Festival Bunda Generasi Maju, Langkah Awal Dukung Generasi Maju

festival bunda generasi maju

“Masa Kehamilan merupakan periode awal dari 1000 hari pertama si Kecil yang penting untuk kualitas masa depannya.” Itu adalah pesan penting yang harus selalu diingat oleh para Bunda dan calon Bunda. Meskipun sedang tidak hamil karena anak saya sudah lahir 19 bulan yang lalu, tetapi pesan penting tentang 1000 hari pertama kehidupan itu tidak pernah saya lupakan. Karena itu saya sangat bersemangat ketika tahu bahwa SGM Bunda akan hadir di Yogyakarta mengusung event Festival Bunda Generasi Maju.

Festival Bunda Generasi Maju

Bersyukur sekali saya bersama teman-teman blogger mendapatkan kesempatan untuk hadir pada Festival Bunda Generasi Maju yang diselenggarakan pada hari Minggu 28 April 2019 di Jogja Expo Center Yogyakarta. Acaranya full dari jam 8 pagi hingga jam 1 siang. Yang di Yogyakarta ini merupakan event kedua setelah event pertama di Surabaya pada 21 April 2109. Kegiatan Festival Bunda Generasi Maju ini diusung oleh SGM Bunda, yaitu nutrisi khusus untuk masa hamil dan menyusui, dalam rangka mendukung para Bunda dalam memenuhi kebutuhan anak dalam 1000 hari pertama kehidupannya.

Festival Bunda Generasi Maju ini sarat dengan serangkaian aktivitas, yaitu edukasi nutrisi, prenatal couple yoga, cooking demo aneka kuliner lezat dan bernutrisi, konsultasi dan USG, serta aktivitas relaksasi seperti totok wajah dan massage. Tersedia juga aneka booth yang bisa dikunjungi para Bunda. Karena itu saya mengikuti dari awal hingga akhir, pokoknya ga mau ketinggalan satu aktivitas pun, sayang banget kalo sampai ada yang terlewat 🙂

a. Aneka Macam Booth/Area

Sebelum acara edukasi nutrisi dan lain-lain dimulai, kami sempatkan dulu untuk berkeliling ke booth-booth yang tersedia. Aneka booth yang tersedia dalam Festival Bunda Generasi Maju di Yogyakarta adalah:

1.  Area Bunda Cantik: Disini Bunda bisa membeli produk kecantikan menggunakan voucher yang ada di dalam goodie bag. Lumayan ‘kan, dapat diskon. Oiya dapat voucher diskon untuk facial juga lhooo.. Di booth ini juga saya sempat mendapatkan tes kulit secara gratis lhooo.. dan hasilnya ternyata kulit saya memiliki pori-pori besar. Solusinya apa, hayooo…?

2. Area Bunda Jajan: Disini dengan menunjukkan passport saja, Bunda akan mendapatkan snack dan minuman secara gratis. Alhamdulillah snacknya bermacam-macam dan enak-enak. Juga disediakan isi ulang air mineral.

Festival Bunda Generasi Maju
Area Bunda Sehat tempat Bunda bisa cek kesehatan sekaligus USG

3. Area Bunda Santai: Disini Bunda bisa relaksasi sejenak karena di tempat ini Bunda akan di-massage oleh mbak-mbak cantik, mulai dari ujung rambut hingga ke ujung kaki. Selama di-massage Bunda mengenakan headphone untuk mendengarkan musik. Asyik ‘kan, lama-lama bisa ketiduran deh saking santainya hehehe… O iya disini juga bisa totok wajah lho..

4. Area Bunda Cerdas: Disini Bunda bisa mengasah pengetahuan Bunda seputar kehamilan. Ada 10 pertanyaan yang harus Bunda jawab dengan memilih jawaban “Mitos” atau “Fakta” saja. Jika benar semua, Bunda akan dapat hadiah tote bag. Jika ada yang salah, Bunda tetap dapat hadiah yaitu pouch. Saya kemarin hanya benar 9 dari 10 pertanyaan, jadi yaaa cuma dapat pouch..

5. Area Bunda Photo: Disini Bunda bisa berfoto dengan pose secantik mungkin, kemudian diupload ke Instagram masing-masing. Selanjutnya akan ada hadiah menarik bagi yang beruntung.

Festival Bunda Generasi Maju
Area Bunda Santai tempat Bunda di-massage dan totok wajah

6. Area Bunda Sehat: Disini bisa konsultasi seputar kesehatan Bunda, khususnya yang sedang hamil. Di booth ini juga disediakan fasilitas untuk USG. Gratis lhooo buat peserta festival ini 🙂

7. Area Jualan Susu: Disini Bunda bisa membeli susu SGM Bunda. Bisa memilih dari berbagai ukuran yang tersedia. Dari setiap pembelian Bunda akan mendapatkan poin. Jika mencapai jumlah tertentu, poin ini bisa ditukarkan dengan hadiah-hadiah menarik.

b. Edukasi Nutrisi

Dalam event-event besar seperti ini yang selalu saya nanti-nantikan adalah sesi talkshow yang biasanya menghadirkan narasumber yang memang pakar di bidangnya. Seperti kali ini karena fokusnya adalah edukasi nutrisi untuk para ibu hamil, SGM Bunda menghadirkan dokter Eduardus Raditya Kusuma Putra, SpOG. Ada beberapa poin yang saya catat yang disampaikan oleh dokter Edo, yaitu antara lain:

1000 hari pertama kehidupan merupakan masa penting bagi perkembangan fisik, saraf otak dan mental anak. Dalam masa ini asupan nutrisi harus diperhatikan karena perkembangan ketiga hal tersebut sedang sangat pesat-pesatnya. Ini dimulai sejak awal kehamilan hingga anak berusia 2 tahun. Jadi asupan nutrisi sejak masih dalam kandungan sudah diperhitungkan. Dan sayangnya masa 1000 hari pertama kehidupan ini tidak pernah bisa terulang lagi. Ini benar-benar golden age, jangan sampai terlewatkan. Bunda jangan sampai menyesal di kemudian hari, misalnya anakku koq stunting, anakku koq enggak secerdas anak-anak seusianya, anakku koq sakit-sakitan, dan lain sebagainya.

Festival Bunda Generasi Maju
Talkshow edukasi seputar kehamilan. dokter Edo yang duduk itu ya…

Selama masa kehamilan, seorang ibu membutuhkan 2 macam nutrisi yaitu nutrisi makro dan nutrisi mikro. Nutrisi makro terdiri dari Protein, Karbohidrat, dan Lemak. Sedangkan nutrisi mikro terdiri dari vitamin dan mineral yaitu antara lain Asam Folat, Zat Besi, Vit.B1, Vit.B2, Vit.B12, Kalsium, Vit.D, dan Vit.C. Sebenarnya itu semua bisa dipenuhi melalui asupan makanan yang mencukupi angka kebutuhan gizi ibu hamil. Tetapi ada kalanya banyak juga yang masih membutuhkan asupan nutrisi dari luar (selain makanan sehari-hari), misalnya susu ibu hamil.

Pada ibu hamil, kebutuhan zat besi meningkat pesat, jadi jangan pernah sampai mengalami anemia (kurang darah). Demikian juga kebutuhan asam folat juga meningkat pesat. Asam folat ini penting untuk mencegah anemia pada ibu hamil dan juga mencegah bayi lahir cacat.

Anemia terjadi pada ibu hamil ketika kadar Hb <11 mg/dl pada trimester 1 dan kadar Hb <10,5 mg/dl pada trimester kedua. Anemia ini disebabkan karena kekurangan nutrisi terutama makanan yang mengandung zat besi dan asam folat selama kehamilan. Efek anemia pada ibu hamil, antara lain terjadinya keguguran, perdarahan, kelainan plasenta, berat badan bayi lahir rendah, kematian bayi dalam kandungan, gagal jantung, dan bayi lahir prematur. Perlu dicatat bahwa di Indonesia, ada 1 dari 2 ibu hamil yang mengalami anemia dan kekurangan gizi. Bunda tidak mau ‘kan ya menjadi salah satunya? Sebisa mungkin angka 1 itu mari kita jadikan angka 0 (nol).

Itulah kenapa seringkali kalo abis kontrol kehamilan di dokter obsgyn Bunda suka dikasih resep yang berisi suplemen zat besi dan asam folat. Selain dalam bentuk suplemen, zat besi dan asam folat juga terdapat pada susu ibu hamil seperti SGM Bunda.

c. Prenatal Yoga

Selain pemenuhan kebutuhan nutrisi ibu hamil. hal lain yang harus diperhatikan adalah persiapan mental dan fisik ibu hamil itu sendiri dalam menjaga kehamilan dan mempersiapkan kelahiran. Untuk itu, di acara Festival Bunda Generasi Maju kemarin juga diadakan sesi yoga untuk ibu hamil atau dikenal dengan istilah prenatal yoga.  Instruktur yoga dihadirkan dari AWJ PGY (Asih Waluyo Jati Prenatal Gentle Yoga). Dan karena ini prenatal yoga, maka difokuskan pada couple yoga (yoga bersama pasangan).

Festival Bunda Generasi Maju
Sesi Couple Prenatal Yoga

Menurut alodokter.com, manfaat yoga pada ibu hamil yaitu dapat membuat tubuh lentur, memperbaiki sirkulasi darah, meningkatkan keseimbangan, serta membentuk otot. Yoga pada ibu hamil juga bermanfaat melatih pernapasan lebih dalam dan merasa rileks. Selain itu, yoga dapat memperbaiki kualitas tidur ibu hamil. Yoga semacam ini juga mampu menekan rasa nyeri punggung bawah, sesak napas, sakit kepala, dan mual. Bahkan, yoga dipercaya dapat menurunkan tekanan darah pada ibu hamil. Beberapa studi mendukung yoga ibu hamil dapat menurunkan risiko komplikasi kehamilan, sekaligus menurunkan tingkat stres dan rasa sakit. Ada pula kemungkinan menekan risiko berat badan bayi lahir rendah. Selain fisik, yoga pada ibu hamil yang dilakukan bersama-sama dengan ibu hamil lainnya, dapat mendukung kondisi emosional. Kelas yoga semacam ini juga dapat memotivasi ibu hamil untuk terus berlatih.

d. Cooking Demo

Bunda mungkin sudah hafal ya kalo rasa susu ibu hamil itu ya standar gitu-gitu aja. Terkadang timbul rasa bosan karena setiap hari harus meminumnya, iya ‘kan Bunda? Ada juga Bunda yang mual jika pengin minum susu ibu hamil.

Festival Bunda Generasi Maju
Cooking Demo bersama Chef Anton Yanwar Susilo

Nah di sesi cooking demo kemarin, Chef Anton Yanwar Susilo memberikan 3 macam resep yang menggunakan bahan utama susu SGM Bunda. Ketiga resep tersebut adalah:
1. Es Jeruk Pelangi (menggunakan bahan dasar susu SGM Bunda rasa jeruk)
2. Es Sirsak Strawberry (menggunakan bahan dasar susu SGM Bunda rasa strawberry)
3. Es Alpukat Lapis Coklat (menggunakan bahan dasar susu SGM Bunda rasa coklat)

Dari ketiga hasil demo resep yang dibagikan kepada para peserta, saya memilih Es Jeruk Pelangi. Kenapa? Kalo susu rasa strawberry dan rasa coklat ‘kan sudah biasa, nahh.. sesekali saya mau donk nyobain yang rasa jeruk. Ternyata memang segarrr…! Para Bunda yang sedang hamil pasti suka dehhhh..

e. Beauty Demo

Meskipun Bunda sedang hamil dimana banyak hal yang Bunda lakukan bisa dimaafkan oleh alam sekitar.. ceileee.. namun jangan sampai Bunda enggak tampil cantik yaa.. Ibu hamil itu makin seksi kalo tidak lupa dandan lhooo.. Ga harus dandan yang menor-menor atau make up tebal koq. Mungkin sekedar pake bedak dan lipstik tipis-tipis aja udah bikin lebih cantik dan tampak segar.

Nah, Festival Bunda Generasi Maju kemarin juga menghadirkan sesi edukasi kecantikan. Kali ini menghadirkan pakar kecantikan dari Wardah Beauty House dengan tema “Cantik dengan Kulit yang Sehat Selama Masa Kehamilan”.

Festival Bunda Generasi Maju
Sesi Beauty Demo bersama Wardah

Ada 2 masalah kulit yang sering dialami ibu hamil yaitu jerawat dan bercak hitam di wajah. Jerawat ini terjadi karena tingginya hormon saat hamil. Tingginya hormon di saat hamil bisa memicu kelenjar minyak memproduksi lebih banyak minyak dari biasanya. Jika sebelumnya Bunda sudah memiliki jerawat, kondisi ini akan lebih parah saat hamil. Sedangkan bercak hitam pada wajah ini menjadi salah satu pertanda bahwa Bunda hamil. Ada beberapa bagian kulit wajah yang dapat menghitam seperti kening, pipi atau di atas bibir. Saat hamil, di area tersebut dapat muncul bercak hitam atau topeng kehamilan akibat meningkatnya pigmentasi.

Karena itu Bunda tidak boleh menggunakan sembarang produk. Jika Bunda ingin menggunakan produk perawatan wajah, sebaiknya gunakan produk yang mengandung bahan yang aman untuk Bunda dan bayi. Beberapa kandungan bahan yang aman dalam produk perawatan wajah adalah AHA (alpha hydroxy acid), asam glikolat atau asam laktat.

Yang terpenting adalah Bunda harus tetap melakukan perawatan kulit secara rutin. Ada perawatan harian dan perawatan mingguan, lakukan itu secara rutin. Jika kulit sudah terawat, menggunakan make up tipis-tipis aja sudah tampak cantik koq.. Jadi, meskipun hamil, tampil cantik dan menarik tetap harus diperhatikan ya, Bunda… 🙂

SGM Bunda dengan Complinutri

Setelah paparan mengenai edukasi nutrisi oleh dokter Edo kemudian dilanjutkan oleh tim SGM Bunda. SGM Bunda adalah susu formula bagi ibu hamil dan ibu menyusui. Susu formula ini berfungsi untuk:
1. Membantu mencukupi asupan nutrisi makro dan mikro, khususnya formula yang tinggi kandungan zat besi dan tinggi asam folat.
2. Melengkapi konsumsi makanan bergizi dan seimbang agar ibu tetap sehat.

Harap dicatat ya Bunda, bahwa jika gizi ibu optimal, hal ini akan mendukung anak generasi maju untuk mencapai 5 potensi prestasi yaitu cerdas kreatif, tumbuh tinggi dan kuat, mandiri, supel, dan percaya diri.

Ketika sedang hamil, ada keinginan dan kebutuhan Bunda yang harus dipenuhi. Ibu hamil memiliki beberapa keinginan yaitu pertumbuhan janin yang baik, informasi mengenai kehamilan, serta dukungan suami dan keluarga. Sedangkan kebutuhan ibu hamil yang harus dipenuhi yaitu kecukupan nutrisi makro dan mikro, persiapan fisik yang baik, dan persiapan mental yang baik.

Festival Bunda Generasi Maju
SGM Bunda dengan Complinutri

Dengan adanya fakta bahwa 1 dari 2 Bunda hamil di Indonesia mengalami kekurangan nutrisi mikro dan mengalami anemia, maka susu SGM Bunda sejak tahun 2012 hadir untuk mendukung pemenuhan nutrisi Bunda di masa hamil dan menyusui. Dalam hal ini susu SGM Bunda berperan dalam:
1. Menghadirkan produk susu berkualitas.
2. Memberikan edukasi melalui aktifasi offline/on ground, contohnya: Festival Bunda Generasi Maju.
3. Memberikan edukasi melalui aktifasi secara online, contohnya: penyediaan website serta social media platform.

Kini SGM Bunda hadir dengan formula COMPLINUTRI, yaitu:
1. Mengandung minyak ikan, yang berfungsi mendukung perkembangan saraf dan otak janin.
2. Tinggi Zat Besi, yang berfungsi mendukung pencegahan anemia pada Bunda.
3. Tinggi Asam Folat, yang berfungsi mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin.
4. Tinggi Kalsium & Vitamin D, yang berfungsi membantu pembentukan tulang janin.

SGM Bunda yang memiliki Complinutri ini sangat baik untuk mendukung kesehatan Bunda dengan memenuhi kebutuhan nutrisi Bunda di masa hamil dan menyusui dan tentunya sangat mendukung perkembangan optimal janin. Semua itu demi mencapai nutrisi lengkap bagi Bunda dan calon anak generasi maju.

Edukasi Seputar Masa Kehamilan dan Menyusui Secara Online & Offline

Selain menghadirkan produk bernutrisi bagi ibu hamil dan menyusui, SGM Bunda berkomitmen memberikan edukasi menyeluruh bagi Bunda melalui aktifasi offline dan online.

Salah satu contoh bentuk aktifasi offline adalah dengan menyelenggarakan event Festival Bunda Generasi Maju. Tahun ini diselenggarakan di 4 kota besar, yaitu:
1. Surabaya, 21 April 2019, bertempat di Lap. Parkir Grand City Mall Surabaya
2. Yogyakarta, 28 April 2019, bertempat di Lap. Parkir Jogja Expo Center Yogyakarta
3. Jakarta, 21 Juli 2019, bertempat di Park & Ride Thamrin Lot 10 Jakarta
4. Bandung, 28 Juli 2019, bertempat di Taman GOR Saparua Bandung

Festival Bunda Generasi Maju
Jadwal Festival Bunda Generasi Maju

Nah, Bunda-Bunda yang berada di kota Jakarta dan Bandung jangan sampai enggak datang yaaa.. Beneran lhoo, bakalan banyak ilmu dan oleh-oleh serta pengalaman-pengalaman baru yang ibu dapatkan. Jangan lupa untuk mengajak anak-anaknya juga karena di area festival juga disediakan area Taman Prestasi untuk anak-anak generasi maju. Di dalamnya ada beberapa macam area bermain anak-anak, juga tersedia panggung kesenian. Nah.. seru ‘kan? Ibu belajar, anak bermain 🙂

Selain secara offline, SGM Bunda juga menghadirkan edukasi seputar masa kehamilan dan menyusui melalui platform social media yaitu Facebook SGM Bunda. Disini Bunda akan mendapatkan edukasi dan tips tentang kehamilan. Bunda juga bisa live chat dengan dokter kandungan dan ahli nutrisi.  Selain itu juga ada berbagai aktivitas menarik lainnya. Gimana caranya bergabung? Bunda masuk aja ke akun Facebook SGM Bunda di http://web.facebook.com/sgmbunda, kemudian klik LIKE.

Selain melalui social media Facebook, Bunda juga bisa mendapatkan edukasi seputar masa kehamilan melalui website Generasi Maju. Bunda buka browser lalu ketikkan https://www.generasimaju.co.id .

Demikian Bunda oleh-oleh dari Festival Bunda generasi Maju. Semoga bisa bermanfaat buat Bunda. Jangan lupa Bunda-Bunda yang di Jakarta dan Bandung untuk hadir pada tanggal dan tempat yang sudah saya sebutkan tadi ya… 🙂

#FestivalBundaGenerasiMaju #LangkahAwalDukungGenerasiMaju

 

147 Views

Author: Wiwin Pratiwanggini

Ibu dari 2 anak laki-laki (Satria & Dimas). Tinggal di Yogyakarta. Suka jalan-jalan. Suka membaca. Suka menulis. Ngeblog untuk berbagi cerita, berbagi pengalaman, serta berbagi informasi. Bisa dikontak di wiwin_pratiw@yahoo.com (email) atau 08156852076 (WA), insyaallah fast response.

3 thoughts on “Festival Bunda Generasi Maju, Langkah Awal Dukung Generasi Maju

  1. Saya pernah membaca artikel tentang SGM Bunda Di Blog Mbak Reyneraea, apakah waktu itu Mbak Wiwin datangnya bersamaan dengan Mbak Rey..? soalnya foto2nya itu loh, sama seperti yang dibuat oleh Bos blog Reyneraea.

    saya adalah mantan Generasi SGM Mbak, kalau ada pihak SGM yang butuh saya, silakan kabari yach, hahahah….kan lumyan siapa tahu mereka butuh testimoni dan foto saya, hahahah……

  2. lengkap banget mb infonya 🙂 . acaranya emang seru ya mb. bermanfaat banget buat bunda ataupun calon bunda. semoga tahun depan ada lagi ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *