Lompat ke konten
Home » Kesehatan » PAFI Pesawaran Turut Tingkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat

PAFI Pesawaran Turut Tingkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat

  • oleh
tenaga ahli farmasi

Dunia kesehatan tentu sangat membutuhkan kehadiran tenaga farmasi. Untuk itu PAFI Pesawaran hadir dan turut berperan serta dalam usaha meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Dari dulu hingga ini tenaga farmasi sangat dibutuhkan untuk membantu masyarakat dalam mendapatkan obat yang tepat dan berkualitas. Jujur saja, saya sendiri sangat awam dengan dunia obat-obatan. Oleh karena itu, dokter memberikan obat apa, ya saya menerima saja.

Keberadaan farmasi memiliki peran penting dalam meningkatkan kesehatan masyarakat. Farmasi mencakup berbagai bidang, yaitu penelitian dan pengembangan obat-obatan, produksi obat-obatan, distribusi obat-obatan, dan pemberian obat-obatan.

Sebagai salah satu potensi pembangunan yang penting, ahli farmasi di Indonesia tidak hanya fokus pada tugas keseharian mereka, tetapi juga aktif dalam berbagai kegiatan pengabdian masyarakat. Hal ini menunjukkan dedikasi mereka dalam mempertinggi kesejahteraan umum, khususnya dalam bidang kesehatan dan farmasi.

Hal ini selaras dengan visi Indonesia Sehat 2025 yaitu mewujudkan lingkungan serta perilaku hidup sehat, masyarakat lebih mudah dalam memperoleh pelayanan kesehatan bermutu sehingga derajat kesehatan masyarakat meningkat.

Mengenal PAFI

Sudah pernah mendengar sebuah organisasi yang bernama PAFI? Kiprah organisasi ini sudah cukup dikenal masyakarat, antara lain:

  • melakukan meningkatkan akses dan kualitas layanan kesehatan,
  • menyediakan informasi terbaru mengenai perkembangan dunia kesehatan dan farmasi melalui seminar, pelatihan, dan publikasi ilmiah,
  • membantu meningkatkan kapasitas SDM (Sumber Daya Manusia) di bidang kesehatan dan farmasi,
  • memberikan peluang pendidikan lanjutan kepada para profesional maupun mahasiswa,
  • memberikan sosialisasi vaksin DPT bagi kesehatan anak-anak,

dan masih  banyak lagi.

PAFI adalah organisasi kemasyarakatan yang bergerak atas kesamaan profesi, terbuka untuk utamanya Tenaga Teknis Kefarmasian yang kompeten, dan orang yang amal baktinya di bidang farmasi, bersifat mandiri, demokratis, moderat, mengakar, tanggap, majemuk, berorientasi pada pengabdian, serta bebas dari pengaruh politik praktis.

PAFI Pesawaran

PAFI merupakan kependekan dari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia, yang merupakan suatu organisasi profesi ilmiah dan juga merupakan organisasi asosiasi farmasi tertua yang ada di Indonesia yang didirikan oleh para ahli farmasi pada saat itu, yaitu pada tanggal 13 Februari 1946 di Hotel Merdeka, Yogyakarta.

Organisasi PAFI ini dibentuk untuk menghimpun para ahli farmasi yang saat itu jumlahnya masih sangat terbatas, dengan didasari oleh keinginan yang kuat untuk ikut serta membangun bangsa melalui keahlian yang dimiliki oleh para ahli farmasi Indonesia.

Adapun tujuan dari dibentuknya PAFI adalah untuk:

  • Mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945
  • Mewujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat Indonesia
  • Mengembangkan dan meningkatkan pembangunan farmasi Indonesia
  • Meningkatkan kesejahteraan anggota

PAFI Pesawaran

Saat ini PAFI sudah memiliki banyak cabang di berbagai kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Salah satunya ada di Provinsi Lampung tepatnya di Kabupaten Pesawaran. Cabang PAFI yang dibentuk di Kabupaten Pesawaran ini diberi nama PAFI Pesawaran.

Sesuai dengan profesi keahliannya, tentu saja PAFI Pesawaran memfokuskan diri pada bidang kesehatan khususnya farmasi. Dimana para tenaga ahli farmasi di Kabupaten Pesawaran turut serta berkarya dan mengabdi di wilayah tersebut.

Pembangunan kesehatan adalah bagian dari pembangunan nasional yang bertujuan meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

Pembangunan kesehatan merupakan upaya untuk memenuhi salah satu hak dasar rakyat, yaitu hak untuk memperoleh pelayanan kesehatan sesuai dengan amanat UUD 1945 pasal 28 ayat 1 dan Undang Undang Nomor 23 Tahun 1992 tentang Kesehatan.

PAFI Pesawaran terus berkomitmen untuk mengembangkan sektor farmasi dan meningkatkan kesejahteraan anggotanya. Melalui berbagai program dan inisiatif, PAFI Pesawaran berupaya untuk mewujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi seluruh masyarakat khususnya Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung.

28 tanggapan pada “PAFI Pesawaran Turut Tingkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat”

      1. Jadi makin menyadari, bahwa Indonesia tuh luaaas banget. Ditambah lagi banyak pemekaran daerah. Untungnya PAFI pun turut serta meningkatkan kesehatan masyarakat sampai ke pelosok negeri

  1. Aku baru denger mbak organisasi PAFI, ternyata Persatuan Ahli Farmasi Indonesia toh. Kalau di Pekalongan sendiri belum pernah ada acara yang diadakan oleh organisasi PAFI ini, makanya namanya kurang familiar.

  2. PAFI ini udah banyak cabangnya di daerah2 ya mba.. btw PAFI Pesawaran ini di daerah Lampung kah mba? soalnya gak dijelaskan lokasi tepatnya di artikel

  3. Jujur baru tahu kalau ada persatuan farmasi bernama PAFI hehe. Semoga kedepannya bisa menjadi garda depan ya dan perlindungan bagi kesejahteraan konsumen sesuai misinya 🙂

  4. layanan kesehatan yang bermanfaat itu yang dekat dengan masyarakat, memberikan manfaat bukan hanya mengobati serta memiliki kepedulian tinggi dengan masyarakat sekitarnya

  5. Adanya PAFI memberikan kontribusi positif untuk bidang kesehatan, khususnya farmasi kita ya. Apalagi kehadirannya juga udah lama ya

  6. Ternyata ini pemekaran baru di Lampung ya kak. Smg dgn ada PAFI di sini, sistem farmasi di Pesawaran makin bagus. Distribusi obat di sana jg ga terkendala. Smg ga ada lagi org sakit ya di sana.

  7. PAFI begitu membantu masyarakat soal soal dunia farmasi, jadi nambah pengetahuan juga.

    Semoga nggak ada oknum yg mengatasnamakan PAFI untuk hal² yg gak baik ya. Karena, kasian masyarakatnya nanti, bisa merasa diprank, huhu..

  8. Setuju banget dengan kegiatan PAFI ini, aku lihat kegiatannya merambah diberbagai daerah ya. Dengan adanya PAFI ini semoga kesadaran masyarat tentang kesehatan semakin meningkatkan.

  9. Setuju banget dengan kegiatan PAFI ini, aku lihat kegiatannya merambah diberbagai daerah ya. Dengan adanya PAFI ini semoga kesadaran masyarat tentang kesehatan semakin meningkatkan. Maju terus untuk PAFI

  10. Pafi ini banyak berarti ya kontribusinya mba untuk berbagai kegiatan bermanfaat bagi masyarakat, semoga PAFI Pesawaran makin banyak aktivitas bermanfaatnya bagi masyarakat

  11. Masyarajat awam biiasa mengenali orang-orang yang bekerja di bidang kesehatan sebagai dokter, bidan, atau perawat. Padahal ada ahli farmasi juga yang terlibat. Dengan pergerakan langsung PAFI Pesawaran ke masyarakat begini sih, jadi makin mendekatkan diri dan mengedukasi bahwa kalau urusannya dengan farmasi akan lebih bijak bila ditanyakan kepada seseorang yang benar-benar mempelajari ilmu farmasi secara mendalam.

  12. Wah, keren banget ya PAFI Pesawaran ini! Salut buat para tenaga farmasi yang udah berdedikasi buat kesehatan masyarakat di Kabupaten Pesawaran. Semoga dengan berbagai program dan inisiatif yang ada, kesejahteraan dan kesehatan warga di sana makin meningkat. Terus semangat, PAFI Pesawaran!

  13. lembaga-lembaga seperti pafi pesawaran ini memang perlu banget dukungan dari masyarakat dan pemerintah, apalagi edukasi kesehatan ini harus uptodate terus

  14. Peran PAFI ini memang sangat berdapak, ya. Melalui berbagai kegiatan dan program, PAFI telah berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pelayanan farmasi dan kesehatan di Indonesia.

  15. Pas pertama tahu PAFI ini karena memang banyak sekali kegiatannya dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat akan kesehatan, salah satunya kapan waktu adalah melalui aktovitas pemercepatan imunisasi. Keren banget ini

  16. PAFI Pesawaran memberikan edukasi dan sumbangsih yang besar dan bermanfaat untuk masyarakat agar semakin memahami hal-hal sederhana terkait kesehatan dan sekaligus peningkatan pelayanan kesehatan yang pastinya dibutuhkan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *