sejak 20 Mei 1959 dikenal sebagai universitas pertama di Pontianak, Kalimantan Barat. Saat ini Universitas Tanjungpura memiliki 9 fakultas dengan 95 program studi. Selain itu, UNTAN juga memiliki 1011 dosen-dosen terbaik untuk membimbing 31509 mahasiswa aktif yang ada melalui 5784 mata kuliah yang berkualitas.

Yuk, kita tengok ke belakang sejenak. Pada awal berdirinya, perguruan tinggi ini merupakan universitas swasta dengan nama Universitas Daya Nasional. Kemudian menjadi Universitas Negeri Pontianak (UNEP) berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 53 Tahun 1963 tanggal 16 Mei 1963. Selanjutnya pada 14 September 1965, berubah menjadi Universitas Dwikora berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 278 Tahun 1965. Dan terakhir, nama Universitas Tanjungpura (UNTAN) sendiri resmi digunakan sejak dikeluarkannya Surat Keputusan Presiden RI Nomor 171 Tahun 1967 tanggal 15 Agustus 1967.

Untuk mengenal lebih jauh tentang Universitas Tanjungpura ini, kita yang berada jauh dari Pontianak tidak perlu repot-repot mendatangi kampusnya. Kenapa? Kita bisa mencari tahu tentang perguruan tinggi ini melalui website yang tersedia. Tidak hanya website utama milik universitas, namun setiap fakultas hingga program studi pun memiliki website. Dengan demikian, kita benar-benar bisa mengenalnya lebih dalam, bukan hanya permukaannya saja.

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

Dalam rangka UNTAN membangun ekosistem digital menuju cyber university, selain menyediakan website utama serta website per fakultas dan program studi yang sangat user friendly, UNTAN juga menyediakan fasilitas digital lainnya. Fasilitas-fasilitas digital tersebut antara lain:

1. SIAKAD UNTAN

Yang merupakan kependekan dari Sistem Informasi Akademik Universitas Tanjungpura. Ini merupakan media digital layanan bimbingan, monitoring dan penilaian akademik. Dengan adanya aplikasi ini maka perkembangan akademik mahasiswa setiap periode perkuliahan dapat dilihat melalui grafik yang interaktif. Selain itu dosen juga bisa melakukan evaluasi monitoring secara online terhadap mahasiswa bimbingan akademik. Aplikasi ini bisa diakses secara mobile oleh dosen dan mahasiswa menggunakan perangkat berbasis android. Mahasiswa menggunakan aplikasi ini melalui menu KRS, dosen menggunakan aplikasi ini melalui menu Perwalian.

2. EDOM UNTAN

Adalah kependekan dari Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa Universitas Tanjungpura. Ini merupakan instrumen untuk menilai kinerja dosen dalam proses pembelajaran di akhir semester. Karena peduli mutu adalah motto Universitas Tanjungpura. Dengan mengisi EDOM berarti mahasiswa telah berpartisipasi untuk membantu meningkatkan mutu pembelajaran. EDOM bermanfaat bagi dosen untuk memperbaiki diri bila memang masih terdapat kekurangan serta mengembangkan potensi dan kelebihan yang dimilikinya. O iya pengisian EDOM ini wajib lho bagi mahasiswa UNTAN.

3. PMB Online

Sebagaimana sudah jamak dilakukan oleh perguruan tinggi di seluruh Indonesia, maka UNTAN pun menyediakan fasilitas Penerimaan Mahasiswa Baru secara online. Dengan demikian, bagi calon mahasiswa yang berada jauh dari Pontianak, bisa mengisi formulir pendaftaran secara online di websitenya UNTAN. Simpel dan mudah ‘kan?

4. E-Learning UNTAN

E-Learning ini adalah salah satu media pembelajaran di Universitas Tanjungpura yang memanfaatkan teknologi informasi untuk kegiatan belajar mengajar. Rektor Universitas Tanjungpura mengatakan bahwa,“E-Learning Universitas Tanjungpura (UNTAN) merupakan portal pembelajaran secara daring untuk civitas akademika UNTAN yang digunakan sebagai komplemen (pelengkap) dari sistem pembelajaran konvensional di kelas. Diharapkan dengan adanya portal pembelajaran daring, proses belajar mengajar dapat menjadi lebih efektif dan efisien serta mengakselerasi terbentuknya ekosistem digital untuk menuju UNTAN Cyber University.”

Hmmm… e-learning ini membuat saya koq jadi terinspirasi untuk kuliah lagi yaa.. hehehe…

5. SIMALUM UNTAN

Ini adalah sistem informasi kemahasiswaan dan alumni Universitas Tanjungpura. Tentu saja disini kita bisa melihat data alumni UNTAN dari tahun ke tahun. Disini juga bisa dilihat siapa saja yang akan diwisuda. Selain itu, terdapat juga lowongan kerja yang diinformasikan melalui website ini. Terdapat juga informasi beasiswa, prestasi, reuni, dan lain-lain yang berhubungan dengan urusan kemahasiswaan dan alumni.

Nah, setelah melihat sendiri website utama UNTAN, website per fakultas, dan website per program studi, serta ditambah lagi dengan 5 (lima) fasilitas digital yang saya sebutkan diatas, saya yakin bahwa kesiapan UNTAN membangun ekosistem digital menuju cyber university sudah sangat sempurna. Tidak perlu diragukan lagi bahwa ke depannya Universitas Tanjungpura bisa menjadi salah satu perguruan tinggi favorit yang banyak dicari.

Universitas Tanjungpura

Author: Wiwin Pratiwanggini

Terimakasih sudah berkunjung ke blog ini. Blog milik Wiwin Pratiwanggini, lifestyle blogger dari Yogyakarta. Bisa dikontak melalui wiwin_pratiw@yahoo.com (email) atau 08156852076 (WA).