Perlukah Seorang Blogger Memiliki Facebook Page?

Selama ini saya masih belum mantap mengenai perlukah seorang blogger memiliki Facebook Page? Sejujurnya saya memiliki Facebook Page, namun sudah sekitar 3 tahun terakhir ini tidak saya urusi. Jujur aja, saya pribadi memang tidak pernah bisa konsisten untuk mengupdate akun-akun media sosial saya. Yang Facebook Profile aja seringkali gak sempat update status, apalah jika ditambah dengan Facebook Page. Namun, sharing dari Nunu Amir di Facebook Group Ibu-Ibu Doyan Nulis pada hari Selasa 4 Februari 2020 kemarin cukup membuat saya gelisah. Iya, gelisah untuk segera menyediakan waktu buat mengelola Facebook Page lagi. Materi sharing dan diskusi tersebut saya share disini sebagai arsip saya. Namun jika Anda juga bisa mendapatkan manfaat, saya turut bersyukur.

Facebook Fanpage atau Facebook Page adalah salah satu fitur yang disediakan oleh Facebook. Fitur ini berupa halaman khusus yang menyediakan beragam informasi sesuai dengan ketertarikan atau keinginan pemilik, mulai dari perusahaan, pendidikan, layanan, produk, artis, brand, atau public figure, komunitas, dan lain-lain.

Jeff Goins, seorang Blogger & Writer pernah berkata,“If you’re a blogger, you should have a Facebook Page — it’s a great way to get your content out to a larger audience and engage with new people.” Jadi, jika Anda adalah seorang blogger, Anda harus memiliki sebuah akun Facebook Page. Karena Facebook Page adalah cara yang bagus untuk membuat konten mendapatkan jangkauan pengunjung yang lebih luas dan bisa mendapatkan pengunjung baru.

Dengan memiliki Facebook Page maka seorang Blogger akan terbantu untuk menaikkan trafik blog.

Keuntungan Facebook Page bagi Seorang Blogger

Keuntungan lain dari memiliki Facebook Page antara lain:

1. Memisahkan antara akun Facebook untuk bisnis dan akun personal

Blog yang kita miliki bisa dianggap sebagai bisnis kita. Kebayang dong campur aduknya jika akun Facebook personal kita bergabung dengan status alay nan lebay, foto-foto selfie yang narsis, promosi jualan, share postingan, dan lain-lain. Jadi agar supaya lebih rapi dan terkesan profesional, buat Facebook Page saja khusus untuk blog.

2. Bisa memiliki jumlah fans yang tidak terbatas

Berbeda dengan akun Facebook personal dimana jumlah pertemanan dibatasi sampai dengan 5000 orang, dengan Facebook Page kita bisa mengumpulkan fans/follower sebanyak-banyaknya. No limit!

3. Content Sharing

Lebih dari setengah konten yang dishare di dunia maya adalah merupakan hasil share via Facebook. Jika memiliki Facebook Page, bisa digunakan sebagai wadah untuk mempromosikan postingan/konten blog terbaru. Selain itu kita bisa mendorong/mengajak fans untuk share konten tersebut ke teman-teman mereka. Yeay, trafik blog naik!

4. Bisa terindeks oleh search engine

Facebook Page sudah terindeks atau terdaftar dalam search engine. Dengan demikian memiliki Facebook Page akan lebih mudah ditemukan dalam search engine oleh calon pengunjung. Bagi yang pusing dengan SEO, Facebook Page adalah satu cara agar konten kita bisa terindeks di search engine.

5. Membangun Branding

Facebook Page bisa digunakan untuk membangun personal branding kita sebagai seorang Blogger. Selain share konten, kita bisa share status berfaedah dan berinteraksi dengan fans. Dengan Facebook Page pula kita bisa mengarahkan pengunjung organik ke blog kita, alias pengunjung bukan robot.

Tanya Jawab

Tanya:
Saya sudah punya FP sih. Tapi gimana mengoptimalkannya ya? Yang mengikuti FP saya masih 100an hahaha. Trus engagement-nya juga dikit banget.

Jawab:
Cara agar mendapatkan Likers:
1. Bisa dengan mengundang teman-teman di FB untuk like fanpage.
2. Bikin giveaway yang salah satu syaratnya harus like fanpage kita.
3. Pake FB Ads.

Tanya:
Saya sudah bikin tapi nggak ngerti cara mengoptimalkannya.

Jawab:
Caranya biar lebih optimal, tiap selesai bikin konten di-share juga di fanpage.
Berinteraksi dengan likers.

Tanya:
Sudah punya tapi buat olshop, apa harus buat khusus untuk blog?

Jawab:
Iya mba, sebaiknya bikin fanpage khusus untuk blog juga. Biar lebih rapi, ga nyampur dengan postingan bisnis dan personal. Kalau untuk olshop pastikan targetnya beda dengan blog, jadi ketika nanti mau pake FB ads targetnya bisa tepat.

Tanya:
Apakah nama fanpage harus sama dengan nama blog kita, kak Nunu? Bagaimana jika alamat blognya pakai nama pribadi?

Jawab:
Sebaiknya disamakan, mba. Tips untuk membangun personal branding, semua akun medsos yang kita miliki baik itu FB, IG, Twitter, blog, fanpage, dll, nama akunnya disamakan.

Tips-tips dalam Mengelola Facebook Page

  1. Shirei Shou:
    Aku cuma share tutorial aja tiap hari. Lebih enak dari instagram atau wattpad. Pokoknya sehari sekali. Udah itu aja sih. Lama-lama rame sendiri tanpa ads.
  2. Lusi Tris:
    (1) FP bisa buat scheduling IG di creator studio facebook. Memang belum bisa swipe, tapi lumayan buat yang mengelola akun bisnis biar ada postingan rutin.
    (2) Semua blogku aku link ke FP biar kalau ada artikel baru langsung muncul di FP.
  3. Alaika Fithria Abdullah:
    Salah satu tips yang diberikan coach saya dalam mengoptimalkan dan juga memperkenalkan fan page kita adalah dengan sering go live via fan page, lalu watch party (live) tersebut via facebook profile kita.

Nah, setelah menyimak sharing ini, maka pertanyaan perlukah seorang Blogger memiliki Facebook Page sudah terjawab ya 🙂