Cara Kejar Target Pageviews untuk Sebuah Artikel Blog, Simak Tips dari Saya di Sini!

Cara Kejar Target Pageviews untuk Sebuah Artikel Blog – Beberapa waktu lalu saya menerima job menulis sebuah artikel blog. Fee-nya lumayan, tapi tantangannya juga gak kalah lumayan. Dalam satu bulan harus bisa memenuhi target minimal 500 PV untuk satu artikel tersebut. Untuk blog yang memiliki traffic harian global masih ratusan atau sebulan masih kurang dari 10ribu, tantangan tersebut menjadi sebuah PR yang lumayan butuh effort untuk bisa memenuhi target. Mau tidak mau ya harus memikirkan strategi yang harus ditempuh untuk menaikkan traffic blog.

Sengaja saya tidak mengepaskan target hanya mencapai angka minimal. Harus bisa lebih, pikir saya. Oleh karena itu saya menetapkan deadline pencapaian adalah H-4. Rasanya gimanaaaaa gitu kalau saya hanya memberikan angka minimal. Setidaknya lebih-lebih sedikit, syukur-syukur bisa banyak lebihnya.

Begini Nih Cara Kejar Target Pageviews

Nah, untuk memenuhi target sebelum deadline tersebut, apa saja yang saya lakukan? Penasaran yaaa… Baiklah, simak baik-baik yaaa…

1. Ikut blogwalking

Sekarang banyak komunitas blogging yang membuat grup-grup untuk blogwalking. Grup apa itu? Yaitu grup yang mewadahi teman-teman blogger untuk saling berkunjung. Jadi, misalnya ada yang punya postingan baru, si blogger bisa mengikutkan artikel barunya tersebut ke dalam list blogwalking.

Saya pribadi ikut beberapa grup blogwalking, antara lain: Blogwalking IIDN, Blogwalking Asik, MBC – No Ghibah, Grup Blogger Indoblognet, BRT BW, juga Blogger Walking Jogja. Sekali ngelist, biasanya ada 20-30 artikel baru. Setiap yang ikut ngelist, wajib berkunjung ke 19-29 artikel yang lain. Lumayan ‘kan, jika dari satu grup ada 25, maka total saya bisa dapat setidaknya 150 PV.

Di grup yang sama, boleh-boleh saja share artikel yang sama di kesempatan berikutnya. Yang penting sudah menyelesaikan tugas blogwalking yang sebelumnya diikuti. Nah, kalo masing-masing dilakukan dua kali maka setidaknya bisa terkumpul 300-an PV. Lagipula peserta di putaran kedua, belum tentu sama dengan peserta di putaran pertama.

cara kerja target pageviews

Contoh Pageviews

2. Share di media sosial

Setelah artikel dipublikasikan, biasanya saya share ke Facebook, Twitter, dan Linkedin. Kadang-kadang juga di status WhatsApp dan Instagram story. Untuk hasil share di media sosial ini, saya tidak bisa berharap banyak, karena hanya mengandalkan kesukarelaan user untuk mengklik URL artikel yang saya share. Oleh karena itu secara berkala biasanya saya share lagi.

Jangan lupa untuk bikin caption yang menarik atau bikin penasaran followers Anda sehingga mereka sukarela mengklik URL link yang ditautkan di media sosial tersebut.

3. Diiklankan

Familiar ‘kan ya dengan FB Ads? Ga ada salahnya lho menyisihkan dana, ga usah banyak-banyak, untuk mengiklankan blogpost kita. Untuk ini, saya biasanya menggunakan 2 (dua) cara.

  1. Yang pertama adalah dengan Boost Post. Yaitu dengan memasang link blogpost di salah satu postingan Facebook Page. Jadi pembaca iklan akan membaca FB post terlebih dahulu, baru kemudian masuk ke website setelah orang tersebut mengklik link yang ada di FB post tadi.
  2. Yang kedua, dengan memilih Get More Website Visitors. Dengan model iklan yang ini, pembaca iklan akan langsung digiring menuju artikel yang diiklankan, tidak perlu mampir kemana-mana dulu.

Dua cara ini gampang tapi sulit. Pasangnya sih gampang. Tapi untuk mendapatkan klik dengan harga semurah-murahnya itu yang sulit. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi. antara lain copywriting, targeting, budgeting.

4. Share kepada contact person yang tersimpan di smartphone

Tidak ada salahnya menyediakan waktu khusus untuk membagikan link blogpost tersebut kepada nomor-nomor WA yang tersimpan di smartphone kita. Untuk cara ini, target saya justru bukan teman-teman blogger. Karena apa? Saya ingin menyampaikan artikel blog saya tersebut kepada pembaca umum, bahkan yang awam dengan dunia blogging.

Tips untuk ini:

  1. Tentu saja saya tidak dengan tiba-tiba kasih link untuk dibuka, tetapi di bagian awalnya saya akan memberikan beberapa kata atau kalimat pendek sebagai intro.
  2. Target disesuaikan dengan isi artikel. Misal, artikel tentang edukasi menstruasi maka target saya adalah contact person perempuan, atau artikel tentang refleksi pembelajaran jarak jauh maka target saya adalah para orang tua (laki-laki dan perempuan).

Disclaimer:
Cara kejar target Pageviews untuk sebuah artikel blog yang saya bagikan ini tidak berlaku bagi yang blognya sudah memiliki performance bagus dengan jumlah visitor yang sudah mencapai ribuan dalam sehari. Tips ini hanya berlaku bagi blog yang masih merangkak dan kepepet butuh Pageviews banyak untuk satu artikel dalam waktu pendek. Semoga bermanfaat!

Catatan kaki:
Belajar cara mengundang organic visitor sebanyak-banyaknya akan lebih baik. Antara lain dengan mempelajari search engine optimization (SEO) dimana salah satu materinya adalah tentang internal link building. SEO Moms Community adalah wadah yang tepat buat Anda yang ingin belajar SEO mulai dari nol.

 

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *