Tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel Hadir 24 Jam 7 Hari

veronika telkomsel

Tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel Siap 24 Jam 7 Hari – Biasanya apa sih yang paling dicari para pengguna produk-produk untuk kebutuhan jangka panjang? Layanan pelanggan atau customer service. Sesimpel saya berlangganan hosting untuk blog ini maka saya ingin mendapatkan kemudahan akses di saat saya membutuhkan informasi atau mengalami masalah. Demikian juga dalam penggunaan produk telekomunikasi seluler. Sebagaimana Tanya Veronika asisten virtual Telkomsel yang selalu siap menangani pelanggan 24/7.

Saya menggunakan produk Telkomsel sejak sekitar tahun 1997. Pertama kali dulu yang saya gunakan adalah KartuHALO untuk urusan kantor. Kemudian saya mengenal Simpati dan Kartu As untuk penggunaan pribadi. Saya suka dengan produk-produk Telkomsel ini karena jangkauannya yang sangat luas. Tidak hanya di kota-kota, tetapi juga sampai ke tempat-tempat terpencil. Bahkan anak saya yang tinggal dengan neneknya di lereng Gunung Merapi, memilih menggunakan Simpati untuk urusan komunikasi seluler dan komunikasi data.

Selain jangkauannya yang sangat luas hingga ke daerah-daerah terpencil, kami juga sangat terbantu dengan layanan pelanggan yang disediakan oleh Telkomsel. Pada saat butuh informasi atau ada masalah teknis yang berhubungan dengan KartuHALO atau Simpati atau Kartu As, teman-teman sesama pengguna produk Telkomsel memberi tahu: “Tanya Veronika Telkomsel saja”. Dan ya, so far so good, kami sangat terbantu.

tanya veronika asisten virtual telkomsel

sumber: website Telkomsel

Sejarah Veronika

Dulu, Telkomsel memiliki satu produk bernama VERONICA atau Voice Response and Info Care yaitu sistem penjawab ketika ponsel mati atau sedang berada di wilayah yang tidak terjangkau sinyal seluler. Hanya generasi 80-an sepertinya yang masih kenal dengan layanan ini. Cara kerjanya adalah menjawab dengan mempersilakan penelpon meninggalkan pesan. Setelah ponsel menyala dan terjangkau oleh sinyal maka pesan yang ditinggalkan penelpon tadi masuk dan bisa dibuka oleh pemilik ponsel.

Seiring perkembangan teknologi, sejak 24 Agustus 2017 Veronica hadir dalam bentuk baru yang dikenal sebagai Asisten Virtual Telkomsel. Asisten virtual ini digambarkan sebagai seorang perempuan cantik dengan nama Veronika. Dengan adanya Veronika ini pelanggan Telkomsel mudah mendapatkan akses informasi seputar produk dan layanan Telkomsel, tanpa harus repot-repot meluangkan waktu datang ke GraPari. Apalagi di masa pandemi ini, kita harus mengurangi kegiatan bertemu orang banyak. Jadi, selagi bisa dilakukan dari rumah saja mengapa tidak, apalagi bisa dilakukan cukup dari genggaman saja.

Chatbot Tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel

Tanya Veronika yang merupakan Asisten Virtual Telkomsel adalah layanan yang dikelola oleh PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) yang diperuntukkan bagi pelanggan yang akan menyampaikan permintaan, pengaduan dan informasi seputar layanan Telkomsel.

Layanan asisten virtual Telkomsel dapat digunakan oleh seluruh pelanggan Telkomsel yang menggunakan berbagai jenis produk Telkomsel kecuali pelanggan KartuHALO corporate dan nomor tambahan.

Layanan customer service digital berbasis chatting ini tidak lepas dari platform kecerdasan buatan dan chatbot yang digarap oleh startup Kata.ai. Menurut Telkomsel sendiri, Veronika adalah asisten virtual berbasis kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang dirancang untuk membantu pelanggan melakukan pembelian pulsa, mengecek sisa kuota internet, menukar Telkomsel POIN, menemukan lokasi GraPARI terdekat, juga informasi lainnya seputar layanan Telkomsel.

Apa sih chatbot? Menurut Kamus Oxford, chatbot adalah program komputer yang dirancang untuk mensimulasikan percakapan dengan pengguna manusia, terutama melalui internet. Lebih jelasnya, chatbot merupakan asisten yang berkomunikasi dengan orang melalui pesan teks, pendamping virtual yang terintegrasi ke dalam situs web, aplikasi atau pesan instan dan membantu pengusaha untuk lebih dekat dengan pelanggan. Dulu chatbot benar-benar terkesan seperti robot, ya kaku gitu… Namun, berkat kehadiran Artifical Intelligence (AI), chatbot jadi memiliki kemampuan dengan rasa percakapan yang lebih natural.

Dan dengan menggunakan teknologi semacam ini dapat memperkuat engagement pelanggan dengan perusahaan (Telkomsel). Karena dari segi budaya, orang Indonesia lebih memilih untuk mengobrol dengan perwakilan perusahaan jika mereka memiliki pertanyaan atau masalah tentang produk atau layanan.

Cara Mengakses Asisten Virtual Telkomsel

Mau tanya Veronika Telkomsel? Banyak pilihan. Karena Telkomsel tahu bahwa tidak semua pelanggannya menggunakan satu channel chatting yang sama. Tidak semua menggunakan WhatsApp saja atau Messenger saja, misalnya. Karena itu Telkomsel memberikan akses layanan asisten virtual melalui beberapa channel, yaitu:

asisten virtual telkomsel

sumber: Facebook Telkomsel

1. MyTelkomsel

Adalah aplikasi self-service yang memberikan user experience yang baru dan mudah untuk pelanggan Telkomsel. Anda dapat mengisi pulsa atau membayar tagihan, mencari dan aktivasi paket, cek dan tukar poin dengan langkah yang sangat mudah. MyTelkomsel Apps ini bisa diundah dari App Store bagi pengguna iPhone atau Google Play bagi pengguna Android.

2. Situs web Telkomsel

Alamatnya adalah www.telkomsel.com. Di situs ini kita akan menemukan menu Bantuan. Jika ingin berbicara melalui Tanya Veronika, klik saja gambar perempuan cantik berbaju merah yang ada di sudut kanan bawah. Veronika akan menyapa, “Hai, kenalan dulu dong. Nama kamu siapa?”, kolom ini wajib diisi, kemudian klik tombol Mulai atau Batal.

3. WhatsApp

Di aplikasi ini Veronika bisa dihubungi melalui nomor +6281111111111 atau klik saja tsel.me/wa3. Pastikan nomor WA yang Anda pakai adalah nomor Telkomsel. Karena jika bukan nomor Telkomsel, Anda akan mendapatkan pesan seperti ini: “Mohon maaf Veronika lihat sepertinya nomor WhatsApp kamu bukan nomor Telkomsel. Tolong tulis nomor Telkomsel Kamu ya??. (contoh: 08110000000)”

4. Facebook Messenger

Alamat akun Facebooknya adalah www.facebook.com/157697287618387/. Atau jika ingin langsung masuk ke Messenger, Anda bisa klik link ini: tsel.me/fbVA3. Begitu Anda mengetikkan pesan, Telkomsel akan menjawab sebagai berikut: “Untuk pelayanan maksimal, tolong tulis nomor Telkomsel Kamu ya (Contoh: 0811000000)”

5. Telegram

Akunnya adalah @Telkomsel_official_bot. Jika akun tersebut belum pernah dihubungi, cara pertama adalah ketikkan Telkomsel_official_bot pada kolom search di aplikasi Telegram. Nanti akan muncul akun bernama Telkomsel Care. Begitu tombol Start diklik, maka akan muncul pesan dari Telkomsel Care Bot yang isinya: “Untuk pelayanan maksimal, tolong tulis nomor Telkomsel Kamu ya (Contoh: 0811000000)”.

6. LINE

Akunnya adalah @Telkomsel atau bisa juga dengan mengklik link ini: tsel.me/lineVA3. Untuk bagian ini saya tidak bisa menunjukkan user experience-nya karena saya tidak install aplikasi LINE di ponsel saya. Tetapi saya rasa hampir sama dengan yang muncul di Telegram dan FB Messenger.

Untuk melakukan percakapan dengan Veronika, cukup ketik “Hai”, “Halo”, atau pilih menu ‘Quick Response’ yang telah disediakan. Dan jika ingin mengganti atau mengakhiri topik percakapan, kita bisa mengetik “Batal” atau “Cancel”. Sedangkan untuk menemukan lokasi GraPARI terdekat, cukup ketik “GraPARI terdekat” lalu gunakan fitur ‘Share Location’.

Saat berinteraksi dengan Veronika, jaga jangan sampai salah memasukkan nomor ponsel (MSISDN) lho ya… Karena kalau sampai mengalami kesalahan hingga tiga kali, maka interaksi pelanggan dengan si Veronika akan terblokir selama lima menit. Untuk lebih detailnya, berikut ini beberapa aturan terkait kode verifikasi (OTP) ketika pelanggan berinteraksi dengan Asisten Virtual Telkomsel:

  1. Jika salah memasukkan kode verifikasi (OTP) sebanyak tiga kali, interaksi pelanggan melalui Asisten Virtual Telkomsel akan terblokir selama lima menit.
  2. Jika pelanggan melakukan permintaan kode verifikasi (OTP) sebanyak tiga kali, maka interaksi pelanggan melalui Asisten Virtual Telkomsel akan terblokir selama lima menit.
  3. Jika pelanggan salah memasukkan kode verifikasi (OTP) sebanyak sembilan kali, maka interaksi pelanggan melalui Asisten Virtual Telkomsel akan terblokir selama 1×24 jam.

Kemudahan Layanan Tanya Veronika

Dengan adanya asisten virtual Telkomsel ini, tentu saja banyak kemudahan yang dirasakan oleh pelanggan. Kemudahan-kemudahan tersebut antara lain:

1. Easy to access

Veronika yang menggunakan teknologi chatbot ini bisa diakses dari mana saja dan kapan saja. Yang pasti Veronika ini bisa diakses dengan menggunakan ponsel saja.

2. Pelayanan 24 jam

Chatbot memberikan pelayanan konsumen 24 jam penuh. Karena sistem ini tidak terpengaruh oleh jam kerja customer service bisnis yang hanya dari pukul 8 pagi sampai 5 sore. Juga memberikan pelayanan penuh selama 7 hari karena chatbot tidak mengenal hari libur.

3. Fast response

Dengan adanya chatbot ini pertanyaan-pertanyaan dari pelanggan cepat sekali terjawab. Bandingkan jika Anda harus berbicara dengan customer service melalui telepon. Bandingkan juga jika Anda harus pergi ke GraPARI Telkomsel hanya untuk cek pulsa, misalnya. Dengan Veronika Telkomsel semua pertanyaan akan terjawab hanya dalam hitungan detik.

4. Multi-channel

Seperti sudah saya jelaskan di atas tadi. Veronika yang menggunakan teknologi chatbot bisa diakses dari channel-channel yang bisa diinstall di ponsel. Anda tinggal pilih lebih nyaman menggunakan yang mana, apakah aplikasi MyTelkomsel, situs Telkomsel, WhatsApp, Telegram, Facebook Messenger, atau LINE.

Penutup

Nah, ternyata urusan dengan GraPARI Telkomsel hanya semudah WhatsApp-an dengan teman. Tidak perlu keluar rumah dan tidak perlu ngantri, semua bisa dilakukan dari genggaman atau dengan jempol saja. Apalagi di tengah pandemi begini, kita harus menjaga diri dengan menjaga jarak dari orang lain.

Jadi, kalau ingin berkonsultasi tentang jaringan atau layanan Telkomsel segera tanya Veronika saja. Terserah Anda mau menggunakan channel yang mana, karena banyak pilihan dan kemudahan sebagaimana sudah saya jelaskan di atas tadi.

 

Related Posts: