Yuk, Bantu Meringankan Penderitaan Mereka dengan Galang Dana Online melalui Peduli Sehat!

galang dana online

– Masih banyak penderita penyakit kritis yang tidak tercover melalui BPJS atau JKN-KIS. Peduli Sehat hadir dengan program galang dana online untuk kesehatan. –

Meskipun sudah dicanangkan program jaminan kesehatan nasional untuk seluruh lapisan masyarakat Indonesia, dari yang harus membayar premi bulanan hingga yang gratis, namun ternyata di sekitar kita masih banyak orang yang tidak bisa menikmati program tersebut. Biasanya ini terjadi karena penyakit mereka tidak dicover oleh program ini. Padahal biaya yang dibutuhkan sangat besar. Sedihnya saya adalah karena saya tidak bisa sendirian membantu mereka. Nah, karena saya berkecimpung di dunia online, yang terlintas di pikiran saya adalah gimana caranya saya bisa galang dana online bersama teman-teman agar bisa membantu mereka.

Saya adalah seorang ibu, saya adalah orang tua bagi anak-anak. Jangan pernah tanyakan gimana caranya saya menjaga anak-anak sejak masih dalam kandungan hingga usianya di hari ini agar baik-baik saja, sehat senantiasa, tidak kekurangan suatu apapun. Pasti demikian juga yang dilakukan oleh ibu-ibu yang lain. Namun, yang namanya kehendak Tuhan, siapa yang mampu melawan. Ketika sesuatu khususnya masalah kesehatan harus terjadi pada anak kita, pada akhirnya kita hanya bisa bersabar sambil mencari solusi. Sedih dan putus asa seringkali muncul ketika mendengar informasi bahwa biaya pengobatannya sangat besar. Puluhan juta hingga ratusan juta. Sekali lagi, saya membayangkan jika program galang dana online terwujud, pasti mereka-mereka akan cepat terbantu dan bisa kembali tersenyum.

Kenapa sih dari tadi saya menyebut tentang galang dana online? Flashback sebentar yaa.. Masih ingat ‘kan masa-masa dimana kalo mencari donasi kita musti mendatangi instansi-instansi atau orang-orang kaya secara satu per satu dari pintu ke pintu sambil membawa proposal tertulis? Atau bahkan bawa-bawa kotak amal di perempatan-perempatan jalan. Apakah sekarang juga mau melakukan cara itu? No.. no.. no. Sudah capek-capek, belum tentu mendapatkan hasil pula 😀 . Jaman sudah berubah. Jaman sekarang dimana segalanya bisa dilakukan secara online, rasanya bukan hal yang sulit juga untuk membantu orang lain pun secara online.

Alhamdulillah apa yang terlintas di pikiran saya tersebut terjawab sudah. Bersyukur saya mendapat informasi tentang program kampanye galang dana online di situs www.pedulisehat.id yang ternyata juga menyediakan aplikasinya di Android yaitu aplikasi “Peduli Sehat”. Jangan khawatir adanya penipuan, karena platform layanan untuk galang dana melalui website (www.pedulisehat.id) dan aplikasi Android (“Peduli Sehat”) ini dimiliki, dikembangkan dan dikelola oleh PT Peduli Sehat Gotongroyong (“PT Peduli Sehat”) untuk Yayasan Peduli Sehat Gotongroyong. PT Peduli Sehat tercatat di Kemenkumham dengan nomor registrasi: No. AHU-0033383.AH.01.01 Tahun 2018 dan Ijin Penyelenggaraan Sistem Elektronik dari Kominfo: No 01204 / DJAI.PSE / 10/2018.

Peduli Sehat hadir sebagai wadah yang menawarkan layanan penggalangan dana kesehatan dan menyebarkan penggalangan dana melalui media sosial. Berfokus pada pasien yang menderita penyakit kronis yang tidak memiliki cukup dana untuk perawatan, berobat, juga bertahan hidup, dikarenakan masih terdapat biaya lainnya (biaya obat, biaya susu khusus untuk pasien bayi dan balita, alat medis penunjang kesehatan) yang tidak dapat dibiayai melalui program kartu BPJS (Badan Penyelenggara jaminan Sosial) atau JKN (Jaminan Kesehatan Nasional).

Sekali lagi, Peduli Sehat yang baru berdiri pada tahun 2019 ini adalah platform donasi yang khusus membantu mengumpulkan dana untuk penderita penyakit serius atau kritis tetapi tidak memiliki cukup dana. Dana yang terkumpul ini nantinya tidak hanya untuk perawatan tetapi juga bisa untuk pengobatan dan bertahan hidup.

Jadi, melalui Peduli Sehat ini, donasi kesehatan yang diberikan diharapkan bisa mengcover semua kebutuhan pasien. Dengan demikian akan meringankan beban keluarga dalam rangka mengusahakan kesembuhan si pasien. Tentu saja program ini selaras dengan visi Peduli Sehat yaitu memperlengkapi setiap keluarga dengan keberanian dan kekuatan dalam menghadapi berbagai penyakit.

galang dana online
Tampilan di mobile website (kiri) dan di aplikasi Android (kanan)

Selanjutnya untuk menjalankan misi Peduli Sehat yaitu menjadi perusahaan berbasis teknologi dengan kesadaran tertinggi perihal tanggung jawab sosial, maka dibentuklah pedulisehat.id yang bisa diakses melalui website dan aplikasi yang tersedia di Google Play Store. O iya dalam waktu dekat juga bisa diakses melalui aplikasi yang akan tersedia di iOS (Apple App Store). Hanya dengan menggunakan satu login aja kita bisa masuk ke semua platform.

Website dan aplikasi Peduli Sehat ini dirancang untuk mengumpulkan donasi kesehatan secara online, realtime dan transparan. Dan karena dibangun secara online maka memungkinkan sekali bagi para donatur dari berbagai profesi di seluruh Indonesia untuk bisa turut berperan serta dalam program galang dana online ini. Saya yakin di luar sana banyak para profesional yang bersedia menjadi donatur. Mereka pasti sangat ingin membantu masalah finansial para penderita penyakit kritis, namun terhambat karena adanya keterbatasan ruang, jarak dan waktu. Nah, dengan hadirnya aplikasi Peduli Sehat ini saya yakin mereka akan dengan senang hati menyambut program donasi online ini.

Sebagaimana disebutkan dalam Syarat dan Ketentuan, maka Peduli Sehat hanya menyediakan platform atau wadah berupa aplikasi, situs internet dan/atau layanan lainnya berbasis internet yang digunakan untuk transaksi dan/atau memfasilitasi penggalangan dana melalui sistem elektronik (galang dana online). Disinilah penggalang dana bertemu dengan donatur dan penerima dana.

Penggalang Dana adalah individu atau kelompok yang melakukan Penggalangan Dana pada Platform Peduli Sehat dan bertanggung jawab atas pelaksanaan Campaign (kampanye) yang bersangkutan. Donatur adalah individu, kelompok, badan usaha maupun badan hukum yang melakukan pendaftaran di Platform Peduli Sehat untuk mendukung Penggalangan dana dengan cara menyalurkan Dana pada campaign yang ada. Dan Penerima Dana adalah Pihak yang berperan sebagai penerima Penggalangan dana dan telah terdaftar dan terverifikasi oleh Peduli Sehat, dimana pihak ini bisa Penggalang Dana itu sendiri ataupun Individu lain.

Bagaimana caranya mereka bertemu? Tentu saja dengan cara si penggalang dana melakukan kampanye galang dana online dengan menggunakan platform Peduli Sehat ini. Penggalang dana mendeskripsikan kronologi jelas pasien, jenis perawatan dan dana yang dibutuhkan. Kemudian netizen yang melihat kampanye galang dana online ini akan tertarik dan kemudian bergabung menjadi donatur. Di dalam platform ini, donatur akan mendapatkan informasi up to date mengenai perkembangan si penderita. Donatur juga bisa melihat sendiri apabila donasi sudah diterima atau belum.

Pembayaran donasi dari galang dana online Peduli Sehat ini juga mudah. Peduli Sehat menyediakan beberapa rekening bank, antara lain:
1. Bank Sinar Mas
2. Bank BCA
3. Bank BNI, menggunakan Virtual Account
4. Bank Danamon, menggunakan Online Banking dan Virtual Account
5. Bank Mandiri, menggunakan Virtual Account
6. Maybank, menggunakan Virtual Account
7. Bank Permata, menggunakan Virtual Account

Selain melalui transfer bank, donasi juga bisa disalurkan melalui e-wallet yaitu OVO dan Go-PAY. Bisa juga dibayarkan melalui AlfaMart. Satu lagi, donasi juga bisa dilakukan dengan menggunakan OVO Point dan Cashback Gopay. Lumayan ‘kan point OVO bisa bermanfaat untuk kemanusiaan 🙂

galang dana online

galang dana online
Beberapa contoh galang dana online melalui Peduli Sehat

Menurut data per Maret 2019, sudah ada total 500+ kampanye galang dana online di platform Peduli Sehat ini. Dimana yang 100+ kampanye sudah sukses, sedangkan sisanya masih on progress. Dan setiap hari ada 500 donasi yang masuk. Beberapa contoh kampanye galang dana online yang menggunakan Peduli Sehat ini adalah:
1. Bantu Felia agar segera dioperasi dan sembuh dari jantung bocor, target galang gana online Rp 30 juta, sudah terkumpul Rp 24 jutaan.
2. Bantu penyembuhan operasi Lady Grab Ibu Irma, target galang dana online Rp 100 juta, alhamdulillah sudah full terkumpul Rp 100 juta juga.
3. Peduli Desta lawan penyempitan saluran empedu, target galang dana online Rp 50 juta, baru terkumpul Rp 228.000.

Dan masih banyak lagi contoh-contoh kampanye galang dana online untuk penderita-penderita yang lain di Peduli Sehat ini.

Untuk menyebarkan informasi seputar galang dana online, Peduli Sehat juga menggunakan social media. Dengan demikian Peduli Sehat bisa melakukan komunikasi secara aktif dengan para netizen. Akun-akun social media yang dimiliki oleh Peduli Sehat yaitu:
1. LINE @pedulisehat.id dengan 15K followers*
2. INSTAGRAM @pedulisehatindonesia dengan 45K followers*
3. FACEBOOK Page @id.pedulisehat dengan 22K likes*
4. BLOG pedulisehat.blog dengan 250 pembaca per hari*
(catatn: * data per Maret 2019)

Selain menyediakan fitur Chat di dalam platform website dan Android, Peduli Sehat juga bisa dihubungi melalui nomor WhatsApp +6281513967218.

Oiya, berdasarkan data per Maret 2019 juga, platform Peduli Sehat diakses oleh rata-rata 1 juta user per bulan, dimana 90% nya menggunakan aplikasi melalui smartphone berbasis Android. Sebagian besar para user ini berdomisili di Jakarta, Surabaya, Medan, Makassar dan Bandung. Mereka rata-rata berada pada usia produktif 25-34 tahun dimana 60% adalah wanita dan sisanya (40%) adalah pria.

Nah, betapa mulianya bukan para penggalang dana dan donaturnya, demikian pula Peduli Sehat itu sendiri? Indonesia yang merupakan negara dengan populasi terbesar ke-4 dunia, dengan total penduduk hampir mencapai 265 juta jiwa. Saat ini, dibandingkan dengan kondisi di negara-negara maju, 80% masyarakat Indonesia masih jauh dari harapan untuk hidup sehat. Semoga kedepannya dengan adanya kampanye galang dana online melalui Peduli Sehat ini akan menurunkan angka 80% itu tadi karena para penderita penyakit yang memiliki masalah finansial bisa segera tertolong.

Jadi, mumpung masih produktif, saatnya nih kita turut ambil peran. Apakah mau menjadi penggalang dana? Atau menjadi donatur? Atau keduanya ?

“Bukan karena Kita bisa tetapi karena Kita peduli.”

374 Views

Author: Wiwin Pratiwanggini

Ibu dari 2 anak laki-laki (Satria & Dimas). Tinggal di Yogyakarta. Suka jalan-jalan. Suka membaca. Suka menulis. Ngeblog untuk berbagi cerita, berbagi pengalaman, serta berbagi informasi. Bisa dikontak di wiwin_pratiw@yahoo.com (email) atau 08156852076 (WA), insyaallah fast response.

56 thoughts on “Yuk, Bantu Meringankan Penderitaan Mereka dengan Galang Dana Online melalui Peduli Sehat!

  1. aku pernah ikut galang dana online, kalau udah begitu mah ya lillahitaala, yang penting udah ikhtiar nolong, kalau misal ada sesuatu kayak uangnya gak sampai, mudah2an jd pelajaran buat penyelenggara penggalangan dana. soalnya skrg zaman maju yang serba transparan, kalau ada penyimpangan bs diketahui.

  2. Kampanye galang dana online ini memudahkan orang untuk membantu sesama tanpa ribet, bisa langsung transfer untuk donasi kemanusiaan. Semoga dengan adanya ini semakin menggugah rasa empati kita dengan membantu sesama yang sedang mengalami kesusahan

  3. ALhamdulillah sekarang sudah ada Peduli sehat. Iya bener kak wiwin kadang bpjs tidak mengcover penyakit tertentu dan terkadang miris dna nyesak padahal butuh bantuan dengan dana yang tidak sedikit pula

  4. Smoga smakin banyak yang terbantu dengan program galang dana online ini. Pembayaran yang dipermudah dengan OVO points bisa membuat lebih banyak orang ingin jadi donatur.

  5. Sedihnya jika liat ada anak anak atau orang dewasa yang sakit tapi mereka butuh bantuan karena kekurangan dana. Program seperti ini harus kita dukung ya mba

  6. Ohhh baru paham kalau Peduli Sehat ini lebih fokus ke penggalangan dana untuk kesehatan aja. Bagus nih menurutku, Mbak! Semoga platform ini bisa mengakomodir lebih banyak pasien untuk mendapatkan pendanaan buat berobat 🙂

  7. Hiks i feel them mba, selalu bersyukur pokoknya dg kehidupan sekarang krn di bawah langit masih ada langit. Alhamdulillah muncul inovasi baru, Peduli Sehat, semoga semakin banyak warga membutuhkan yg terbantu dg aplikasi ini.

  8. Kalau buka FB banyak iklan penggalangan dana gini. Sedih ya, masih banyak sekali saudara kita yg butuh pertolongan. Trims infonya, In sya Allah sy ikut donasi

  9. MasyaAllah, bersyukurlah sekarang sudah ada aplikasi dan flatform ini yah. Semoga mereka bisa segera sembuh dari segala penderitaan karena adanya kerjasama baik ini. Semoga kita semua jg bisa turut serta berdonasi untuk meringankan beban mereka 🙁

  10. Sekarang makin banyak lembaga yang bikin apps utk mempermudah kita menyalurkan donasi buat yang membutuhkan ya mba. InsyaAllah lbh transparan dan amanah kalau pakai apps ini.. TFS

  11. Bukan karena Kita bisa tetapi karena Kita peduli.”

    Jleeb banget dengan penutupnya..
    Saya baru tahu Peduli Sehat ini, Mbak..sebuah langkah bagus untuk membantu sesama..dan caranya mudah sekali pula. Salut!

  12. Kerenn nih mbak aku suka taglinenya “Bukan karena Kita bisa tetapi karena Kita peduli.” bener sih kita menolong dengan sesedikit apapun pasti sangat bermanfaat

  13. sedih deh mbak kalo liat kondisi adek-adek yang masih kecil tapi udah menderita sakit kayak gini. semoga bisa sedikit membantu dengan galang dana di peduli sehat :’)

  14. Baru tau ada aplikasinya. Semoga tepat sasaran & bermanfaat bagi yang membutuhkan. Bener2 bikin Brebes mili kalau baca kisah2 mereka. Makasih ulasannya ya mbak.

  15. Wah bener nih walau udah pake bpjs aku juga suka ngeluh jangankan penyakit kronis bahkan cek lab pun kalo masih difaskes 1 bayar lho mba gk semuanya free,alhamdulilah deh sekarang ada aplikasi galang dana jadi bener bisa membantu orang2 keluarga yg terkena penyakit yg biayanya gak ditanggung bpjs

  16. Yuk kita sama-sama membantu pasien yang ada di Peduli Sehat. Semoga dengan donasi dari kita, berapapun nilainya bisa meringankan beban. Apalagi proses dan metodenya donasinya makin mudah. Selain transfer bank atau virtual account juga bisa pakai GoPay dan OVO

  17. Sekarang mau donasi juga udah gampang ya mbak, bisa via smartphone. Aku suka Aplikasi Peduli sehat ini karena targetnya jelas dan sudah diverifikasi. jadi gak takut kalo donasinya jatuh ke tangan yang salah

    1. Hai mba Indri,
      makasih udah mampir kesini,,
      sebagaimana sudah banyak diketahui bahwa BPJS tidak mengcover pengobatan semua penyakit, padahal rata-rata biaya pengobatan yang mereka butuhkan itu sangat banyak. Dengan adanya Peduli Sehat ini diharapkan donasi tersalurkan dengan tepat dan si penerima donasi segera bisa ditangani.

  18. Hidup sehat itu hak tiap orang, masih banyak orang dengan penyakit kritis diluaran sana belum tertangani maksimal. Beberapa diantaranya karena tidak tercover asuransi/ BPJS. Dengan galang dana online tentu sangat membantu mempermudah pengumpulan dana.

  19. Hidup sehat itu hak tiap orang, masih banyak orang dengan penyakit kritis diluaran sana belum tertangani maksimal. Beberapa diantaranya karena tidak tercover asuransi/ BPJS. Dengan galang dana online tentu sangat membantu mempermudah pengumpulan dana

  20. Duh, galang dana door to door itu rasanya gimanaaa gitu ya. Aku pribadi kurang sreg. Ada rasa sungkan kalo ngasih kecil, tapi mau ngasih besar duitnya nggaj ada. Belum lagi kalo yang menggalang dana door to door itu ngasih muka kecut kalo liat kita nyumbang dikit. Kalo nyumbang online gini lebih plong aja aku sih.

  21. Kini berdonasi online semakin mudah dan praktis.
    Bahkan ada aplikasinya ya.

    Pas aku cek di situs Peduli Sehat, kita bisa berdonasi mulai dari Rp 10.000 lho
    Dan bisa juga membantu konfirmasi jika mengetahui informasi pribadi pasien atau riwayat medisnya.

  22. Alhamdulillah udaha ada peduli sehat yang bisa galang dana online secara aman dan transparant. jadi banyak orang bisa dibantu. karena pernah ngalamin butuh dana kesehatan yang besar dan harus jual-jual barang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *