Skip to content

Rekomendasi Bengkel untuk Servis Motor Matic

Rekomendasi Bengkel untuk Servis Motor Matic – Dulu aku tidak pernah membayangkan akan memiliki motor matic. Kenapa? Aku sih memang tidak bisa mengendarai motor, tetapi suamiku tidak suka dengan motor matic. Dia lebih memilih motor manual atau koplingan. Begitu si kakak menginjak bangku SMA, aku kepikiran untuk punya satu motor lagi. Alhamdulillah malah dapat warisan motor matic dari kakeknya, sehingga tidak perlu membeli motor lagi. Bersyukur si kakak mau menggunakan motor matic tersebut. Hanya saja aku harus rajin mengingatkan si kakak agar melakukan perawatan rutin untuk motor tersebut, terutama penggantian oli, jangan sampai terlambat.

Manfaat Perawatan Rutin Motor Matic

Meskipun tak bisa mengendarai motor tetapi di rumah tuh justru aku yang paling cerewet soal perawatan motor. Aku hanya tak ingin pada akhirnya motor harus turun mesin. Butuh biaya tidak sedikit itu ‘kan… Makanya mending melakukan perawatan rutin. Lagipula banyak loh manfaat dari perawatan rutin motor matic, antara lain:

  1. Menjaga performa. Dengan perawatan rutin, gejala permasalahan bisa dideteksi sejak dini sehingga menurunkan risiko kerusakan parah. Pun sepeda motor akan lebih awet.
  2. Hemat biaya. Karena sudah terbiasa servis rutin sehingga komponen-komponennya masih terjaga, tidak perlu gonta-ganti, dengan demikian mengirit biaya.
  3. Komponen motor terawat. Sehingga bisa berfungsi dengan baik dan optimal serta memiliki usia lebih panjang.
  4. Nyaman saat berkendara. Perjalanan lancar tanpa risiko karena semua komponen berfungsi dengan baik dan optimal.
  5. Lebih irit bahan bakar. Penggunaan bahan bakar menjadi lebih efisien karena seluruh komponen dan mesin bekerja dengan baik sehingga pembakaran pada sepeda motor menjadi sempurna.
  6. Usia pakai menjadi lebih panjang. Ibarat manusia, motor yang dirawat dengan rutin juga akan terjaga kesehatannya sehingga umurnya bisa lebih panjang.
  7. Daya jual tinggi. Orang membeli sepeda motor biasanya melihat pada bodi dan performa. Motor yang terawat pasti deh bodinya tetap elegan dan performanya tak perlu diragukan lagi.

Sepeda motor memang hanya benda mati. Tetapi karena kita menggunakannya sebagai alat transportasi sehari-hari, alangkah lebih baiknya diperlakukan secara manusiawi juga. Tentunya dengan perawatan rutin.

8 Bagian yang Wajib Dicek Saat Servis Motor

Meskipun tidak paham dengan mesin kendaraan bermotor, tetapi alangkah baiknya sebagai pemilik kendaraan bermotor kita tuh tahu apa saja yang wajib dicek saat servis motor. Sekali waktu gak ada salahnya ‘kan nemenin si kakak ke bengkel sambil memperhatikan tukang bengkelnya menyervis motor.

Berikut ini 8 bagian yang harus diservis pada motor, yaitu:

  1. Oli Mesin
    Setelah menempuh jarak tertentu, oli mesin harus diganti. Biasanya sih setiap mencapai jarak 2500 km. Oli mesin ini penting karena berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin.
    Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km atau 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

    oli motor matic
    Oli motor matic untuk kapasitas mesin motor 125 CC (sumber: planetban.com)
  2. Oli Gardan
    Setiap 2x ganti oli mesin, maka dibarengi dengan 1x ganti oli gardan. Ternyata motor matic wajib rutin ganti oli gardan. Fungsi oli gardan adalah untuk melumasi gear yang ada di CVT (Continuously Variable Transmission).
  3. Busi
    Jika busi tidak berfungsi dengan baik, maka bisa menyebabkan motor sulit dinyalakan. Fungsi busi pada motor adalah untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala.
  4. Kampas Rem
    Rem adalah salah satu komponen pada motor yang besar pengaruhnya pada keselamatan. Jika kampas rem sudah tipis, rem menjadi kurang pakem, dan bisa menyebabkan bahaya kecelakaan. Oleh karena itu saat servis motor, kampas rem harus dicek.
  5. Filter Udara
    Bagian ini berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar jangan sampai ada kotoran yang masuk yang kemudian menyumbat sistem injeksi dan karburator. Filter udara masih bisa dibersihkan atau harus diganti, biasanya akan dicek terlebih dahulu oleh mekanik.
  6. Aki / Accu
    Kondisi aki yang sudah tidak layak harus segera diganti. Tegangan aki idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Jika mesin menyala berada pada 13,7-14,2 Volt. Jika tegangan aki tak sesuai kondisi ideal tersebut, mau tidak mau mekanik harus melakukan pemeriksaan detail.
  7. Ban
    Sebelum motor jalan, biasanya kita akan memeriksa kondisi ban terlebih dulu, apakah kempes atau tidak. Namun pada saat servis motor, mekanik akan memfokuskan pemeriksaan pada tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan (gundul atau tidak), dan sebagainya.
  8. Tune Up Motor Rutin
    Adalah servis rutin yang meliputi pemeriksaan komponen yang berkaitan dengan performa sepeda motor secara keseluruhan. Pemeriksaan ini biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu. membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson.
    Adakalanya tune up disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Karena ini menyangkut biaya, biasanya mekanik akan menginformasikannya terlebih dahulu. Kalau kita setuju, baru mekanik melakukan perbaikan.

Rekomendasi Bengkel untuk Servis Motor Matic

Pesanku beberapa hari yang lalu, “Mas, jangan lupa lho ganti oli motor matic secara rutin, Ibu gak mau kalau tiba-tiba harus turun mesin.” Lalu si kakak menjawab, “Iya, Bu, aku sudah rencana mau ke Planet Ban dekat kampus, sekalian mbenerin beberapa bagian yang lain.”

Yap, sekarang ada banyak banget bengkel untuk servis motor matic. Namun pastinya aku akan mencari bengkel yang bagus. Nah, salah satu yang recommended adalah Planet Ban. Di daerahku, Daerah Istimewa Yogyakarta, ada banyak cabangnya. Alhamdulillah di dekat kampus si kakak ada, tidak jauh dari tempat kerjaku juga ada.

servis motor matic
Planet Ban Jl. AM Sangaji Karangwaru (foto koleksi pribadi)

Yang aku tahu Planet Ban ini menggunakan sistem servis terpadu. Tujuan dari sistem ini adalah untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat. Fokus pemeriksaan dan perbaikan adalah pada bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis (jarang dicek / jarang disetel rutin).

Keuntungan servis motor di Planet Ban, antara lain:

  • Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Dengan demikian, mesin menjadi lebih awet atau jarang rusak.
  • Jika dipadukan dengan penggunaan suku cadang asli, maka pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng.
  • Ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000 km (antara 4-6 bulan sekali), sehingga tidak perlu sering ke bengkel, biaya menjadi lebih hemat.
  • Turut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.

Bedanya Servis Motor di Planet Ban dengan di Tempat Lain

Kenapa sih rekomendasinya kok Planet Ban? Bukan yang lain? Jika servis di tempat lain, biasanya masih banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Bahkan sering pula ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat.

Pengalaman melakukan servis motor rutin di Planet Ban, seluruh bagian mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru. 

Servis motor di Planet Ban bikin motor kita seperti punya mesin baru. Tarikan menjadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin menjadi bersih total.

Servis motor yang lengkap begini apakah bayarnya mahal? Alhamdulillah tidak. Harganya sangat terjangkau. Untuk servis motor injeksi hanya Rp 20.000, servis CVT sekaligus rantainya Rp 19.500, bahkan servis throttle body juga hanya Rp 20.000.

Yuk, cek-cek lagi, motornya sudah diservis atau belum nih?

 

16 thoughts on “Rekomendasi Bengkel untuk Servis Motor Matic”

  1. Planet Ban terkenal dengan pelayanan yang maksimal. Gak heran saat keluar dari pengecekan, kondisi motor gak hanya mulus, tapi juga wangi, kinclong bebas debu. Makanya cek kendaraan di planet ban jadi favorit banyak orang

  2. Nggak paham dunia otomotif gini soalnya ngga bisa bawa motor wkwkwkwk. Tapiii, setelah baca artikel ini aku jadi bisa ‘sotoy’ ngejawab nih kalau ada yang nanya tempat servis motor yang bagus di mana. Hahahahaha.

  3. Wah kalau urusan servis biasanya yang rajin suamiku, aku bisanya juga pake wkwkwk, kebetulan suamiku rutin servis di Planet Ban juga bahkan kalau urusan beli ban baru pasti ke sini, pelayanan dan harganya top banget.

  4. Nah inii penting banget apalagi banyak meme di medsos bilang kalau cewek cuma bisa pake doang ga pernah mau servis wkwk. Padahal motor matic juga harus rajin servis buat cek seperti oli mesin, kampas rem, aki, busi dkk. Untung Planet Ban deket ama rumahku, bisa makin rajin servis motor nih.

  5. Bersyukur Pak Suami selalu rajin untuk urusan yang satu ini. Saya kebetulan kebagian penggunanya saja Mbak hehehe. Padahal paham tentang seluk beluk kendaraan juga perlu ya untuk wanita. Oiya, dulu saya pikir Planet Ban itu khusus untuk segala macam yang berhubungan dengan ban, ternyata bengkel lengkap dan terpadu ya.

  6. Kebalikannya Mba…saya malah lebih suka pakai motor matic karena lebih praktis enggak usah banyak mikir mindahin gigi wkwkwk. Yang paling penting dan mendasar untuk perawatan motor matic adalah mengganti oli dengan teratur

  7. Sama Mbak , saya juga paling cerewet kalau urusan perawatan motor hihi…Apalagi ini motor matic, kadang ke skip apa aja yang perlu kita cek. Syukurnya kini bisa service motor di Planet Ban yang bikin motor seperti punya mesin baru.

  8. Motor matic perawatannya lebih njlimet ya kak, kalau telat service ganti oli ada aja masalahnya ,,..sesuai emang harus disiplin sih ya dalam servicenya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *