SystemEver: Software Cloud ERP Terbaik di Indonesia

software cloud erp indonesia

Saya pernah mempunyai bisnis yang saya kerjakan secara online bersama dengan suami. Yang satu masih berjalan hingga hari ini dan saya biarkan autopilot karena sistemnya sudah ada. Hanya sesekali memang harus dipantau agar supaya hasilnya maksimal sesuai yang saya harapkan. Sedangkan bisnis yang satunya lagi, karena satu dan lain hal, untuk sementara waktu saya istirahatkan dulu. Meskipun demikian, saya masih punya impian untuk membangun kembali dan membesarkan bisnis-bisnis tersebut. Nah, ceritanya nih, saat ‘istirahat’ saya manfaatkan untuk mencari bekal ilmu bisnis sebanyak-banyaknya termasuk mencari tahu tentang software cloud ERP Indonesia yang terbaik.

Sebagaimana sudah banyak diketahui bahwa era Revolusi Industri 4.0 menuntut dunia usaha untuk melakukan berbagai lompatan bisnis agar menghasilkan produk barang dan jasa yang kompetitif baik di pasar domestik maupun global. Di dalam industri kreatif, sumber daya manusia Indonesia memang tidak kalah bersaing dengan negara lain, namun ketika masuk dalam industri manufaktur, pelaku usaha kita masih keteteran mengejar kuantitas dan kualitas dalam waktu yang cepat. Tidak cukup hanya dengan memiliki website bisnis, penguasaan terhadap teknologi pun menjadi kebutuhan wajib bagi para pelaku bisnis. Apapun bisnis yang dijalankan butuh kehadiran teknologi untuk menggerakkannya. Disinilah pentingnya menerapkan software cloud ERP terbaik di Indonesia dalam menjalankan bisnis sehingga perusahaan bisa maju dan berkembang.

Apa sih ERP?

software cloud erp indonesia

Sebelum mengenal lebih jauh tentang software cloud ERP terbaik di Indonesia, sebaiknya kita pahami dulu tentang apa sih ERP itu. Secara sederhana ERP (Enterprise Resource Planning) dapat diartikan sebagai sebuah konsep yang digunakan untuk merencanakan dan mengelola sumber daya yang dimiliki sebuah perusahaan. ERP dijalankan dengan dukungan seperangkat infrastruktur komputer dan aplikasi, baik dalam bentuk hardware maupun software yang digunakan untuk memudahkan sekaligus mengintegrasikan pengolahan data dan informasi dalam sebuah perusahaan.

Jadi perlu dipahami bahwa ERP sebagai konsep perencanaan dan pengelolaan sumber daya perusahaan dalam bentuk aplikasi atau software terdiri atas 3 elemen, yaitu perusahaan (Enterprise), sumber daya (Resource) dan perencanaan (Planning).

Dengan teknologi komputer (komputasi), sistem ERP akan melakukan analisis dan perencanaan sumber daya yang ada pada sebuah perusahaan, seperti SDM (sumber daya manusia), finansial, akuntansi, manajemen persediaan, dan lain-lain, untuk kemudian diintegrasikan satu dengan yang lain sehingga menciptakan kolaborasi yang efektif dan efisien. Terintegrasinya seluruh sumber daya perusahaan tersebut membuat berbagai data dan informasi yang dibutuhkan dapat diakses dengan mudah dan akurat sehingga dapat menunjang kinerja perusahaan.

Sistem ERP

Sejujurnya, bagi saya istilah software atau sistem ERP adalah sesuatu yang baru. Hihihi…, jadi ketahuan ‘kan bahwa bisnis saya kemarin-kemarin hanya mengandalkan website. Makanya gitu-gitu aja, karena belum mengenal sistem ERP sihhh… 😀 Ternyata sistem ERP telah digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar di Amerika dan Eropa sejak puluhan tahun yang lalu. Makanya tidak heran jika banyak software ERP murah maupun mahal yang beredar di pasaran dan digunakan oleh sejumlah perusahaan besar.

Seiring dengan perkembangan zaman, ada banyak sistem ERP yang bermunculan. Kondisi ini merupakan hal yang normal terjadi karena bisnis terus tumbuh dan berkembang. Perusahaan yang ingin berkembang pesat, apalagi memiliki misi go global, kehadiran sistem ERP menjadi kebutuhan yang krusial.

Diantara sekian banyak software ERP yang ada tersebut, terdapat sebuah aplikasi ERP terbaik yang diproduksi oleh YoungLimWon SoftLab Co.Ltd. yang bernama SystemEver®. Berbeda dengan software ERP lainnya yang hanya dapat diaplikasikan pada perusahaan-perusahaan besar, SystemEver dirancang untuk juga bisa digunakan oleh Small and Medium Enterprises (SME) alias Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Nah, tepat ‘kan kalau saya berusaha mengenal lebih jauh tentang software ini 🙂

SystemEver dari YoungLimWon SoftLab Co.Ltd

software cloud erp indonesia

sumber: website SystemEver Indonesia

SystemEver adalah sistem aplikasi ERP yang dikhususkan untuk Small Medium Enterprises (Usaha Kecil dan Menengah). Software sistem ERP ini telah menjadi solusi bisnis bagi ribuan pelanggan selama bertahun-tahun, baik dalam bidang Perdagangan dan Distribusi, Manufaktur & Industri Layanan.

SystemEver mencakup seluruh sistem aplikasi ERP mulai dari aplikasi persediaan barang (inventory), aplikasi penjualan, program akuntansi, hingga sistem manajemen. Sistem ini dirancang sebagai software sistem cloud ERP yang mudah digunakan dan disesuaikan serta dikemas dengan inovatif.

SystemEver ini dikembangkan di Korea Selatan oleh YoungLimWon SoftLab Co.Ltd sejak 2014. YoungLimWon memiliki komitmen dan kepedulian yang tinggi agar dunia Usaha Kecil dan Menengah dapat terus berkembang (sustainability) dan memiliki daya saing tinggi.

Dengan komitmen itulah, YoungLimWon SoftLab Co.Ltd tak henti melakukan berbagai inovasi berdasarkan kebutuhan pelanggan. Dan kini, lebih dari 1600 pelanggan dari berbagai negara diantaranya Korea, Cina, Vietnam, Jepang dan Indonesia telah menjadikan SystemEver sebagai bagian dari solusi kemajuan bisnis di berbagai sektor.

Setiap negara memiliki karakteristik yang berbeda. Untuk itu, ketika memasuki pasar Indonesia, YoungLimWon SoftLab Co.Ltd berusaha untuk memahami kebutuhan pasar di Indonesia. Salah satu langkah konkrit yang dilakukan adalah membangun consulting lab pada tahun 2019 dan melakukan penyesuaian produk dengan pangsa pasar di Indonesia.

APAC CIO Outlook, media yang rutin memberikan wawasan dan informasi mengenai riset pasar kabar industri dan bisnis telah memasukkan YoungLimWon SoftLab Co.Ltd sebagai TOP 10 ERP System di Asia. Penghargaan ini membuatnya semakin semangat untuk berinovasi dalam menyediakan sistem ERP terbaik dengan menjadikan SystemEver sebagai software ERP terbaik di Asia Tenggara.

Produk-produk SystemEver

SystemEver memiliki produk yang terdiri dari 2 (dua) kategori yaitu produk berdasarkan FITUR dan produk berdasarkan VERSI.

a. Produk SystemEver berdasarkan FITUR

Produk berdasarkan fitur ini merupakan bagian dari keunggulan SystemEver, terdiri dari 4 (empat) macam yaitu:

1. SystemEver Consultan-K

Adalah fitur yang memudahkan implementasi sistem ERP di Perusahaan. Selain itu fitur ini juga mampu meminimalisir kesalahan implementasi sistem ERP. Dan dengan adanya fitur ini pula maka perusahaan tidak perlu menyediakan IT Staff untuk mengoperasikan SystemEver.

2. SystemEver Visual-K

Selamat tinggal pull down menu, kini saatnya mempermudah pengguna dengan Visual-K. Visual-K ini adalah menu Proses yang dapat memudahkan pengguna dalam proses bekerja.

3. SystemEver As You Grow, Our Support Also Grow

Khusus di Indonesia, SystemEver memiliki i-Series yang disesuaikan dengan kebutuhan user. SystemEver memiliki berbagai macam modules yang penggunaannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan di Indonesia.

4. SystemEver WordWide Mobility

SystemEver tersedia dalam berbagai bahasa yaitu Korea, Inggris, Mandarin, Jepang, Vietnam dan Indonesia. SystemEver juga mendukung Multi Currency pada aplikasinya. Serta dapat digunakan dimana saja dan kapan saja, baik dari PC/Desktop, Tablet maupun SmartPhone.

b. Produk SystemEver berdasarkan VERSI

Pada 2017 SystemEver memasuki pasar Indonesia dan memiliki Product Version khusus, yaitu i Series. Ada beberapa model dari software ini yang dibagi berdasarkan fungsinya. Pelanggan hanya tinggal menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan.

software cloud erp indonesia

1. i1 Series (Manajemen Akuntansi)

Model software SystemEver ini dirancang untuk memudahkan dalam pengelolaan keuangan perusahaan, seperti pengelolaan invoice atau piutang (invoice tracking), membantu menganalisis biaya dan menemukan laba, memonitor pengeluaran dan penerimaan secara real time sehingga bisa mengurangi pemborosan, membuat laporan keuangan serta membantu mempersiapkan proses audit eksternal.

Software ERP SystemEver model i1 Series ini mudah digunakan oleh pemula sehingga Anda tidak perlu khawatir tidak memiliki ahli keuangan khusus.

2. i2 (Human Resources / Manajemen Penggajian)

Memiliki banyak karyawan tentu akan merepotkan pada saat penggajian. Terlebih dilakukan dengan cara manual, akan menyulitkan pada saat penyimpanan data, kalkulasi gaji dan sebagainya. Di SystemEver model i2, masalah tersebut bisa teratasi dengan mudah. Model i2 membantu perusahaan Anda untuk saling berhubungan dengan sistem keuangan. Anda dapat memeriksa daftar gaji dalam berbagai bentuk, mengatur pencatatan absensi yang disesuaikan dengan kalkulasi gaji per jam atau harian, lembur, menambah, mengurangi atau mengubah tunjangan, mengarsipkan riwayat penggajian dengan mudah dalam riwayat akuntansi dan pajak, dan sebagainya.

3. i3 (Manajemen Persediaan / Inventory Management)

Model ini sesuai untuk perusahaan yang bergerak di bidang pengadaan barang ataupun penjualan produk (bisnis ritel). Sistem yang disediakan memungkinkan untuk mengintegrasikan antara bagian pembelian, penjualan dan produksi dalam penerimaan inventaris. Anda dapat memeriksa inventaris terbaru secara real time tanpa manajemen inventaris, mengelola stok gudang, mengelola pesanan, dan sistem pemesanan, memonitor sistem penjualan dan  menjamin kerahasiaan penjualan dengan membatasi akses sesuai divisi atau level manajerial sehingga kinerja tetap berjalan dengan baik.

4. i5 (Manajemen Penjualan dan Distribusi)

Model i5 ini cocok digunakan untuk perusahaan yang bergerak di bidang distribusi. Sistem ERP i5 menghubungkan bagian pembelian, penjualan hingga sistem akuntansi secara terintegrasi. Anda dapat dengan mudah melihat serta mengelola pengiriman, memeriksa informasi penjualan berdasarkan laporan status penjualan, mengeluarkan segera faktur pajak saat penjualan, dan memonitor kinerja penjualan oleh tenaga penjualan.

software cloud erp indonesia

5. i7 (Manajemen Pabrik / Manufacturing Management)

Model sistem ERP i7 ini menyuguhkan fitur-fitur fungsi manajemen yang  lebih lengkap dan komprehensif. Cocok digunakan untuk perusahaan manufaktur berskala besar yang mempunyai data MPS (Master Production Schedule) untuk produksi jangka panjang/pendek dan memiliki BOM (Bill of Material). Juga untuk perusahaan dengan jumlah karyawan besar dan telah menggunakan sidik jari absensi serta perhitungan gaji berdasarkan jam kerja serta telah melakukan perencanaan produksi dalam jangka pendek atau panjang. Skalasi bisnis harus dilakukan demi menjaga sustainabilitas bisnis yang menguntungkan. Karena itu, butuh peningkatan kinerja yang mengintegrasikan sistem back office dengan front office dengan pengelolaan yang lebih efisien dan lebih efektif.

SystemEver versi i7 ini merupakan penggabungan dari beberapa model lain dan terintegrasi. Dengan adanya sistem ini membuat produktivitas perusahaan akan meningkat. Segala pekerjaan di dalam perusahaan seperti akunting, penggajian, distribusi akan dibantu oleh sistem ini.

Keunggulan dari SystemEver

SystemEver menawarkan sistem ERP berbasis Cloud yang mudah digunakan. Model yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dan membantu pengusaha untuk membuat efisien keseluruhan proses manajemen di perusahaan. Mulai dari sistem Akuntansi, Penjualan, HR/Payroll, Supply Chain Management hingga Manajemen Pabrik yang terintegrasi.

software cloud erp indonesia

Setelah mengenal lebih dekat sistem ERP SystemEver yang merupakan salah satu software cloud ERP terbaik di Indonesia, dapat disimpulkan beberapa keunggulan dari SystemEver yang memperkuat alasan mengapa pengusaha khususnya pemilik Usaha Kecil & Menengah di Indonesia harus menggunakan software ERP SystemEver:

1. Pengalaman Sudah Teruji

Sistem ERP ini sudah teruji selama lebih dari 27 tahun dan digunakan ribuan pelanggan. Hal ini membuktikan betapa YoungLimWon  sangat memahami kebutuhan pelanggan dan memiliki komitmen penuh untuk membuat bisnis pelanggan maju dan berkembang.

2. Fitur-fitur yang memudahkan

Antara lain dengan adanya fitur Visual-K dan Consultan-K. Penjelasannya bisa dibaca di bagian produk berdasarkan fitur yang sudah saya tuliskan di atas.

3. Akses Fleksibel

Sistem ERP SystemEver ini dapat diakses melalui desktop, laptop, tablet dan ponsel kapanpun dan dimanapun. Asalkan terkoneksi internet, pekerjaan secara mobile bisa dilakukan dengan baik. Pemilik perusahaan dapat memantau berbagai aktivitas bisnis, transaksi, dan rekapan data dari rumah atau lokasi dimanapun. Akses yang fleksibel ini menjadikan waktu Anda lebih efisien dan lebih efektif.

4. Tersedia dalam 6 (enam) bahasa

SystemEver mendorong pertumbuhan bisnis Anda berkembang dan berdaya saing tinggi di tingkat global. Karena itu, SystemEver telah melengkapi layanannya dalam 5 (lima) bahasa sekaligus, yaitu bahasa Korea, Inggris, Jepang, Mandarin, Vietnam dan Indonesia.

5. Produk Sesuai dengan Kebutuhan

SystemEver memiliki iSeries produk yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan. iSeries hadir dengan unit model (i1, i2, i3) dan integrasi sistem ERP (i5 dan i7). 

6. Harga terjangkau

SystemEver bisa dikategorikan software ERP murah karena menawarkan harga yang terjangkau dan bisa digunakan sesuai kebutuhan sehingga memudahkan perusahaan untuk melakukan perencanaan anggaran dengan efektif dan efisien.

SystemEver Salah Satu Software Cloud ERP Terbaik di Indonesia

software cloud erp indonesia

Berdasarkan keunggulan-keunggulan diatas, tidak salah lagi jika SystemEver memang merupakan salah satu software cloud ERP terbaik di Indonesia. Dengan demikian tidak perlu ragu lagi untuk merekomendasikan SystemEver kepada para pebisnis khususnya pemilik usaha kecil dan menengah (UKM) agar mengimplementasikan software ini. Terlebih lagi YoungLimWon SoftLab Co.Ltd sebagai penyedia sistem ERP terbaik membangun SystemEver sebagai salah satu software cloud ERP terbaik di Indonesia yang memang dikhususkan untuk Small Medium Enterprises (Usaha Kecil dan Menengah).

Oiya, kenapa disebut software cloud? Kita semua sudah tahu bahwa teknologi pun berevolusi. Sesederhana dulu kecepatan internet sangat pelan, tapi sekarang kecepatannya bikin kita terkagum-kagum. Wus.. wus.. wus.. Jika dulu butuh server fisik untuk menyimpan data, database, aplikasi, dan lain-lain, maka sekarang kita bisa menempatkan itu semua pada server yang tidak berbentuk fisik lagi. Jadi dinamakan software cloud karena infrastrukturnya terletak di “cloud” (komputasi server pada datacenter), bahasa awamnya sih terletak di awang-awang, tak bisa dipegang. Dengan demikian pengguna tidak perlu melakukan instalasi perangkat apapun secara fisik.

Untuk mendapatkan info lebih lanjut tentang software cloud ERP “SystemEver” atau ingin menjadi partner SystemEver, dipersilakan mengunjungi websitenya di https://systemever.co.id/ . Yuk, manfaatkan teknologi agar bisnis menjadi lebih maju dan berkembang serta mampu berdaya saing tinggi. Dan tolong bantu doa semoga terealisasi impian saya untuk membangun kembali dan membesarkan bisnis-bisnis yang pernah saya rintis 🙂