Deklarasi Hari Bahagia Bersama

hari bahagia bersama

Deklarasi Hari Bahagia Bersama – Saya sering sekali mendengar istilah bahagia itu sederhana. Apakah itu benar? Sesederhana apa sih bahagia itu? Sebagai blogger, bahagia itu seperti apa? Nah, memaknai bahagia ini sebenarnya banyak versi, sebagaimana yang saya ketahui saat mengikuti talkshow Deklarasi Hari Bahagia Bersama pada hari Selasa 7 September 2021 melalui virtual zoom.

Talkshow yang dipandu oleh Fathia Izzati ini diselenggarakan oleh JNE bertempat di Studio Markplus Inc, EightyEight@Kasablanka, Jalan Raya Casablanca No.88, Menteng Dalam, Jakarta Selatan dengan menghadirkan:

  1. Maman Suherman, Penulis dan Pegiat Literasi
  2. Ivan Gunawan, Fashion Designer dan Enterpreneur
  3. Muhammad “MICE” Misrad, Kartunis
  4. Muhammad Feriadi Soeprapto, Presiden Direktur JNE
  5. Andi F. Noya, Jurnalis dan Pendiri Benihbaik.com
  6. Melanie Subono, Seniman dan Pendiri Rumah Harapan Melanie

Tentunya sudah tidak asing lagi ya mendengar nama-nama tersebut? Benar sekali, mereka semua dikenal sebagai orang baik, yang senang berbagi inspirasi dan kebahagiaan. Apalagi dengan JNE, pasti sudah sangat tidak asing lagi, sebuah brand ekspedisi pengiriman barang yang sudah terkenal sejak lama. Lalu apa hubungannya JNE dengan Hari Bahagia Bersama?

Sekilas tentang JNE

JNE berdiri pada tahun 1990 sebagai perusahaan nasional yang berkonsentrasi pada bidang usaha jasa pengiriman dan pendistribusian. JNE juga memperluas bidang usahanya hingga jasa pengiriman makanan khas daerah (PESONA), jasa kepabeanan, penjemputan di bandara, dan pengiriman uang/money remittance.

Pada akhir tahun 2012, JNE memisahkan divisi Logistik, menjadi unit usaha tersendiri dan terpisah dari unit kurir ekspres. Mulai tahun 2013, JNE siap berekspansi di bidang logistik, dengan berfokus pada layanan yang mencakup pergudangan, cargo, pengiriman jalur darat, sea freight, dan air freight.

Di tahun 2014, JNE mempersiapkan JNE E-Commerce dan melakukan optimalisasi Mobile Applications, serta membangun 250 kantor operasional juga memperluas jaringan hingga lebih dari 7000 outlet di seluruh Indonesia untuk bersaing dalam Asia Free Trade Area yang berjalan sejak tahun 2015.

Makanya tidak heran jika di setiap daerah kita selalu menemukan agen-agen JNE. Tidak cuma satu atau dua dalam satu wilayah kecamatan. Tentu saja hal  ini memudahkan para pelanggan dalam hal pengiriman barang. Saya pun entah sudah berapa lama menggunakan jasa JNE ini. Sejauh ini saya tidak pernah mengalami kendala. Bahkan saat kirim dokumen berharga seperti paspor pun saya memilih menggunakan jasa JNE. Kalau boleh kasih bintang antara 1 sampai 5, saya akan kasih bintang 5 kepada JNE ini.

hari bahagia bersama

Deklarasi Hari Bahagia Bersama

Connecting Happiness

Dalam menjalankan bisnis, JNE memiliki tagline “Connecting Happiness” yang berarti mengantarkan kebahagiaan. Maknanya sangat luas, sehingga jika bicara tentang JNE, maka bukan hanya tentang pengiriman paket, namun dalam berbagai aspek kehidupan. “Bahagia Bersama” adalah hasil yang dituju dari prinsip Berbagi, Memberi dan Menyantuni yang selama ini JNE jalankan. Hal ini disampaikan oleh Bapak M. Feriadi Soeprapto, Presiden Direktur JNE.

Bahagia bersama itu bisa dianalogikan dengan sesederhana pengirim barang merasa bahagia karena barang yang dikirimnya sampai dengan selamat kepada si penerima barang. Si penerima barang merasa bahagia karena barang yang dipesannya sudah tiba dengan selamat. Terbayang ‘kan ya, pada saat kita menanti-nanti pesanan barang, begitu barang tiba pasti deh ada rasa bahagia tersendiri. Nah, demikian pula halnya yang dirasakan oleh si kurir pengirim barang. Pasti ada rasa bahagia pada saat melihat binar mata para pelanggan saat menerima barang.

So, setuju banget dan tidak salah JNE memilih tagline “Connecting Happiness” ini. Gak terbayang deh berapa ribu atau juta masyarakat Indonesia yang merasakan bahagia bersama berkat jasa JNE ini. Kebetulan sudah sebulanan ini suami saya rajin banget belanja online untuk kebutuhan anak-anak dan keluarga. Saya selalu menyaksikan sendiri betapa ia selalu berharap kirimannya segera datang. Dan ketika kurir tiba di depan pintu, betapa ia bahagia banget pesanannya sudah datang.

Hari Bahagia Bersama

Menginjak usia 31 tahun JNE masih dapat berbagi kebahagiaan kepada pelanggan setia maupun masyarakat Indonesia. Terlebih di masa pandemi ini, dimana sebagian besar masyarakat lebih memilih menggunakan jasa pengiriman untuk mengurangi kegiatan di luar rumah sangat terbantu oleh keberadaan JNE.

Nah, berangkat dari tagline “Connecting Happiness”, pada tanggal 7 September 2021 ini JNE mendeklarasikan Hari Bahagia Bersama yang ditandai dengan peluncuran buku yang berjudul “Bahagia Bersama”. Buku ini ditulis oleh Maman Suherman yang lebih dikenal dengan Kang Maman. Ilustrasinya dikerjakan oleh Muhammad “MICE” Misrad yang juga dikenal dengan Mice Cartoon.

buku bahagia bersama

Buku “Bahagia Bersama”

Dengan menuliskan buku ini, Kang Maman bisa turut menularkan prinsip serta nilai-nilai berbagi yang membawa perubahan menjadi lebih baik lagi bagi individu maupun masyarakat luas. Sementara itu bagi Mice Cartoon, menggarap ilustrasi buku ini baginya merupakan tantangan tersendiri. Menurutnya prinsip berbagi agar semua bisa bahagia bersama harus disampaikan secara berbeda sehingga pesan bisa diterima oleh semua kalangan dan semua umur, bahkan anak-anak.

Konon, proses pembuatan buku ini sangat mulus bahkan tidak ada editing baik itu dari pihak penulis (Kang Maman), pihak ilustrator (Mice), dan dari pihak Pak Feri JNE sendiri. Saya pribadi mempercayai bahwa niat baik dengan tujuan baik pasti akan diberi kemudahan oleh Tuhan dalam setiap proses perjalanannya.

Buku “Bahagia Bersama” dapat dibeli secara offline di toko buku Gramedia dan juga secara online melalui website gramedia.com serta toko resmi JNE di Tokopedia dan Shopee. Berbagai program menarik terkait buku Bahagia Bersama pun dapat diikuti semua orang melalui akun resmi sosial media JNE yaitu akun instagram @jne_id .

Makna Bahagia

Dalam deklarasi Hari Bahagia Bersama ini juga hadir 3 orang bintang tamu yang sudah tidak asing lagi, yaitu Ivan Gunawan, Melanie Subono, dan Andi F. Noya. Kehadiran mereka membuat suasana menjadi lebih meriah. Mereka bertiga ini adalah public figure yang sudah lama berkecimpung di dunia berbagi.

Ivan Gunawan menyampaikan pesan agar kita jangan lupa bahagia. Selama kita bisa jujur dalam segala hal, itu adalah kebahagiaan. Andi F. Noya juga menyampaikan pesan bahwa tidak ada alasan untuk tidak berbuat baik setiap hari. Kebahagiaan akan kita raih ketika hidup kita bisa bermanfaat untuk orang lain. Sedangkan Melanie Subono memaknai bahagia dengan menjadi berguna sekecil atau sebesar apapun dan tidak menyusahkan orang lain.

Talkshow ini membuat saya kembali merenung. Bahwa untuk bisa berbagi dengan sesama, tidak perlu menunggu cukup. Karena ketika kita berbagi, justru Tuhan akan membalas berlipat-lipat. Berbagi tidak akan membuat kita miskin. Berbagi pun tidak harus berupa materi. Sebagai seorang blogger, saya merasakan bahagia tersendiri saat tulisan-tulisan yang saya publikasikan di sini bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Senang sekali rasanya saya bisa merasakan bahagia bersama para pengunjung blog ini 🙂

 

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *