Berkah Melimpah di bulan April 2021 (bagian 2)

berkah melimpah di bulan april 2021

Berkah Melimpah di bulan April 2021. Beberapa hari yang lalu saya cerita tentang berkah melimpah di bulan April 2021 bagian 1 yang isinya adalah vaksinasi Covid-19, ikut program “Semeleh”, berhasil bikin video sendiri, Ramadhan 1442 H, pap smear pertama kali, lahirnya BloggerSleman.Com, serta kejutan dari Yuni Shara. Nah, sekarang akan saya lanjutkan untuk bagian kedua.

Staycation di d’Senopati Hotel Yogyakarta

Memang saya memiliki keinginan minimal setahun sekali mengajak suami dan anak-anak menginap di salah satu hotel di kota Yogyakarta. Tahun 2020, beberapa minggu sebelum pandemi resmi masuk Indonesia, saya sekeluarga masih sempat staycation di Griya Joglo Yogyakarta untuk 2 (dua) malam. Saat itu saya membayar biayanya menggunakan poin dari Traveloka.

complimentary voucher d'senopati hotel

Complimentary voucher d’Senopati Hotel

Tahun ini alhamdulillah dapat complimentary voucher dari Kompasiana. Rezeki ini, ga boleh ditolak. Apalagi buat saya enggak mudah lho bisa mendapatkan voucher gratis menginap di hotel berbintang. Jadi begitu saya dihubungi oleh Riana Dewi dari K-Jog, langsung saya iyakan saja. Dan voucher tersebut saya gunakan menginap di d’Senopati Hotel pada tanggal 20 April 2021, satu malam saja. Lumayan bisa refresh hati dan pikiran.

Hanya saja kali ini saya tidak bisa mengajak si sulung karena voucher hanya berlaku untuk satu kamar yang berisi 2 dewasa. Si sulung sudah termasuk dewasa karena sudah berusia 18 tahun. Jadi, hanya adiknya yang bisa saya bawa karena masih kecil dan bisa bobok nyempil di antara kami. Hahaha…

Temu Online SEO Moms Community

Hari Kartini 21 April 2021 kami peringati dengan mengadakan event Temu Online SEO Moms Community. Tadinya event ini bukan dalam rangka kartinian sih, tetapi karena pada bisanya diantara tanggal-tanggal tersebut, ya sudah akhirnya diputuskan bertepatan dengan Hari Kartini.

Event temu online ini diselenggarakan melalui Google Meet. Persiapan yang sederhana namun cukup matang membuat acara ini berjalan dengan lancar. Dari lima grup SEO Moms Community yang jika ditotal jumlah membernya adalah sekitar 120-an, alhamdulillah ada 60-an yang bisa hadir.

temu online seo moms community

Ada 5 (lima) peserta yang beruntung mendapatkan buku Kartini Zaman Now persembahan dari mba Dewi Adikara, Ada 2 (dua) peserta yang beruntung mendapatkan novel Coelho’s Circle persembahan dari mba Bety Sulistyorini. Ada 1 (satu) peserta beruntung mendapatkan stelan gamis persembahan dari Kinata Olshopnya mba Arda Sitepu. Dan ada 2 (dua) peserta lagi yang beruntung mendapatkan saldo OVO/GoPay dari mba Lidya Fitrian dan Rahma Chemist.

Semoga dalam waktu dekat ini SEO Moms Community bikin event bareng lagi yaa…, sehingga kebersamaan antar member yang terbagi dalam beberapa wilayah bisa tetap terjaga.

Upgrade Kuota Pratiwanggini.Net

Bulan April adalah ulang tahun webhosting untuk blog pratiwanggini.net ini. Kebetulan koq ya barengan dengan space yang sudah melebihi kuota. Benar-benar sudah tidak ada ruang lagi untuk sekedar menambahkan gambar ke dalam satu artikel. Saya sudah cek File Manager lewat cpanel, namun sudah tidak menemukan kemungkinan untuk menghapus file-file sampah. Akhirnya mau tidak mau ya harus upgrade kuota.

Kuota yang semula 1 GB, akhirnya dinaikkan menjadi 3 GB. Jika sebelumnya setiap tahun hanya membayar Rp 400K, maka mulai sekarang saya harus menyiapkan dana sekitar Rp 800K untuk perpanjangan webhosting. Biaya untuk upgrade kuota sebesar Rp 500ribuan terpaksa harus ngambil dulu dari amplop cadangan. Budget yang saya sediakan sebelumnya ‘kan hanya untuk perpanjangan webhosting, tidak ada budget untuk upgrade kuota.

Bersyukur banget pada tanggal 28 April 2021 biaya upgrade ini bisa tercover oleh si blog sendiri. Uang yang sudah saya keluarkan dari amplop cadangan bisa saya kembalikan lagi. Gimana tuh ceritanya? Berkah melimpah itu datangnya dari Allah. Tiba-tiba saja hari itu ada email masuk yang endingnya menitip banner di blog ini. Setelah dua kali nego, si pemilik banner hanya sanggup membayar separo kurang sedikit dari harga yang saya tawarkan. Saya sih tidak keberatan karena toh saya tidak perlu melakukan sesuatu yang berat, saya hanya cukup memasang banner Domainesia beserta backlinknya.

Alhamdulillah sehari kemudian langsung dibayar dan itu bisa banget untuk menutup biaya upgrade webhosting. Dari pengalaman ini saya merasa makin yakin dan mantap terus berjalan di jalur ngeblog (monetisasi blog). Nyatanya memang blog saya ini bisa membiayai dirinya sendiri.

Buku “Ayahku Pejuang Sejati”

Akhirnya buku yang saya nanti-nantikan pun tiba. Buku antologi dengan judul Ayahku Pejuang Sejati. Di buku ini saya menulis kenangan bersama Bapak dengan judul “Sepuluh Tahun Menanti Bapak Kembali”.

buku antologi ayahku pejuang sejati

Buku antologi “Ayahku Pejuang Sejati”

Awal bulan Mei ini saya baru sempat mempersembahkan buku tersebut kepada Bapak. Begitu saya serahkan, Bapak langsung membukanya, lalu membacanya satu per satu dari awal. Dan baru pada saat Bapak membaca itu saya konfirmasi berapa lama Bapak meninggalkan kami, ternyata yang benar adalah 12 tahun. Ya, begitulah saya sempat LDR-an dengan Bapak selama 12 tahun! Kenangannya saya tuliskan di buku ini.

Kebetulan Bapak adalah pensiunan guru Bahasa dan Sastera Indonesia, sekalian dong saya minta krisan atas tulisan saya. Kata Bapak,”Sudah bagus, alurnya juga runtut, kalimat-kalimatnya efektif.” Sedangkan mengenai tulisan-tulisan dari penulis yang lain kata Bapak masih banyak yang kalimat-kalimatnya mubadzir.

Alhamdulillah, sekali lagi saya merasa makin mantap berjalan di jalur menulis buku. Enggak perlu takut dan malu lagi. Hanya butuh memperbanyak jam terbang serta harus berani memulai untuk membuat buku solo.

Cover Photo “Coelho’s Circle” di TribunSumsel.Com

Tanggal 25 April 2021 foto saya terpampang dengan jelas di harian TribunSumsel.Com. Foto saya bersama seorang teman kerja, sedang asyik membaca novel Coelho’s Circle. Bersyukur banget saya bisa menjadi bagian dari kampanye novel tersebut, setelah sebulan sebelumnya saya bersedia menulis reviewnya di blog ini juga.

foto cover coelho's circle

Saya dan Dian

Saya tidak berani berharap foto saya tersebut akan dipakai. Karena saya tidak pandai berpose. Foto tersebut juga hanya menggunakan kamera di HP Samsung M20 saya, dengan dibantu teman kerja untuk pengambilan fotonya. Backgroundnya cantik? Iyalah… tempat kerja saya instagrammable banget, ga perlu repot untuk mencari lokasi untuk berfoto.

Betewe…, betewe…, behind the scene atas pengambilan gambar ini mba Dian (teman saya di foto) harus rela kakinya gatal-gatal lhoo… Karena itu posenya duduk di rumput ‘kan, sedangkan dia enggak pakai celana panjang. Saya sih aman karena pakai kulot dan kaos kaki panjang, hehehe…

Narasumber Bootcamp Online QWORDS

Saya menutup bulan April 2021 dengan sebuah prestasi. Yaitu menjadi narasumber event Bootcamp Online QWORDS. Meskipun saya hadir bukan atas nama pribadi tetapi atas nama SEO Moms Community, namun tentu saja ini menjadi prestasi dan kebanggaan tersendiri buat saya.

Bayangkan, selama ini setiap kali mengikuti event online, mana pernah saya mau camera on dan microphone on, selalu deh keduanya itu dalam posisi saya off-kan. Padahal dulu bertahun-tahun saya jago bicara di atas panggung di depan ratusan audiens. Entah kenapa, secara online saya justru memilih ngumpet.

qwords bootcamp online

Berkah undangan QWORDS ini, saya berani tampil di depan kamera secara publik. Terima kasih saya ucapkan kepada mas Qbenk (founder SEO Moms Community) yang mendelegasikan tugas ini kepada saya. Pada awalnya saya merasa bahwa ini adalah semacam ujian pendadaran. Di event ini saya harus ngomongin tentang SEO, ilmu yang saya serap dan praktekkan melalui bimbingan mas Qbenk. Ibaratnya, setelah setahun lebih saya digembleng di kawah candradimuka, inilah saatnya saya diuji di depan publik. Gimana enggak serasa diuji? Pada event webinar melalui Zoom tersebut, guru saya (mas Qbenk) juga hadir sebagai peserta. Oh my God…

Di event Qwords ini, saya memang tidak berbicara tentang hal-hal teknis, karena dari pihak Qwords sudah menyediakan pembicara untuk itu. Sehingga di event ini saya hanya berbagi pengalaman dari awal saya ngeblog hingga artikel-artikel saya bisa berada di halaman satu Google.

Demikian sharing saya tentang berkah melimpah di bulan April 2021. Sampai jumpa di bulan berikutnya ya… 🙂 Jangan lupa share kepada teman-teman Anda jika apa yang saya tuliskan ini bermanfaat 🙂

 

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published.