Selamat Hari Blogger Nasional, Semangat Berbagi Lewat Blog

hari blogger nasional

Tanggal 27 Oktober diperingati sebagai Hari Blogger Nasional. Tidak afdhol rasanya kalo hari ini saya tidak update blog. Hehehe.., mengaku blogger ya harus update blog dong saat peringatan hari besarnya 😀

Menurut sejarah, Hari Blogger Nasional yang jatuh pada tanggal 27 Oktober ini pertama kali dicanangkan oleh Menkominfo RI, Muhammad Nuh, pada tanggal 27 Oktober 2007 yang dimeriahkan dengan acara Pesta Blogger.

Tahun 2007 adalah awal-awal saya serius ngeblog menggunakan domain name ber-TLD. Ya yang saya pakai ini yaitu pratiwanggini.net.  Jujur aja, saat itu saya belum begitu paham dengan dunia komunitas blogger sehingga saya tidak tahu menahu tentang Pesta Blogger tersebut.

Apa sih blog?

Menurut Wikipedia, blog merupakan singkatan dari web log yaitu suatu aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini sering kali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian.

Kalo saya runut ke belakang, sebenarnya saya sudah mengenal blog sejak tahun 90-an. Kalau tidak salah, dulu istilahnya personal homepage. Saya mengenalnya lewat tripod.com. Seingat saya, untuk membuat personal homepage disana saya harus menggunakan bahasa html. Jadi bener-bener memprogram sendiri.

Sayangnya saya kehilangan link profil saya yang pernah saya bikin di website tersebut. Lagipula saya kemudian lama vakum karena sibuk kuliah sambil kerja.

Baru deh pada bulan Juli 2006 saya mengenal blogger.com. Nah, saya mulai lagi membuat blog gratisan disitu. Saya membuat blog pribadi yang isinya hanya cruhatan, semacam diary digital. Saya juga membuat blog untuk doorway bisnis online saya yang berisi tentang tips-tips kecantikan dan bisnis. Kebetulan pada tahun 2007 saya mulai berbisnis online.

Bersamaan dengan itu, saya juga mengenal wordpress.com. Disini saya juga belajar membuat blog gratisan di WordPress. Salah satu blog disana yang masih aktif hingga hari ini adalah blog anak pertama saya.

Dari pertama kali ngeblog hingga hari ini, semua saya kerjakan sendiri. Saya setup dari awal sendiri. Saya dekorasi sendiri. Saya utak-atik sendiri. Saat itu saya belajar manfaat blog untuk bisnis dari d’BC Network yang sekarang sudah almarhum. Selain itu saya juga belajar HTML melalui ebook Panduan Dasar Membuat Website yang dibuat oleh Dini Shanti.

Setelah mengenal platform Blogger atau Blogspot dan platform WordPress, saya kemudian mengenal Multiply. Disana saya membuat blog yang saya gunakan sebagai doorway untuk bisnis online saya. Alhamdulillah saya mendapatkan banyak mitra bisnis dari blog tersebut.

Sayangnya beberapa waktu kemudian Multiply dinyatakan tutup. Kalau tidak salah, Multiply menutup platformnya sejak kemunculan Facebook.

Lalu apa yang saya lakukan setelah Multiply dinyatakan tutup?

hari blogger nasional

Mulai Oktober 2007 saya membeli domain name dan menyewa webhosting untuk membuat blog. Saya sekaligus membuat blog personal dan blog bisnis. Blog personal masih aktif hingga saat ini. Sedangkan blog bisnis sudah saya nyatakan ditutup per Juni 2020 kemarin.

Blog personal yang seringkali on off karena jarang diupdate isinya ini kemudian pelah-pelan bisa menghasilkan rupiah sejak tahun 2016. Saya lupa tepatnya kapan saya mulai menerima sponsored post. Namun satu yang tidak akan terlupa adalah saat pertama kali mendapat undangan event offline-nya GoJek dan Arisan Mapan pada bulan Desember 2016.

Selanjutnya saya menerima aneka macam bentuk kerjasama dalam rangka monetisasi blog dan social media. Dan satu kontrak kerjasama yang terlama adalah dengan Qwords sebagai freelance blogger yaitu selama bulan April hingga September 2019.

Saya sangat bersyukur Allah SWT menuntun jalan saya bertemu dengan dunia blogging. Saya yang secara fisik memiliki mobilitas yang sangat rendah, alhamdulillah bisa berkarya melalui dunia digital.

Memang pada awalnya blog hanya menjadi ajang curhat saya secara online. Namun  karena saya tidak malas untuk belajar, maka saya kemudian menggunakan blog sebagai sarana saya untuk berbagi informasi serta berbagi ilmu. Anggap saja blog sebagai ladang saya mengumpulkan amal jariyah.

Semoga dengan semangat Hari Blogger Nasional 2020 ini, yang diperingati satu hari sebelum Hari Sumpah Pemuda, membuat saya terus bersemangat untuk ngeblog. Membuat saya terus memiliki semangat berbagi dengan sesama melalui tulisan di blog.

Oiya, berkat ngeblog juga saya sudah berhasil menelurkan 2 buah buku antologi bersama teman-teman blogger. Buku pertama terbit pada awal tahun 2019 dengan judul “Ngeblog Seru Ala Ibu-Ibu“. Buku kedua terbit pada bulan Agustus 2020 dengan judul “Gado-Gado Blogger“.

Yes, blogging is my way to be useful to others! Bagaimana dengan teman-teman? Sharing yuk di komentar… 🙂

 

Related Posts:

15 thoughts on “Selamat Hari Blogger Nasional, Semangat Berbagi Lewat Blog”

  1. Selamat hari blogger nasional, semoga blogger di Indonesia tetap selalu berkarya dan menulis. Berkat dari blog saya menang lomba menulis blog ASIAN GAMES 2018 mewakili provinsi saya, karena itu penghargaan tertinggi saya yg tidak pernah saya lupakan

  2. Yeayy… selamat hari Blogger Nasional juga kak…
    Walau saya newbie dan baru serius ngeblog 2019, tapi rasanya blog jadi sarana yang sangat menyenangkan dan bermanfaat untuk saya. Keren kakak tuh udah lama sekali ngeblog. Pasti lebih terasa menjiwai ya tanggal 27 Oktober kemarin. Hihi

  3. Selamat hari blogger juga kak, aku 2 tahun ini banyak kisah suka dan duka menjadi blogger. Suka dand uka juga ngikut2 lomba, Alhamdulillah di titik sekarang ada sedikit penghasilan tambahan dari dunia blog. Maju terus blogger!

  4. Selamat hari blogger yaaa mba Pratiwi. Moga2 kita selalu konsisten menulis dan berprestasi. Hari Blogger ini sebagai refleksi kita moga blog kita lebih faedah kedepannya.

  5. Selamat Hari Bloger Nasional Mbak. Aku ya dulu sempat di Multiply, terus boyong ke blogspot. Semakin ngeblog, semakin harus banyak belajar menurutku. Seru aja sih…

  6. Wah mbak Wiwin perjalanannya jadi blogger udah lama juga ya. Aku juga pernah punya akun multiply, seru banget tuh ngeblog via multiply. Sayang udah ditutup ya. Untungnya tulisan2nya sudah kuselamatkan dan kupindah ke blog yang sekarang.

    Btw, happy blogger’s day mbak. Keep blogging & sharing.

  7. Blog buat curhat, hehehe. Itu awalnya. Meskipun sekarang juga masih sering curhat di blog, tapi udah nggak separah dulu sih. Sekarang mah curhatnya nyelip-nyelip di berbagai artikel, jadi nggak full curhat. Misal lagi bikin review atau SP, ya biasanya nyelip curhat, kekek, tetep. Blog udah kasih banyak kesempatan dan materi buat saya. Pokoknya saya merasakan banyak manfaat positif dari blog.

  8. Selamat hari blogger nasional mbak Wiwin…! Alhamdulillah Dewi ikut bangga bisa saling mengenal lewat tulisan mbak Wiwin dan juga para blogger seluruh tanah air. Kita satu buku ya mbak Wiwin di gado-gado blogger:) Salam semangat terus menginspirasi.

  9. Mba keren sekali. Banyak sudah kesempatan yang didapatkan dari ngeblog selama ini. Sebagai yang baru mulai serius ngeblog, saya jadi terpantik nih semangatnya setelah baca tulisan Mba. Terima kasih banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *