Skip to content

ASUS ROG Phone 8, Smartphone Gaming Beyond Gaming

ASUS ROG Phone 8, Smartphone Gaming Beyond Gaming – Sore-sore pulang kerja dilapori si Kakak (anak pertama saya),“Buk, tanggal 26 Maret 2024 aku turnamen lho… So, di hari tersebut aku jangan diganggu.” Begitulah, sudah beberapa kali si Kakak mengikuti turnamen e-sport, alhamdulillah pernah menjadi juara. Iya, saya memiliki dua anak laki-laki. Keduanya memiliki hobi yang sama yaitu main game online, baik itu yang single player maupun multi player.

Si Kakak adalah anak Gen Z yang memang lekat dengan gadget. Dimana-mana gadget selalu ditenteng. Dulunya saya merasa gemas melihat kondisi demikian. Namun sejak sering menyimak video cara mendidik anak laki-laki melalui akun YouTube-nya dr. Aisah Dahlan, saya tidak gemas lagi. Bagaimanapun, demikianlah adanya era si anak Gen Z. Sebagai orang tua, sayalah yang harus mengikuti perkembangan zaman.

Rupanya dengan adanya gadget tersebutlah si Kakak banyak belajar. Bukan melulu karena menonton channel-channel tertentu di Youtube, namun justru melalui aplikasi-aplikasi gaming. Terutama game online. Makin ke sini, hobi si Kakak kian menuju ke jalur gamer profesional. Sebagai ibu, saya siap memberikan dukungan. Yang penting masih pada situasi dan kondisi yang wajar, yaitu masih bersedia membantu orang tua, juga masih rajin masuk kuliah dan mengerjakan tugas-tugas dengan baik.

Salah satu dukungan yang saya berikan kepada si Kakak adalah membelikannya PC gaming. Bersyukur bisa terbeli sesuai dengan spesifikasi yang dimintanya. Selain bisa untuk menyalurkan hobinya bermain game, tentunya juga sangat bermanfaat untuk mendukung kegiatan kuliahnya. Dan tidak kalah pentingnya adalah bisa digunakannya untuk ikutan turnamen e-sport sewaktu-waktu.

Meskipun sudah ada PC gaming, rupanya si Kakak masih sering bermain game online menggunakan smartphone (ponsel). Akan tetapi karena ponselnya bukan smartphone gaming, jadi ya memiliki banyak keterbatasan. Sehingga tidak seseru saat bermain menggunakan PC.

Sebagai ibu yang mendukung kegiatan positif anak, terbersit dalam pikiran saya untuk suatu hari nanti membelikannya smartphone gaming. Karena memang secara harga, smarphone gaming itu jauh di atas smartphone biasa, tak ada salahnya sambil mengumpulkan dana sambil mencari rekomendasi smartphone gaming. Nah, baru-baru ini ada informasi terbaru bahwa ASUS mengeluarkan seri ROG terbaru. Yaitu ASUS ROG Phone 8, smartphone gaming beyond gaming. Ponsel pintar buat ngegame yang lebih dari sekedar bermain game. Penasaran seperti apa itu? Simak, yuk…

ASUS ROG Phone 8

ASUS Republic of Gamers (ROG), pada 9 Januari 2024, mengumumkan seri terbaru ROG Phone 8, sebagai penanda dimulainya perjalanan revolusioner sebagai penyempurna pada teknologi mobile gaming.

ASUS ROG Phone 8

Mengikuti sejarah desain terbesarnya, seri ROG Phone 8 telah berevolusi dari ponsel gaming murni menjadi perangkat premium berteknologi masa depan yang menjadi game-changer. Hadir dengan desain yang lebih ramping, lebih ringan, dan bezel yang lebih tipis menjadikannya sebagai ponsel yang sempurna untuk melengkapi gaya hidup para gamer.

ASUS ROG Phone 8 ini dirancang sebagai ponsel serba bisa yang tangguh, guna memenuhi kebutuhan para gamer, streamer, content creator dan banyak lagi. Perangkat ini menonjol dengan berbagai fitur yang ramah untuk bermain game yang dipersenjatai dengan performa terbaik bertenaga AI, desain yang premium, dan mengutamakan kepraktisan untuk penggunaan harian. Seri smartphone ini lebih dari sekedar smartphone biasa, menawarkan teknologi mutakhir, desain yang inovatif dan komitmen terhadap pengalaman pengguna yang luar biasa.

Berikut ini keunggulan-keunggulan dari ASUS ROG Phone 8:

1. Lebih dari sekedar permainan

Ponsel premium ini menjadi lebih ramping, lebih ringan, dan menghadirkan berbagai fitur yang dirancang agar mudah digunakan oleh semua pengguna termasuk para gamer, streamer, content creator, dan masih banyak lagi.

Seri ROG Phone 8 telah sepenuhnya ditata ulang, mempertahankan reputasi gamingnya yang sempurna sekaligus memperluas daya tariknya bagi siapa pun yang mencari lebih dari sekedar ponsel harian, untuk membantu mereka meraih berbagai hal yang luar biasa. Desain baru yang menarik perhatian ini hadir lebih tipis hingga 15% dari generasi sebelumnya, tanpa mengorbankan performa. Ponsel ini memberikan penekanan pada desain premium dan daya tahannya yang memastikan bahwa perangkat ini bukan sekadar ponsel, perangkat ini adalah bukti nyata dari kecanggihan dan kekuatan.

Seri ROG Phone 8 hadir sebagai penantang anggapan umum dalam industri mobile gaming, menghadirkan performa yang tak terkendali, inovasi luar biasa, dan desain yang memadukan estetika dengan fungsionalitas. Baik gamer yang berdedikasi atau penggemar teknologi, seri ROG Phone 8 memikat para pengguna untuk meningkatkan pengalaman mereka dalam mobile gaming.

2. Performa yang tak terkendali

Inti dari seri ROG Phone 8 adalah Snapdragon® 8 Gen 3 Mobile Platform yang tangguh, didukung oleh RAM LPDDR5X 8533 Mbps, dan penyimpanan UFS 4.0 untuk kinerja yang tak tertandingi. Untuk memungkinkan sesi gaming maraton tanpa panas berlebih, ROG Phone 8 telah didukung oleh desain Rapid-Cooling Conductor revolusioner yang merupakan bagian dari kecanggihan desain termal GameCool 8, yang akan mengalirkan panas secara langsung dari prosesor ke penutup belakang.

Turut didukung oleh pendingin clip-on AeroActive Cooler X terbaru hadir dengan ukuran 29% lebih kecil, namun menawarkan efisiensi termal 1,2X lebih tinggi, sehingga dapat mengurangi temperatur penutup belakang hingga 26°C. Selain menawarkan desain premium dan performa terbaik, seri ROG Phone 8 merupakan smartphone gaming pertama di dunia yang memenuhi standar IP68, yang dibuat untuk tahan terhadap debu dan air sehingga pengguna dapat menikmati pengoperasian tanpa rasa khawatir di mana pun mereka berada.

3. Ultra-bright display

Seri ROG Phone 8 Pro menampilkan panel terbaru AMOLED fleksibel 6,78 inci (Samsung E6) yang mendukung kecepatan refresh adaptif menggunakan teknologi LTPO. Dimana sistem dapat menyesuaikan kecepatan refresh secara otomatis dari 1 hingga 120 Hz tergantung pada tugas yang sedang dikerjakan untuk mengurangi konsumsi daya. Pengguna juga dapat memilih hingga kecepatan refresh 165 Hz untuk bermain game yang lancar, dan kecepatan sampling sentuh hingga 720 Hz untuk respons instan yang menakjubkan.

Tingkat kecerahan tertinggi sekarang ditingkatkan menjadi 2500 nits, sehingga pengguna dapat bermain game atau menonton film bahkan di bawah sinar matahari tanpa masalah sama sekali. Visual yang luar biasa disetel dalam kolaborasi dengan perusahaan pemrosesan visual terkemuka Pixelworks® untuk akurasi warna terbaik di dunia. Ini adalah tampilan yang tidak tertandingi.

4. AI Kamera Tingkat Pro

Gamer dan kreator sekarang dapat menjelajahi kemungkinan fotografi tanpa batas dengan kecanggihan tri-camera system dari seri ROG Phone 8. Selain itu, teknologi OZO Audio memberi pengguna pilihan untuk menghilangkan suara angin untuk rekaman luar ruangan yang jernih, atau menangkap 3D Surround spatial audio dengan ketepatan tinggi.

Kamera utama menggunakan sensor gambar Sony 50 MP terbaru untuk menghasilkan gambar yang jernih. Lensa sudut lebar 24 mm sangat cocok untuk pengambilan gambar di jalanan yang dinamis, sementara mode zoom 2X mengubahnya menjadi lensa utama 50 mm yang serbaguna, ideal untuk fotografi potret dan fotografi makanan. Fotografi dan videografi dapat mencapai tingkat yang lebih tinggi dengan 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0, yang memastikan video yang lebih mulus dan foto yang bebas guncangan saat bepergian. Perkembangan stabilisasinya sekarang mendukung mode pemotretan standar dan potret, sehingga ideal untuk fotografi rendah cahaya. Stabilitas video terjamin dengan perangkat keras anti-guncangan OIS dan algoritme perangkat lunak EIS yang telah ditingkatkan yang menggunakan data giroskopis untuk mendeteksi gerakan. Penyesuaian dinamis bidang pandang ini memastikan video tetap stabil.

Untuk pertama kalinya, seri ROG Phone 8 menyertakan lensa telefoto 3X yang memungkinkan pengambilan gambar objek yang jauh. Lensa yang dilengkapi dengan OIS internal ini memberikan hasil yang jernih dan tajam, bahkan dalam kondisi minim cahaya dengan mode Night Photography. Teknologi ASUS HyperClarity, menggunakan file yang belum diproses (RAW), mempertahankan setiap detail dalam foto, memberikan gambar yang lebih jelas bahkan pada zoom hingga 30X. Selama perekaman video, kamera telefoto menggunakan EIS adaptif untuk menghasilkan hasil yang stabil hingga zoom 10X.

Kamera ultrawide 13 MP memiliki lensa free-form dan algoritme canggih untuk mengurangi distorsi lensa, sehingga menghasilkan gambar yang memukau namun tetap natural. Seri ROG Phone 8 memberikan kualitas dan kejernihan yang luar biasa dalam setiap pemotretan dan perekaman.

Terakhir, kamera swafoto ultrawide 32 MP di bagian depan memiliki Field of View (FoV; bidang pandang) yang telah ditingkatkan dari 73° menjadi 90° untuk membuatnya sempurna untuk swafoto grup. Lensa ini memiliki sensor RGBW yang memastikan gambar yang bersih dengan noise yang lebih sedikit, bahkan dalam kondisi minim cahaya.

5. Fitur yang disempurnakan AI

Empat fitur AI yang ramah untuk bermain game di seri ROG Phone 8 meningkatkan pengalaman bermain game ke tingkat yang lebih tinggi. Gamer dapat dengan mudah mengalihkan game ke latar belakang dengan Background Mode atau menangkap momen penting dengan X Capture, menjadikan perangkat ini sangat diperlukan oleh para gamer yang cerdas. AI Grabber yang intuitif untuk menangkap teks dan X Sense meningkatkan pengalaman bermain game dengan memberikan tips dan bantuan saat dibutuhkan. AI Grabber kini juga dapat mengambil teks langsung dari game menggunakan teknologi Machine-Learning Recognition, dan X Capture serta X Sense 2.0 kini mendukung lebih banyak game terbaru berkat teknologi AI Pattern Recognition.

Fitur-fitur lain yang didukung AI termasuk Semantic Search menggunakan bahasa alami di Galeri, Launcher, dan Pengaturan. AI Wallpaper dapat membuat wallpaper yang tampak menakjubkan menggunakan teknologi Stable Diffusion, dan teknologi AI noise-cancellation dapat meredam kebisingan dari dua arah untuk suara sejernih kristal dalam panggilan suara, panggilan video, dan komunikasi dalam game (kualitas panggilan bergantung pada lingkungan, kondisi jaringan operator, dan banyak faktor lainnya; hasil sebenarnya mungkin berbeda).

6. AniMe Vision

Seri ROG Phone 8 terbaru memiliki elemen unik yang dapat disesuaikan, termasuk logo Aura RGB Lighting (ROG Phone 8) dan layar Mini-LED Anime Vision (ROG Phone 8 Pro / Pro Edition), yang memungkinkan pemiliknya untuk mengekspresikan individualitas dan kreativitas mereka.

AniMe Vision adalah layar 341 elemen yang dapat menampilkan animasi yang telah diatur sebelumnya atau yang dibuat oleh pengguna. Selain itu, sesama pengguna ROG Phone 8 Pro / Pro Edition juga dapat membuka kunci animasi rahasia dengan menempelkan punggung kedua ponsel satu sama lain.

Ketersediaan & Harga ASUS ROG Phone 8

Dengan segala keunggulan ASUS ROG Phone 8 tadi, jujur saja saya jadi penasaran berapa harga dari smartphone gaming beyond gaming ini. Karena berhubungan dengan kesiapan anggaran untuk itu. Nah, berikut ini harga dan ketersediaan ROG Phone 8:

  • ROG Phone 8 (12/256) Phantom Black – Rp 10.999.000,-
  • ROG Phone 8 (12/256) Storm Grey – Rp 10.999.000,-
  • ROG Phone 8 Pro (16/512) Phantom Black – Rp 14.999.000,-
  • ROG Phone 8 Pro Edition (24/1T) Phantom Black – Rp 14.999.000,-

Oiyaaaa…. kalau mau lebih hemat, dalam beberapa hari ke depan ASUS ROG Phone 8 kasih promo menarik, sayang nih kalau dilewatkan:

Promo ROG Phone 8

First Sale Promo :
Dapatkan Free Aero Cooler Fan untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000.
Promo berlaku mulai tanggal 20 Mar hingga 30 Apr 2024 di semua partners penjualan resmi ASUS Offline dan Online.
Online : Eraspace, Tokopedia, Blibli dan Asus Online Store
Offline : Erafone, Urban Republic, ROG Store, Asus Exclusive Store dan Asus Authorized Partners.

Consumer Launch Sales Promo :
Dapatkan Free Aero Cooler Fan + Free Exclusive merchandise kolaborasi ROG X PUBGM + Luckydraw dengan berbagai macam hadiah menarik untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000.
Promo hanya berlaku di offline event Consumer Launch ROG 8 di FX Sudirman dari tanggal 20 Mar hingga 23 Mar 2024.

Melihat harganya saja sudah terbayang betapa gaharnya smartphone gaming ini. Seperti kita tahu bahwa ada harga ada rupa terutama untuk gadget. Memang benar bahwa tujuan utama saya bisa memiliki smartphone ini adalah untuk mendukung anak saya yang sedang menuju jadi gamer profesional. Namun ternyata smartphone ini juga sangat bisa dipakai untuk segala macam keperluan. Lihat saja keunggulan-keunggulannya tadi. Sehingga siapapun bisa memiliki ASUS ROG Phone 8 ini.

Semoga dengan dukungan gadget yang mumpuni, membuat si Kakak makin semangat berlatih, sehingga saat mengikuti turnamen e-sport dia (dan timnya) bisa menjadi juara.

Tulisan ini diikutsertakan dalam ASUS ROG Phone 8 Blog Writing Competition di Blog Travelerien

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *