Lompat ke konten
Home » Teknologi » Jajaran Laptop ASUS AI Hadir di Yogyakarta

Jajaran Laptop ASUS AI Hadir di Yogyakarta

  • oleh
ASUS consumer PC

Setelah tiga bulan lalu ASUS melaunch tiga macam laptop gaming, kembali di Yogyakarta awal bulan Juni ini ASUS menghadirkan jajaran laptop ASUS AI. Kali ini berupa laptop consumer PC, yaitu PC untuk konsumen yang dapat digunakan untuk aplikasi tujuan umum, mulai dari rumah tangga biasa hingga kantor yang melakukan proses administratif.

Sebulanan yang lalu teman saya ganti laptop karena yang lama sudah rusak dan sudah uzur. Dia memutuskan untuk membeli Vivobook dari ASUS. Ngiri saya, karena lebih ramping dan lebih ringan daripada laptop yang saya gunakan.

Laptop yang saya gunakan sekarang juga sudah uzur, pembelian tahun 2018 kalau tidak salah. Sudah pernah diupgrade dan kabarnya sudah mentok alias maksimal sudah tidak bisa diapa-apain lagi. Kalau kenapa-kenapa solusinya cuma satu yaitu harus ganti baru.

Mumpung sekarang masih bisa saya gunakan untuk aktivitas sehari-hari (kantor dan rumah), untuk berjaga-jaga saya mulai menjajaki calon pengganti laptop saya nantinya.

Jujur saja, produk ASUS sudah mulai menguasai pikiran saya nih… Ditambah lagi, adik saya yang notabene dukunnya laptop saya juga merekomendasikan laptop ASUS.

laptop asus ai

Pucuk dicinta ulam pun tiba. Pada hari Selasa 4 Juni 2024 saya mendapat kesempatan hadir di acara ASUS gathering di Hotel Alana Yogyakarta. Gathering ASUS kali ini temanya adalah “Consumer PC Media Roadshow”. Yes, tim ASUS membawa 5 jenis laptop!

Kelima jenis laptop tersebut, tiga diantaranya adalah laptop ASUS AI yang tentunya dibandrol dengan harga diatas 15 jutaan. Sedangkan dua yang lainnya adalah laptop ASUS terbaik untuk pelajar dan mahasiswa, tentu saja dengan harga yang sangat terjangkau.

Laptop ASUS AI untuk Kegunaan Umum

ASUS resmi memperkenalkan ASUS AI, jajaran laptop yang sudah dibekali dengan hardware dan fitur berbasis AI. ASUS AI tampil sebagai solusi yang akan mempermudah masyarakat Indonesia dalam memilih laptop AI. Jaman sekarang siapa sih yang tidak mengenal AI (Artificial Intelligence) ya…

Di luar sana mungkin sudah banyak brand-brand laptop yang juga menghadirkan laptop AI. Namun demikian ASUS memiliki keunggulan tersendiri, yaitu:

  • Paling Inovatif: ASUS AI hadir sebagai jajaran laptop AI dari ASUS yang dibekali NPU serta fitur-fitur inovatif berbasiskan AI.
  • Paling Lengkap: ASUS merupakan satu-satunya brand laptop di Indonesia yang menghadirkan jajaran laptop AI paling lengkap melalui ASUS AI.

Bagaimana sebuah laptop bisa diketahui sebagai laptop AI? Yaitu jika memenuhi syarat-syarat laptop AI berikut ini:

  1. Memiliki logo ASUS AI.
  2. Hadir dengan prosesor NPU atau Neural Processing Unit. Hal tersebut sangat penting karena keberadaan NPU akan membantu pemrosesan AI di laptop menjadi lebih efisien.
  3. Dibekali dengan Windows 11 dan kompatibel dengan fitur Copilot. Dukungan Windows 11 dan Copilot menjadi salah satu basis persyaratan ASUS AI, yang mana keduanya akan menghadirkan pengalaman penggunaan AI secara maksimal.

Tentu saja laptop AI dari ASUS sudah memenuhi semua syarat tersebut. Nah, berikut ini tiga jenis laptop AI yang dipersembahkan oleh ASUS di bulan Juni tahun 2024 ini.

1. Zenbook DUO (UX8406)

ASUS Zenbook DUO adalah laptop dua layar terbaik 2024. Dengan dua layar sentuh OLED berukuran penuh, detachable keyboard berukuran penuh dan built-in kickstand, secara expert mengkombinasikan keserbagunaan dengan mobilitas yang terbaik.

laptop ASUS AI Zenbook DUO (2024) UX8406

Dengan layar OLED ganda beresolusi 3K 120Hz, Anda dapat secara instan memperluas ruang kerja hingga 19,8 inci. Performa luar biasa yang terjamin. Didukung hingga prosesor Intel® Core™ Ultra 9 yang didukung AI dan memori LPDDR5X hingga 32GB. Storage SSD PCIe® 4.0 hingga 2TB untuk menyimpan beragam data.

Dipasangkan dengan perangkat lunak cerdas, kontrol gerakan intuitif, dan kapasitas baterai 75Wh yang lebih tahan lama. Zenbook DUO begitu mudah digunakan untuk dapat memaksimalkan produktivitas Anda tanpa kerumitan.

mode laptop asus ai
Lima mode pengoperasian yang berbeda. (sumber: ASUS.id)

Yang membuat saya terpesona adalah laptop ASUS Zenbook DUO ini memiliki 5 mode pengoperasian yang berbeda. Tampilannya bisa dilihat pada gambar di atas ini. Maksimal banget kalau digunakan untuk presentasi.

2. Zenbook S 13 OLED (UX5304)

Zenbook S 13 OLED (UX5304) merupakan AI laptop paling tipis, ringan, dan ringkas. Selain memiliki bobot hanya 1 kg, Zenbook S 13 OLED (UX5304) juga ditenagai oleh prosesor Intel® Core™ Ultra Series dan didukung Windows 11 serta Copilot, sehingga laptop ini juga merupakan laptop ASUS AI yang paling portabel.

laptop ASUS AI Zenbook S 13 OLED (UX5304)

Keunikan lain yang dimiliki oleh Zenbook S 13 OLED (UX5304) adalah material yang digunakannya. Bagian belakang layar laptop ini dibuat menggunakan bahan Plasma Ceramic Aluminium yang diproses secara khusus.

Kelebihannya adalah bahan tersebut tidak melibatkan cairan kimia sama sekali, sehingga sangat ramah terhadap lingkungan. Hal tersebut diperkuat dengan berbagai sertifikasi ramah lingkungan yang dinobatkan untuk Zenbook S 13 OLED (UX5304).

3. Zenbook 14 OLED (UX3405)

Ini adalah laptop AI pertama di Indonesia. Zenbook 14 OLED (UX3405) merupakan laptop tipis pertama dari ASUS yang dibekali prosesor Intel® Core™ Ultra Series, yaitu prosesor generasi terbaru yang telah ditenagai oleh AI dan dapat mengakomodasi pemrosesan aplikasi berbasis AI secara lebih optimal dan hemat daya.

laptop ASUS AI Zenbook 14 OLED (UX3405)

Tidak hanya itu, Zenbook 14 OLED (UX3405) juga hadir dengan layar ASUS Lumina OLED beresolusi 3K, memiliki daya tahan baterai seharian, serta mengusung desain premium dan portabel dengan bobot hanya 1,2 kg dan ketebalan 14,9mm.

Hadir sebagai perangkat penunjang produktivitas dan mobilitas, Zenbook 14 OLED (UX3405) juga dirancang tangguh dan berhasil meraih sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD-810H).

ASUS bahkan menghadirkan Zenbook 14 OLED (UX3405) sebagai laptop tipis ramah lingkungan dengan jejak karbon hingga 50% lebih rendah dibandingkan laptop sekelasnya.

Laptop ASUS Terbaik untuk Pelajar dan Mahasiswa

Selain laptop ASUS AI, ASUS juga memperkenalkan dua laptop terbaik untuk pelajar yaitu Vivobook 14 (A1404) dan Vivobook Go 14 (E1404). Keduanya hadir sebagai laptop yang memiliki spesifikasi serta harga terbaik di kelasnya.

Meski ditargetkan untuk pelajar, laptop ini sudah mengantongi sertifikasi US Military Grade (MIL-STD-810H). Artinya, Vivobook 14 (A1404) dan Vivobook Go 14 (E1404) sudah lolos berbagai uji ketahanan ekstrem berstandar militer AS.

Vivobook 14 (A1404) dan Vivobook Go 14 (E1404) juga ditenagai oleh prosesor 13th Gen Intel® Core™ sehingga performanya dapat diandalkan. Sistem operasi kedua laptop ini sudah menggunakan Windows 11 dan telah dilengkapi Microsoft Office Home and Student 2023 dengan lisensi permanen seumur hidup.

1. Vivobook 14 (A1404)

ASUS Vivobook 14 A1404 laptop untuk pelajar dan mahasiswa yang ingin meningkatkan produktivitas dan kreativitas mereka.

Vivobook 14 (A1404)

Laptop ini juga sangat ramah pengguna, dengan engsel hingga 180° dan pelindung webcam fisik. ASUS Antimicrobial Guard Plus melindungi permukaan yang sering disentuh dari bakteri berbahaya untuk menjaga kesehatan Anda.

2. Vivobook Go 14 (E1404)

Ringan dan ringkas, ini adalah ASUS Vivobook Go 14, laptop yang dirancang untuk membuat para pelajar lebih produktif dan tetap terhibur dimanapun!

Vivobook Go 14 (E1404)

Dengan engsel lay-flat 180°, pelindung webcam fisik, dan banyak fitur desain yang cermat, Vivobook Go 14 adalah laptop yang membebaskan Anda.

Pas banget, tahun ajaran baru sudah di depan mata. Biasanya banyak pelajar dan mahasiswa yang mulai hunting PC, baik laptop maupun desktop. By the way, meskipun dikhususkan untuk pelajar dan mahasiswa, Vivobook bisa banget loh digunakan oleh profesi apapun.

Saya pribadi untuk saat ini cenderung memilih Vivobook Go 14 (E1404), karena laptop yang saya gunakan harus mendukung aktivitas mobiling saya. Laptop saya tidak bisa hanya duduk manis di kantor saja atau di rumah saja. Ia harus bisa saya bawa kemana-mana. Oleh karena itu saya membutuhkan yang ringan dan aman.

Untuk mengetahui lebih detail mengenai spesifikasi dan harga dari masing-masing laptop di atas, silakan langsung cek di website ASUS.id yaa…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *