4 Langkah Skincare untuk Pemula yang Harus Diketahui

skincare untuk pemula

4 langkah skincare untuk pemula yang harus diketahui. – Kulit yang sehat dan tampak bercahaya adalah sesuatu yang semua orang bisa dapatkan. Sebenarnya kulit kita sangat cerdas. Dia tahu cara merawat dirinya sendiri dan secara konstan mampu merespon situasi eksternal di sekelilingnya.

Namun terkadang kondisi kulit menjadi tidak seimbang sehingga butuh bantuan saat menghadapi pengaruh buruk lingkungan seperti polusi, radikal bebas dan radiasi ultra violet. Inilah saat dimana kulit membutuhkan kita untuk mengoptimalkan kemampuan alaminya dengan menggunakan produk skincare yang tepat dan menerapkannya dalam langkah rutin perawatan kulit dengan benar.

Saya sendiri mengenal skincare secara keseluruhan setelah usia saya memasuki kepala tiga. Padahal seharusnya kita peduli dengan perawatan kulit itu sejak usia 20-an. Tapi gapapa, lebih baik terlambat daripada tidak mengenal dan melakukan sama sekali. Jadi, dulu itu sebelum mengenal skincare saya justru lebih sibuk dengan make-up. Padahal pengaplikasian make up akan terlihat cantik dan natural hanya jika kulit wajah terawat dengan baik.

Di sekitar kita ada banyak macam produk skincare dengan penggunaan secara lebih spesifik. Ada skincare untuk kulit kering, ada skincare untuk kulit berjerawat, ada skincare untuk kulit berminyak, ada skincare untuk remaja, ada skincare untuk ibu hamil dan menyusui yang kulitnya cenderung menjadi sensitif, bahkan ada juga khusus skincare untuk pria. Kali ini saya hanya ingin membahas tentang skincare untuk pemula. Yang mana ini nantinya menjadi dasar untuk skincare yang lebih spesifik.

Manfaat Skincare

Memberi cinta pada kulit memiliki manfaat secara kosmetika dan medis. Kita memang tidak bisa memperlambat waktu, namun dengan perawatan kulit yang baik kita dapat mengurangi garis halus, kerutan, bintik hitam, dan kerusakan akibat sinar matahari. Kita juga dapat mengatasi masalah kulit yang lebih kecil secara efektif, seperti kulit kering atau berminyak.

Rangkaian skincare yang tepat dapat membantu melindungi kulit kita dengan beberapa cara kerjanya, antara lain:

  1. Mengoptimalkan  tingkat hidrasi.
  2. Membantu menyeimbangkan kondisi kulit.
  3. Membantu menetralkan radikal bebas.
  4. Membantu memperlambat tanda-tanda penuaan dini.
skincare untuk pemula

sumber gambar: Freepik.com

4 Langkah Skincare Untuk Pemula

Nah, sebelum mempraktekkan skincare rutin, sebaiknya lakukan dulu hal-hal berikut ini:

  1. Pilih rangkaian produk yang dapat memberikan hasil optimal saat digunakan bersama-sama.
  2. Perhatikan baik-baik urutan penggunaan setiap produk sehingga produk perawatan kulit kita dapat bekerja secara optimal.
  3. Lakukan dua kali sehari karena itulah kebutuhan normal kulit untuk dapat mempertahankan kondisinya.

Dan berikut ini 4 langkah skincare untuk pemula:

Langkah 1: Pembersih

Ada 2 macam produk yang kita pakai di langkah pertama ini yaitu pembersih dan toner.

  1. Pembersih: Bersihkan kulit dari kotoran make up dan sel kulit mati lalu pijat lembut wajah dengan gerakan memutar.
  2. Toner: Toner mengangkat sisa-sisa kotoran sekaligus menjaga kesegaran dan kekencangan kulit. Tuangkan toner pada kapas dan usapkan dengan lembut ke seluruh wajah Anda untuk menjaga keseimbangan level kelembaban dan mempersiapkan kulit untuk menyerap krim pagi dan krim malam.

Langkah 2: Perawatan Mata

Kulit di sekitar mata lebih tipis dan peka. Krim mata memiliki tekstur lebih ringan sehingga mudah menyerap ke dalam kulit. Gunakan krim mata pagi dan malam hari untuk mengatasi kebutuhan spesifik area sekitar mata seperti garis halus, lingkaran hitam dan sembab. Bubuhkan krim mata di bawah mata Anda dan tepuk-tepuk dengan lembut menggunakan jari manis Anda.

Langkah 3: Serum

Gunakan serum setiap hari sebelum pengaplikasian krim pagi dan krim malam untuk memaksimalkan efek krim pagi dan krim malam Anda. Serum mengandung bahan aktif berkonsenstrasi tinggi yang meresap lebih cepat dan lebih dalam pada sel kulit.

Langkah 4: Pelembap

Untuk langkah ke-4 ini terdiri dari 2 macam produk. Satu produk digunakan pada pagi hari. Satu produk lagi digunakan pada malam hari.

  1. Krim pagi: Selesaikan perawatan rutin pagi hari Anda dengan krim pagi yang mengandung SPF 15 untuk membantu melembabkan dan melindungi kulit dari pengaruh buruk lingkungan seperti polusi dan sinar UV. Aplikasikan ke seluruh wajah, leher dan pangkah leher untuk hasil maksimal. Hindari area sekitar mata.
  2. Krim malam: Kulit kita memulihkan dirinya sendiri pada saat beristirahat di malam hari, sehingga ia lebih reseptif terhadap bahan aktif yang ada dalam krim malam. Aplikasikan pada wajah yang telah dibersihkan dan dilapisi serum untuk membantu merawatnya agar tampah cerah dan bersinar. Hindari area sekitar mata.

Gimana, sangat mudah bukan? Keempat langkah itu akan memandu kita untuk mempraktekkan skincare harian sehingga kulit menjadi tampak lebih cerah dan lebih segar bercahaya. Hanya butuh waktu 2 menit 2 kali sehari untuk mempraktekkan 4 langkah rutin perawatan kulit tadi.

Jadi, jika kita peduli akan kulit kita, selamatkan masa depannya dengan konsisten menginvestasikan waktu kita untuk melakukan skincare rutin dari sekarang. Semoga sekilas tentang skincare untuk pemula ini bermanfaat.