Ngumpulin Uang Koin

koin

Setiap kali melihat uang receh (koin) di dalam rumah selalu saya ambil dan simpan di dalam tempat khusus, semacam celengan gitu. Mungkin bagi sebagian orang satu dua koin itu tidak ada harganya, dalam arti dapat apa sih kalo dibelikan sesuatu :-). Tapi bagi saya, itu sangat berharga.

Satu dua koin dikumpulin lama-lama jadi banyak juga lhoo.. Kemarin karena ada sesuatu hal, akhirnya saya relakan koin-koin tersebut ditukarkan uang kertas. Dari pecahan 100, 200, 500, dan 1000, alhamdulillah total terkumpul Rp 506.000,- (lima ratus enam ribu rupiah). Alhamdulillah. Jumlah yang fantastis ‘kan yaa…

Saya sih lupa sejak kapan ngumpulin. Tapi saya selalu wanti-wanti ke suami dan anak untuk tidak membuang uang koin walo cuma satu biji. Oiya saya ga pake lama ngitung uang koin tadi karena sejak awal menyimpannya sudah saya pisah-pisahkan. Koin 100-an sendiri, koin 200-an sendiri, koin 500-an sendiri, demikian juga koin 1000-an.

Oiya, ternyata menukarkan uang koin menjadi uang kertas itu tidak perlu jauh-jauh ke Bank Indonesia lhoo.. Banyak koq toko-toko dan lain-lain yang mau menerima uang koin. Kemarin uang koin saya tukarkan di Toko Swalayan Gading Mas Soropadan. Tentu saja hari sebelumnya saya sudah nanya dulu apakah mereka menerima uang koin ditukar menjadi uang kertas.

Satu tips dari saya nih supaya proses penukaran uang tidak perlu waktu lama, sejak dari rumah kita harus sudah menghitung dulu uangnya, memilah-milahnya, dan menempatkannya di dalam tempat tertentu dengan jumlah tertentu. Dengan demikian, di tempat penukaran mereka tidak perlu lagi menghitung dari awal.

Nahhh.. karena yang Rp 506.000 sudah berubah jadi kertas, maka sekarang semangat ngumpulin koin-koin lagi 🙂

487 Views

Author: Wiwin Pratiwanggini

Ibu dari 2 anak laki-laki (Satria & Dimas). Tinggal di Yogyakarta. Suka jalan-jalan. Suka membaca. Suka menulis. Ngeblog untuk berbagi cerita, berbagi pengalaman, serta berbagi informasi. Bisa dikontak di wiwin_pratiw@yahoo.com (email) atau 08156852076 (WA), insyaallah fast response.

44 thoughts on “Ngumpulin Uang Koin

  1. permisi mbak,
    kalau boleh uang recehnya ditukerkan ke saya saja karena saya selalu kesulitan mencari uang receh. kalau memungkinkan uangnya bisa saya ambil ke rumah mbak.terimakasih

      1. mas anzdi…. boleeh donk koin 500 yg kuningan, mas punya berapa keping.. saya se butuh senilai 300rb berarti 600 keping…

  2. saya punya uang logam 1000 ADA 200 keping,tapi dari kemarin mau nuker ke bank tuh susah mulu,pertama nuker ke Mandiri n cimb niaga harus minimal 500rbu,ke BRI ktax setokx mash bnyk,,nuker kmn lgi ni?

  3. Saya punya banyak uang receh tp bingung mau nuker kemana,di warung2 ga ada yg mau,diswalayan jg gak mau, ke bank apalagi..
    Ada yang mau nuker gak..?.

    1. mba Rini, banyak koq toko-toko yang mau nuker duit receh/koin. Antara lain Citrouli dan Gading Mas (jika Anda di kota Yogyakarta). Tapi sebelum nuker sebaiknya mba Rini konfirmasi dulu apakah mereka mau nuker uang koin. Saya dulu begitu, nanya dulu, setelah OK barulah duitnya saya bawa kesana dalam keadaan sudah terhitung dan rapi. Selamat menukarkan uang ya !! 🙂

  4. Mas mbak lg butuh ni..klo ad yg punya uang koin rp 100 sy minta tolong tukar sbyk 300rb yg kondisinya bagus.. Hub 085746358688

  5. saya lg butuh banget uang receh logam… ada yg punya dlm jumlah banyak??

    089678645085 no saya ya…

    serius nih…

    trims sebelumnya.. 🙂

  6. aku mau donk sis kalau ada uang kecil…
    aku butuh buat kembalian.. kl ada yg mau nukerin jadi duit gede, sms aja ya ke 0816887452

    Thank u smuanyaaa… :*

  7. Saya punya banyak koin 500an. Mungkin ada lebih dr sejuta. Bagi yg berminat untuk tukar dgn uang kertas, bs hubungi saya via line evayunitas. Domisili jakarta selatan 🙂

  8. Bagi yang butuh uang koin, saya banyak nominal 500 dan 1000 total ada 760ribu, yang berminat bisa menukarkan di jakarta timur, no telpon 087786465281. Terima kasih!

  9. saya punya uang logam 500an dan 1000an yg sebanyak 300rb. Barangkali ada yang minat bwt tukar, lokasi tangerang
    hubungi 085725335886

  10. boleh nih sya tukar uang koinnya… lokasi sya di jogja.
    kalau ada uang koin banyak bisa kontak sya di 08562584480.
    karna buat kembalian di warung jadi rutin sya cari uang koin.

  11. Saya mengumpulkan uang koin selama lebih kurang 6 tahun. Alhamdulillah, terkumpul sebanyak 2,5 juta rupiah. Karena harus pindah ke kota lain, terpaksa saya harus menukarkannya.

    1. Saya butuh uang koinnya mas,masih bisa?saya butuh uang koin rutin,mungkin ada yang bisa bantu,terima kasih

      1. Saya punya uang koin 100,200,500,1000an total 250rb. Posisi bandung, yg bisa tuker ke uang kertas kabarin ya ke 087822589933. Makasih

  12. Saya jg punya banyak koin mulai 100,200,500 dan 1000. Kl di BI apakah hrs ke BI pusat sana ya? Atau ada bank lain yg mau terima?

  13. Saya punyak banyak koin mulai dri 100,200,500,1000 kalau ada yang berminat menukarkan uang kertas bisa langsung hub: 082231007187 lokasi: surabaya

  14. Buat Saudara-saudari yang punya uang koin 100 an yang masih bagus (kinclong) saya mau tuker, butuh skitar 1.500 koin (kalaupun cuma ada 300_500 tidak apa2). dari kemaren saya muter2 ke bank2 masih belum dapet. klu ada yang punya silhakn hubungi nmer saya 085649578683. klu bisa yang berdomisili (bertempat tinggal) di Jogja. thanks

  15. Bu wiwin..ass…sya tukar uang receh koinnya cari 500 dan 1000 … lokasi saya di jakarta..
    Sy kontak sya di 081284624891
    karna buat kembalian di warung fotocopy jadi rutin sya cari uang koin…thanks..

  16. Yang punya receh Rp. 500 (logam) dan Rp. 1.000 (logam maupun kertas) saya butuh sekali rutin setiap bulan untuk kembalian di toko makanan saya lokasi jakarta timur…yang ada bisa hub saya di wa 087887023297. Thanks sebelumnya

    1. Masih ada yg tukeran koin gak? Kayak 100, 200, 500, dan 1.000. Kalau ada bisa hubungi saya 089612243869. Soalnya lg butuh bnget nih. Saya dijakarta

  17. ada yang punya uang receh koin banyak dan mau di tukarkan? hubungi saya . wilayah jakarta . nnti akan saya datangi . kontak kesini wa . 082113912484

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *