Ketahui Fakta-Fakta Tentang Tabungan Emas Pegadaian

tabungan emas pegadaian

Sejujurnya sudah beberapa bulan ini saya berencana untuk memiliki tabungan emas, bukan lagi uang. Kenapa? Bukan karena tren, tetapi karena saya percaya bahwa nilai uang itu semakin hari semakin turun, sedangkan nilai emas justru semakin hari akan semakin bagus.

Bagi temen-temen yang berencana untuk memulai investasi saya sarankan untuk memilih instrumen investasi yang tepat. Nah, salah satu instrumen investasi yang direkomendasikan adalah tabungan emas di Pegadaian. Namun, sebelum memulainya temen-temen harus tahu mengenai fakta-fakta tentang tabungan emas Pegadaian. Yuk, kita pelajari bareng-bareng 🙂

Ketika mencari tahu cara bagaimana menabung emas di Pegadaian, ada banyak referensi yang bisa temen-temen baca, salah satunya di BukaReview yang membahas tentang tabungan emas Pegadaian Bukalapak yang bisa kita baca dengan mengklik hyperlink tersebut.

Namun, jika temen-temen ingin segera mengetahui apa itu sebenarnya Tabungan Emas Pegadaian dan apa saja fakta-fakta dibaliknya, yuk langsung saja simak berikut ini fakta tentang tabungan emas pegadaian.

tabungan emas pegadaian

sumber gambar: Pixabay.com

8 Fakta Tabungan Emas Pegadaian

  1. Keamanannya Sangat Terjamin

Fakta pertama mengenai tabungan emas di Pegadaian yaitu keamanannya sangat terjamin dibandingkan dengan menyimpannya di rumah. Menariknya lagi, emas yang ditabung sudah diasuransikan sepenuhnya oleh Pegadaian. Menabung emas di Pegadaian membuat temen-temen terhindar dari berbagai penipuan yang berkedok investasi emas. Hal ini dikarenakan pihak Pegadaian telah menjamin semua emas yang dijual memiliki sertifikat.

  1. Bisa Digadaikan dan Menjadi Barang Jaminan

Emas yang temen-temen tabung di Pegadaian bisa digadaikan dan juga dijadikan sebagai barang jaminan. Tentu ini merupakan fakta menarik terlebih di saat-saat temen-temen membutuhkan dana dalam waktu yang singkat. Cara menggadaikan emas juga tidak sulit, yaitu dengan langsung datang ke kantor Pegadaian terdekat lalu melakukan proses gadai melalui aplikasi Pegadaian Digital Service.

  1. Syaratnya Mudah

Beberapa syarat yang harus temen-temen penuhi jika ingin mengikuti tabungan emas di Pegadaian yaitu fotokopi identitas yang masih berlaku, bisa KTP, SIM atau paspor. Selain itu, temen-temen juga harus mengisi formulir pembukaan rekening tabungan emas. Apabila sudah selesai, temen-temen akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 10.000 serta biaya fasilitas titipan selama satu tahun sebesar Rp 30.000.

  1. Proses Pencairannya Sangat Cepat

Fakta menarik yang harus temen-temen ketahui jika melakukan tabungan emas Pegadaian yaitu proses pencairannya sangat cepat. Hal ini tentu memudahkan temen-temen ketika sedang membutuhkan dana dadakan. Proses untuk mencairkannya cepat dan mudah yaitu hanya membutuhkan waktu 20 menit saja.

tabungan emas pegadaian

Tampilan aplikasi Pegadaian Digital. (koleksi pribadi)

  1. Pembelian Mulai dari 0,01 Gram dengan Harga Terjangkau

Jika ingin memulai tabungan emas di Pegadaian, temen-temen tidak perlu menyiapkan banyak uang. Cukup siapkan uang sebesar Rp 6.000-an saja temen-temen sudah bisa memiliki tabungan emas. Di Pegadaian, temen-temen bisa membeli emas hingga 100 gram dalam satu hari. Selain itu, temen-temen juga bisa menambah pembelian emas seperti halnya menabung pada umumnya.

  1. Bebas Pajak dan Peraturan

Memiliki tabungan emas di Pegadaian tidak akan membuat temen-temen dibebani pajak. Sebanyak dan seberat apapun emas yang dimiliki tidak akan ada pajak maupun peraturan (undang-undang) yang mengikat. Hal ini sangat berbeda dengan tabungan dalam bentuk uang tunai dimana temen-temen tidak hanya dikenakan pajak tetapi juga menanggung beban administrasi setiap bulan.

  1. Bisa Memilih Emas Bersertifikasi

Sudah bukan hal baru lagi jika ada banyak orang menjadi korban penipuan ketika membeli emas. Penyebabnya yaitu emas yang dibeli bukan emas asli melainkan emas sepuhan atau imitasi. Namun, jika temen-temen mencicil emas di tabungan emas Pegadaian dan ingin mencairkannya dalam bentuk fisik maka akan mendapatkan emas murni atau logam mulia bersertifikat resmi.

  1. Top-up Bisa Melalui Aplikasi Pegadaian Digital Service

Fakta selanjutnya yaitu jika temen-temen ingin melakukan tambahan saldo maka tidak perlu datang langsung ke kantor Pegadaian. Top-up saldo bisa dengan mudah dilakukan secara online melalui aplikasi Pegadaian Digital Service.

Nah, itu tadi 8 fakta yang saya pelajari dan juga harus temen-temen ketahui jika akan membuka tabungan emas Pegadaian. Semoga informasi diatas bisa membantu temen-temen dalam memilih tabungan ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *