Tips Sukses SNMPTN dengan Strategi Jitu

Haloooo, siswa dan siswi SMA/SMK….

Setelah lulus dari SMA/SMK pasti kebanyakan dari kalian ingin sekali masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Perguruan Tinggi Negeri selain karena kualitasnya terjamin, juga karena dari segi biaya kuliah akan lebih terjangkau. Tapi untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri kalian harus melewati seleksi lewat tes SNMPTN yang diikuti oleh ribuan siswa-siswi di seluruh Indonesia.

Untuk itu, berikut tips sukses SNMPTN:

1. Strategi Jitu Memilih Jurusan

Tips sukses SNMPTN yang pertama adalah kalian harus memantapkan Perguruan Tinggi Negeri pilihanmu. Apa jurusan yang ingin kalian pilih sesuai dengan passion yang kalian miliki, harus sesuai dengan kemampuan, minat dan bakat yang kalian miliki. Perlu kalian ketahui bahwa setiap jurusan di Perguruan Tinggi Negeri memiliki kriteria penilaian yang berbeda. Maka dari itu kalian perlu memasang target nilai yang ingin kalian capai.

Biasanya saat SNMPTN kalian akan diminta untuk memilih beberapa Perguruan Tinggi Negeri yang kalian inginkan. Jangan di akhir-akhir memilihnya, pikirkan dari sekarang. Pilihan pertama adalah pilihan yang paling kalian inginkan dan Perguruan Tinggi Negeri yang paling favorit. Lalu masuk ke pilihan selanjutnya, sebaiknya pilih jurusan yang tetap sesuai dengan minat dan bakat kalian, kualitas Perguruan Tinggi Negeri yang baik, dan dari segi peminat tidak terlalu banyak .

Biasanya semakin banyak peminat di Perguruan Tinggi Negeri akan semakin tinggi rangking atau peringkatnya. Jangan hanya terjebak dengan pilihan Perguruan Tinggi Negeri favorit tanpa dilandasi kesesuaian minat kalian lho ya. Jangan sampai kalian memilih jurusan hanya karena ikut-ikutan teman.

Mungkin jurusan yang sesuai dengan minat kalian adalah jurusan yang tidak terlalu banyak peminatnya, dan bukan tidak mungkin hasil lulusan dari jurusan tersebut banyak dicari oleh banyak perusahaan. Dengan begitu jangan takut untuk memilih jurusan yang sepi peminat karena bisa jadi itu yang sedang banyak dicari oleh perusahaan.

tips sukses snmptn

2. Latihan Soal Tahun Sebelumnya

Sering-sering mengerjakan soal SNMPTN tahun-tahun sebelumnya. Kurang lebih jenis soal yang ditampilkan tidak terlalu beda, jadi jika kalian terbiasa mengerjakan soalnya pasti kalian akan lebih mudah mengerjakan soal SNMPTN yang akan kalian kerjakan. Dalam mengerjakannya juga harus tetap mempertimbangkan waktu, karena saat SNMPTN kalian memiliki waktu tertentu untuk mengerjakan soal dan tidak bisa membuang-buang waktu.

Tips Sukses SNMPTN selanjutnya adalah dengan sering berlatih. Di dalam Aplikasi Ruangbelajar dari Ruangguru, tersedia banyak soal-soal yang bisa kalian gunakan sebagai latihan. Soal-soal dikemas dalam video yang menarik dan terdapat pembahasan di setiap soalnya. Jadi kalian akan tahu cara menjawab soal tersebut dengan tepat.

Di Ruangbelajar, tersedia beragam materi video konten telah dipersiapkan oleh mentor-mentor terpercaya dari Ruangguru, seperti soal dan video pembahasan SNMPTN dari tahun 2014-2018. Ada juga prediksi soal untuk SNMPTN, dan setiap pengguna Ruangguru bisa mengikuti try out online gratis untuk menghadapi SNMPTN!

Cara mendaftar Ruangguru sangat mudah:

  1. Kunjungi website RuangGuru di https://RuangGuru.com.
  2. Klik menu ‘Daftar’ yang terdapat pada pojok kanan.
  3. Pilih daftar sebagai murid.
  4. Masukan data diri secara lengkap.
  5. Ketika sudah terdaftar kalian hanya tinggal memilih paket yang ada pada RuangGuru.

 

536 Views

Author: Wiwin Pratiwanggini

Ibu dari 2 anak laki-laki (Satria & Dimas). Tinggal di Yogyakarta. Suka jalan-jalan. Suka membaca. Suka menulis. Ngeblog untuk berbagi cerita, berbagi pengalaman, serta berbagi informasi. Bisa dikontak di wiwin_pratiw@yahoo.com (email) atau 08156852076 (WA), insyaallah fast response.

2 thoughts on “Tips Sukses SNMPTN dengan Strategi Jitu

  1. Sayangnya banyak ya Mba anak-anak yang kebingunan memilih jurusan mereka. Karena mereka juga bingung suka atau bakatnya apa? Akhirnya banyak yang masuk kuliah nggak sesuai dengan passion mereka jurusannya. PR aku juga ini untuk menstimulasi anak dan mengarahkan anak untuk mencari apa yang ia sukai / minatnya biar gampang nanti ngarahin ke depannya. Untung sekarang ada ruang guru juga ya. Jadi bisa ikut membantu anak belajar

    1. Bener, mba Yeni, kebanyakan pada asal kuliah, yang penting lulus SMA tidak nganggur hehehe.. Karena tidak paham dengan minat dan bakat, akhirnya milih jurusan yang masuknya gampang, syukur-syukur lulusnya juga tidak sulit. Ada juga yang kuliah karena mengikuti keinginan orang tuanya padahal jelas-jelas dia tidak suka dengan jurusan yang diambil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *