Belanja di Resik Freshmart Sambil Ngopi di Ko-dok Coffee

Dulu, sebelum pindah rumah dan sebelum ada pandemi Covid-19, saya dan suami sering belanja sayuran segar di Superindo atau di warung sayur yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal kami. Namun, sejak pindah rumah dan tak lama kemudian ada pandemi Covid-19, untuk belanja sayuran saya mengandalkan Ibu Sayur Keliling.

Bersyukur saya, karena meskipun disarankan untuk tinggal di rumah saja, namun Ibu Sayur Keliling tetap berjualan dari rumah ke rumah dengan mengendarai sepeda motornya. Sehingga saya tidak mengalami masalah dalam mendapatkan sayuran segar meskipun di rumah saja.

Setelah Lebaran, beragam aktivitas mulai menggeliat. Roda perekonomian mulai bergerak kembali. Warung-warung dan toko-toko juga mulai buka kembali, berbarengan dengan jual beli secara online yang semakin marak. Sejak itulah saya mengenal penyedia sayuran segar yaitu Sayuran Resik (dulu akun IGnya bernama @SayuranResik).

resik fresh mart

Dimas dan ayah sedang belanja di Resik Freshmart.

Beberapa hari yang lalu saya menerima informasi dari salah satu ownernya bahwa akun @SayuranResik telah berubah nama menjadi @ResikFreshMart. Sekarang pun mereka memiliki toko offline yang berlokasi di Jalan Perumnas Condongcatur No.123, Ngropoh, Condongcatur, Depok, Sleman.

Tempatnya sangat strategis. Dari SD Muhammadiyah Condongcatur Gorongan lurus saja ke arah selatan hingga pertigaan UPN Veteran. Dari situ ke selatan sedikit lagi, tengok kiri jalan, ada gerai Resik Freshmart. Dari luar Anda akan melihat rak-rak berisi buah dan sayuran segar.

Begitu masuk ke dalamnya, di sebelah dalam kiri juga tersedia bahan makanan beku yang tersimpan di dalam freezer box. Sedangkan kasir berada di ujung kanan bagian dalam (berseberangan dengan freezer box).

resik fresh mart

Daftar belanja di Resik Freshmart dan Ko-dok Coffee.

Meskipun kesannya eksklusif, namun harga barang disana menurut saya sangat kompetitif. Terbayang jika belanja sayuran, buah dan frozen food di Superindo, pastilah keluar yang tidak kurang dari seratus ribu rupiah. Sedangkan di Resik Freshmart, dengan Rp 50.000 saja saya sudah mendapatkan aneka macam buah dan sayur.

Gerai Resik Freshmart ini berada di lantai bawah. Jika kita menengok ke belakang, akan terlihat tangga menuju ke atas yang disampingnya ada gambar bertuliskan Ko-dok Coffee. Nah, ternyata di lantai atas ada coffee shopnya. Jadi, setelah atau sebelum berbelanja kita bisa bersantai di Ko-dok Coffee ini.

Ko-dok Coffee menyediakan aneka menu minuman dan snack. Karena ini adalah coffee shop, tentu saja dominan dengan menu minuman dari kopi. Makanan pun yang tersedia adalah makanan-makanan ringan.

Tiba di lantai atas, kita akan langsung menemukan tempat nongkrong yang nyaman banget. Untuk non-smoker bisa duduk di bagian dalam dengan ruangan ber-AC. Sedangkan untuk para smoker silakan duduk di bagian luar dengan melewati pintu geser. Disana ada balkon kecil dimana kita bisa melihat pemandangan di luar coffee shop.

kodok coffee

Ko-dok Coffee

Harga minuman dan makanan di Ko-dok Coffee ini sangat terjangkau. Mungkin karena mempertimbangkan lokasinya yang berada di dekat kampus atau tepatnya di kota pelajar.

Saya sempat penasaran mengapa namanya “Ko-dok Coffee”. Ternyata Ko berasal dari kata “kopi” dan dok berasal dari kata “dok-dok”. Jadi, minuman kopi dibuat dengan cara memukulkan bagian bawah cangkir ke atas meja sehingga terdengar bunyi “dok..dok..dok..dok..”. Sekilas seperti kodok yang melompat-lompat di tempat, hehehe…

Sebagaimana sudah diketahui secara umum bahwa coffee shop adalah tempat bersantai, tempat ngopi-ngopi, tempat nongkrong bersama teman atau saudara, maka jangan berharap untuk menemukan makanan berat disini. Sebaiknya kesini sudah dalam kondisi perut kenyang. Kalo pun belum makan, setelah selesai bersantai disini, segeralah cari tempat makan di luar.

Jika di coffee shop pada umumnya identik dengan tempat nongkrong anak muda hingga orang dewasa, namun disini saya merasa bahwa coffee shop ini cocok untuk tempat bersantai keluarga. Ga masalah lho bawa anak-anak karena toh ada ruangan ber-AC yang tentu saja non-smoking. Menu minuman dan snack untuk anak-anak juga ada.

kodok coffee

Dimas sedang menikmati Mimico dan buah anggur.

Dua kali saya datang ke Ko-dok Coffee, saya selalu mengajak Dimas. Di sana pun saya selalu bertemu dengan keluarga yang membawa anak. Untuk minuman anak-anak, owner Ko-dok Coffee menawarkan Mimico. Sedangkan untuk snack, hampir semua bisa disajikan untuk anak-anak. Tapi dua kali kesana saya masih sebatas memesan French Fries dan Potato Balls untuk Dimas.

Saya yang tidak begitu suka minum kopi yang aneh-aneh, lebih memilih minuman teh. Disana saya sudah mencoba minuman Butterfly Pea (hot). Ya, itu adalah pertama kalinya saya mencicipi teh telang. Ternyata memang enak. 🙂

kodok coffee

Kiri: Menu-menu di Ko-dok Coffee. Kanan: Butterfly Pea (hot) setelah saya tuang dari pitcher ke dalam gelas.

Yeaaa… sekarang saya sudah menemukan tempat nongkrong yang asyik bersama keluarga. Sambil ngopi-ngopi cantik, sekaligus sambil berbelanja buah, sayuran segar, frozen food, dan beberapa sembako. Ko-dok Coffee, homey working space with various nusantara coffee and snacks.

Oiya sebagai tambahan, Resik Freshmart juga melayani pembelanjaan secara online. Caranya adalah dengan melakukan order melalui nomor WA 082221895959, kemudian barang akan diantarkan ke alamat. Pembayaran bisa dilakukan secara tunai atau transfer bank. Tentu saja ada tambahan biaya pengiriman dengan tarif Rp 3.000 per 2 km.

Untuk mengenal lebih jauh tentang Resik Freshmart dan Ko-dok Coffee serta mendapatkan update (promo) terbaru, silakan follow akun instagramnya @resikfreshmart dan @kodokcoffee.

kodok coffee

Salah satu lukisan di dinding Ko-dok Coffee.

19 thoughts on “Belanja di Resik Freshmart Sambil Ngopi di Ko-dok Coffee”

  1. Nyaman ya mba ko-dok coffee nya. Pas banget ada di atas Resik Freshmart jadi habis belanja bisa santai sebentar.

    Asiknya harga di Resik Freshmart lebih hemat dari Superindo. Hihi soalnya mama saya di sini juga langganan superindo.

  2. Ini bisa buat tempat belanja keluarga. Maksudnya mamak berburu sayur di bawah dan bapak bawa anak- anak ke kafe sambil nunggu mamak selesai ya? Terus kalau yang capek belanja bisa nyusul ke atas minum es kopi yang bunyi dok dok dok. Wah.. mantap ini.

  3. Cukup menarik konsepnya ya? bisa buat tempat belanja keluarga. Maksudnya mamak berburu sayur di bawah dan bapak bawa anak- anak ke kafe sambil nunggu mamak selesai ya? Terus kalau yang capek belanja bisa nyusul ke atas minum es kopi yang bunyi dok dok dok. Wah.. mantap ini.

  4. Rancang bangun rak freshmart modern dan polos gini pas banget buat display sayur2an, sehingga kesan segar dan sehat dari produknya lebih menonjol. Capek belanja trs kemudian ngopi bareng2 ini enak banget euy. Kuharap korona segera berlalu 🙂

  5. Keren coffee shopnya ya, asyik nih kalau ada di dekat rumah. Bisa buat Pewe nunggu sambil ngopi, sementara akunya bisa belanja. Resik freshmart ini ada banyak cabangnya nggak sih, Mbak? Aku tahunya cuma freshmart aja

  6. Tempat belanja sayur mba ini mirip toko sayur & sembako yang ada di kotaku. Tapi namanya beda. Kalau ada freshmart pasti aku coba deh…. Harganya kayaknya relatif lebih rendah di freshmart soalnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *