Review Buku: Resep Emak Berbisnis Dijamin Laris

Anda emak yang berbisnis dari rumah dan butuh tips bisnis laris manis? Buku Resep Emak Berbisnis Dijamin Laris ini bakalan mengobati kegalauan emak. (sumber gambar: indscript.ngorder.id)

Butuh Asupan Nutrisi untuk Bisnis

Maks, saya ibu rumah tangga sekaligus ibu bekerja. Tapi saya juga punya bisnis rumahan yang dikerjakan bareng dengan suami. Yang satu, bisnis jaringan (network marketing) untuk produk kecantikan dimana saya yang 90% in charge di dalamnya baik online maupun offline. Yang kedua, bisnis kuliner online dimana saya memegang bagian administrasi dan keuangan sedangkan suami memegang bagian operasional. Marketingnya? Kami kerjakan bersama-sama.

Pada tahun 2017 saya mengandung anak kedua. Alhamdulillah meskipun ada janin di dalam perut yang kian hari kian membesar, namun saya tetap mampu menjalankan tugas sebagai ibu bekerja sekaligus mengerjakan bisnis. Tentu saja saya kerjakan semampu tenaga saya, tidak sampai ‘ngoyo’.

Nahhh.. begitu lahiran (Oktober 2017), saya dan suami memutuskan untuk mengasuh sendiri anak kedua ini. Tanpa pengasuh, tanpa dibantu siapapun. Karena itu, salah satu bisnis kami terpaksa diistirahatkan dulu, yaitu bisnis kulinernya. Sedangkan bisnis yang satunya lagi (bisnis jaringan), sempat mengalami kemunduran juga karena saya tidak bisa memonitornya secara penuh. Apalagi ditambah pekerjaan di kantor pasca cuti melahirkan sempat membuat saya underpressure.

Alhasil, Maks.. selama setahunan pemasukan dari bisnis saya terasa banget dropnya. Sedihkah? Iyalah, Maks.. Tapi saya menyadari bahwa itu terjadi karena saya memang sempat tidak fokus mengurusi bisnis dan ada bisnis yang sedang diistirahatkan untuk sementara waktu.

Untuk bangkit lagi seperti semula, ternyata bukan perkara gampang, Maks.. Apalagi sempat off dan tidak fokus selama setahunan, tentu saja banyak sekali hal-hal yang hilang dari memori saya. Benar-benar serasa bangkit lagi mulai dari nol. Jadi, begitu saya ditawari buku Resep Emak Berbisnis Dijamin Laris, saya langsung tertarik untuk ikutan pre-order. Lagian saya sudah tahu kredibilitas penulisnya, dijamin ilmunya tidak ecek-ecek, tidak sekedar teori, tapi benar-benar ilmu praktis karena based on true story alias pengalaman si penulis sendiri.

Membaca buku ini saya serasa mendapatkan asupan nutrisi bergizi tinggi, lengkap dengan vitamin dan mineral. Saya yang selama setahunan merasa loyo, serasa mendapatkan energi baru. Dari 10 bab yang ada di dalam buku ini, satu per satu saya pelajari dan saya pahami. Sebagian sudah saya praktekkan dan sebagian lainnya sedang dalam proses. Benar-benar saya mengosongkan gelas, saya mulai dari nol lagi. Kehadiran buku ini membuat saya merasa seperti punya pegangan lagi dan insyaallah siap bangkit lagi 🙂 .

Buku Resep Emak Berbisnis Dijamin Laris

Buku ini berisi langkah praktis untuk emak-emak dalam memulai bisnis. Buku ini diterbitkan pertama kali oleh Ednovate Group, ditulis oleh Indari Mastuti.

Siapa sih yang tidak kenal penulis buku ini? Indari Mastuti yang berdomisili di Bandung ini sudah 12 tahun menjalankan bisnis Indscript Creative yang bergerak di dunia jasa penulisan, produsen modul nulis dan bisnis khusus untuk perempuan. Tahun 2013 ia mendirikan Sekolah Perempuan yang melahirkan banyak penulis-penulis perempuan, dan tahun 2017 mendirikan perusahaan Indblack Premium Handsock yang bergerak dalam dunia fashion.

Selain mengurus bisnis yang memiliki misi sosial pemberdayaan perempuan, Indari Mastuti juga memiliki komunitas yang memang menjadi sarana bina perempuan agar produktif dari rumah. Menurut Indari Mastuti, buku Resep Emak Berbisnis Dijamin Laris ini ditulis dengan tujuan untuk menjawab kegalauan emak-emak, yang merasa bisnisnya gitu-gitu aja, padahal katanya udah jumpalitan jualannya.

Di bagian Pendahuluan, Indari menulis tentang alasan perempuan harus berbisnis, alasan bisnis perempuan mending dari rumah saja, dan cara mengurus bisnis rumahan. Menurut Indari, perempuan sebenarnya tidak wajib berbisnis, tapi ketika penghasilan suami tidak mencukupi, saat itulah perempuan ambil peluang berbisnis. Dapatkan penghasilan untuk menjadi partner suami yang memiliki penghasilan terbatas.

Lalu kenapa bisnisnya dari rumah saja? Ya, lebih baik sibuk dan produktif di rumah. Anak terurus, suami terlayani, rumah terawat, bisnis juga jalan. Meskipun berbisnis dari rumah, tetap harus diperlakukan secara profesional. Meskipun bisnis rumahan, tetap harus dilengkapi dengan beragam pola pencatatan dan melakukan evaluasi bisnis.

Resep emak berbisnis dijamin laris
Indari Mastuti, penulis buku Resep Emak Berbisnis Dijamin Laris (sumber gambar: Ednovate Indonesia)

O iya buku ini dicetak dengan sampul hardcover dan memiliki ketebalan 178 halaman. Harganya? Maaf saya lupa, nanti saya tanyakan lagi kepada reseller bukunya yaa.. 🙂 . Isi buku ini terdiri dari 10 bab. Semuanya berisi tips praktis, bukan sekedar teori yang membosankan. Pembaca membaca sambil diajak mempraktekkan ilmunya.

Bab 1:
Cerita Emak Memulai Bisnis Laris
Pada bab ini, Indari menuliskan 10 alasan para emak wajib berbisnis. Juga ada cerita emak berbisnis laris. Di bagian akhir pembaca diajak menuliskan hal apa yang ingin didapatkan dari sebuah bisnis.

Bab 2:
Resep Berbisnis Laris Ala Emak-Emak
Pada bab ini, dijelaskan tentang memperbaiki mindset karena mindset itu penting banget dalam mengawal bisnis sekaligus mengawal rumah. Juga dibahas tentang konsep 7P dalam memulai bisnis. Di bagian akhir, pembaca diajak menuliskan hal-hal apa saja yang sudah dan belum dijalankan untuk membuat bisnis menjadi laris.

Bab 3:
Bisnis yang Cocok untuk Emak-Emak
Pada bab ini, dijelaskan tentang teknik 5B yaitu sebuah teknik sederhana yang bisa dipakai oleh para emak untuk menentukan bisnisnya.

Bab 4:
Prospek yang Tepat Closing Meningkat
Pada bab ini, dibahas tentang cara menentukan target market menggunakan konsep cermin. Dibahas juga tentang cara mengelola target market.

Bab 5:
Emak-Emak pun Bisa Berbisnis Online
Pada bab ini, pembaca diberi panduan bagaimana cara berjualan hanya dengan menggunakan Facebook Personal saja. Juga diberikan tips bagaimana mengubah friendlist menjadi pembeli. Selain itu, Indari juga mengajak pembaca untuk bersahabat dengan Facebook Page, termasuk mengoptimasinya tanpa ngiklan. Tidak lupa juga tips optimasi WhatsApp agar bisa menjaring database.

“Dunia digital menyajikan kemudahan, tinggal kita memilih media mana yang paling mudah untuk diaplikasikan oleh kita.” – Indari Mastuti

Bab 6:
Resep Membangun Jaringan Memperbesar Pemasukan
Pada bab ini, pembaca diajarkan cara ber-networking, membangun kolam pelanggan, membangun komunitas seasyik makan siang, sharing sesegar minum soda, juga pedekate yang enggak nyebelin, hingga bikin dari gak beli jadi beli.

Bab 7:
Mentor yang Tepat Bisnis Melesat
Pada bab ini, dijelaskan bahwa mentor itu penting karena dengan adanya mentor membuat lebih obyektif melihat masalah yang terjadi dan akhirnya bisa memutuskan langkah apa yang akan dilakukan. Lalu mentor seperti apa yang tepat untuk kita? Simak tipsnya di buku ini.

Bab 8:
Kerja Bersama Omzet Berlipat Ganda
Tanpa tim, tangan kita yang cuma dua, tidak akan mampu mengerjakan banyak hal. Nah pada bab ini, pembaca akan mendapatkan ilmu dan tips membangun tim. Baik tim internal, maupun tim eksternal. Termasuk cara merekrut, juga cara membuat SOP, cara membuat training, dan lain-lain.

Bab 9:
Bisnis Jalan Terus Keluarga pun Terurus
Produktif di bisnis online tidak berarti 24 jam harus online terus. Jangan lupakan kewajiban utama sebagai emak. Temukan tips teknik memanajemen waktu pada bab 9 ini.

Bab 10:
Prinsip Laris Emak Berbisnis
Setiap orang memiliki prinsipnya sendiri dalam berbisnis, maka temukan prinsip yang membuat Anda menghebat di bisnis yang dijalankan. Ada 10 cerita inspiratif dari emak-emak pebisnis, Anda akan menemukan yang paling menggambarkan Anda banget. Lalu di bagian akhir pembaca diajak untuk menuliskan prinsip yang ingin dibangun di bisnis.

Resep Emak Berbisnis Dijamin Laris
Buku datang pada tanggal 11 Februari 2019. (dok.. pribadi)

Nahhh, setelah melihat daftar isinya dan poin-poin yang dibahas tadi, pasti bikin Anda jadi penasaran dengan isi buku ini secara lengkap. Ya ‘kan?

Rekomendasi Buku Resep Emak Berbisnis Dijamin Laris

Buku ini menurut saya sangat recommended. Siapa saja yang akan terbantu dengan buku ini? Antara lain:
1. Ibu rumah tangga yang ingin memulai usaha
2. Wanita karir yang ingin merintis bisnis
3. Pebisnis wanita yang baru memulai usaha
4. Single mom yang mau berusaha untuk keluarga
5. Para perempuan yang bercita-cita jadi pengusaha
6. Para pria yang ingin pasangan/saudaranya mandiri secara ekonomi

Buku ini tidak dijual bebas di toko-toko buku, Anda bisa mendapatkan buku ini dengan menghubungi Tim Indscript Creative.

Selamat membaca sambil melesatkan bisnis Anda!

 

465 Views

Author: Wiwin Pratiwanggini

Ibu dari 2 anak laki-laki (Satria & Dimas). Tinggal di Yogyakarta. Suka jalan-jalan. Suka membaca. Suka menulis. Ngeblog untuk berbagi cerita, berbagi pengalaman, serta berbagi informasi. Bisa dikontak di wiwin_pratiw@yahoo.com (email) atau 08156852076 (WA), insyaallah fast response.

1 thought on “Review Buku: Resep Emak Berbisnis Dijamin Laris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *