Remote Control pada Hilang? BARDI Smart IR Remote Solusinya!

bardi smart ir remote cover

Remote Control pada Hilang? BARDI Smart IR Remote Solusinya! – Waktu saya sehari-hari lebih banyak di kantor. Bayangin, dari jam 10 pagi hingga jam 17:30 sore. Banyak duduk di kantor? Ooo, tentu. Oleh karena itu saya butuh ruangan yang nyaman untuk bekerja. Kebetulan nih, ruang kerja saya cukup luas, diisi oleh 4 orang, dengan posisi tempat duduk di 4 sudut yang berbeda.

Pada waktu siang hari, jika tidak hujan, seringkali terasa lumayan panas. Nah, untuk memberikan kenyamanan, di ruangan kami dipasang 2 buah AC. Untuk mengendalikan kedua buah AC di ruangan kantor kami disediakan remote control universal. Selain digunakan untuk AC di ruangan kami, remote control ini juga digunakan untuk ruangan kepala sekolah yang letaknya bersebelahan dengan ruang kerja saya.

remote ac toshiba

Remote control untuk AC di kantor saya

Tidak jarang saat saya ingin mengubah temperatur AC, atau ingin memati-hidupkan AC, saya harus mencari-cari dulu remotenya. Karena biasanya memang bukan saya yang menyalakan. Sehingga remote controlnya bisa berpindah-pindah tempat. Padahal sekali waktu saya juga pengin mengubah temperaturnya.

Kalo udah gitu, jadi kepikiran untuk mempunyai remote control yang bisa dikendalikan dari handphone saja seperti yang bisa dilakukan oleh Xiaomi. Sayangnya saya bukan pengguna Xiaomi lagi. Saya sekarang pengguna handphone merek lain yang enggak ada fitur untuk remote control. Sampai pada suatu hari, saya mendapatkan solusinya! Mau tahu?

BARDI Smart IR Remote: Remote Control Canggih Dalam Genggaman

Tempo hari saya pernah menulis tentang produk bohlam pintar dari BARDI yang bisa dimati-nyalakan, diubah warna, diatur kecerahannya, dan lain-lain, melalui aplikasi di handphone selama ada wifi/hotspot. Nah, Bardi Smart Home ini juga memproduksi remote control yang bisa dikendalikan melalui aplikasi di hape. Namanya adalah Smart IR Remote 10M – BLK.

bardi smart ir remote

BARDI Smart IR Remote 10 M – BLK

Bentuknya bundar, berwarna hitam, terbuat dari plastik. Ukurannya mungil pas banget ketika ditaruh di telapak tangan saya, satu genggaman gitu deh. Di bagian atas polos agak membulat. Di bagian bawah berbentuk pipih ada tulisannya Smart IR Remote BARDI dan ada power untuk bisa terhubung ke wifi. Sedangkan di samping ada socket untuk charger microUSB.

Smart IR Remote ini juga dilengkapi dengan sebuah charger. Charger remote control ini sama ukurannya dengan charger hape pada umumnya. Terdiri dari satu adaptor dan satu kabel charger dengan colokan microUSB.

Cara Mengaktifkan Bardi Smart IR Remote

Sebelum mengaktifkan Bardi Smart IR Remote, pertama-tama install dulu aplikasi Bardi Smart Home di hape. Oh iya, hapenya harus sudah yang smartphone lho ya… Aplikasi tadi bisa didownload dari PlayStore bagi pengguna Android atau dari AppStore bagi pengguna iOS.

bardi smart home apps

Aplikasi Bardi Smart Home di handphone saya.

Di dalam kemasan Smart IR Remote ini ada buku panduannya. Di dalam buku panduan ini user diarahkan untuk install Smart Life. Saya sudah install aplikasi ini, tetapi tidak berjalan dengan baik di smartphone saya. Lalu saya coba install aplikasi Bardi Smart Home. Taraaa… baru deh bisa berjalan dengan baik!

Setelah aplikasi terpasang, kemudian saya masuk ke aplikasinya. Karena sebelumnya saya sudah pernah menggunakan aplikasi ini, maka saya tinggal Login saja. Bagi yang baru pertama kali install, registrasinya mudah koq, cukup menggunakan alamat email dan mengisi password yang kita tentukan sendiri.

Setelah login atau registrasi berhasil, kemudian kita akan dibawa ke homepage aplikasi Bardi Smart Home. Untuk menambahkan perangkat, tekan tanda (+) hijau yang ada di kanan atas. Kemudian akan muncul nama-nama perangkat di dalam homepage tersebut. Karena akan mengaktifkan Smart IR Remote tadi, maka saya pilih IR Remote.

menambahkan ir remote di aplikasi

Menambahkan IR Remote di aplikasi. (Maaf ya, ini saya screenshot setelah IR Remote terinstall).

Langkah berikutnya adalah mereset remote untuk pertama kalinya. Caranya adalah dengan menekan tombol power untuk beberapa saat sampai lampu indikator berwarna birua menyala berkedip-kedip dengan cepat. Itu artinya Smart IR Remote sudah siap melakukan pairing.

Jika sudah siap, mari kembali ke handphone. Klik lingkaran kecil di depan tulisan Confirm indicator rapidly blink yang ada di layar handphone. Lalu tekan tombol Next. Selanjutnya handphone akan melakukan pairing. Jangan lupa isikan nama wifi berikut passwordnya ya…

Install BARDI smart ir remote

Proses install BARDI Smart IR Remote.

Tunggu beberapa saat hingga pairing berhasil dan tersambung. Setelah berhasil, di layar akan muncul nama perangkat Smart IR Remote dan keterangan “Device added successfully”. Nama perangkat bisa diedit atau diubah sendiri. Tapi tidak diedit juga tidak apa-apa. Saya sih memilih tidak mengubah apa-apa.

install bardi ir remote berhasil

Perangkat Smart IR Remote berhasil diinstall di aplikasi Bardi Smart Home

Proses selanjutnya adalah menambahkan perangkat Remote Control ke dalam aplikasi. Caranya klik saja Add Remote Control. Kemudian pilih tipe perangkat yang akan ditambahkan. Karena saya akan menambahkan remote control untuk AC, maka saya pilih Air Conditioner. Lalu pilih mereknya, AC saya mereknya Toshiba.

pilih perangkat ac

Masukkan nama perangkat AC beserta merknya

Selanjutnya coba tekan salah satu tombol remote control AC yang ada di aplikasi, misalnya tombol Switch (on/off). Jika berwarna kuning dan AC bisa menyala, berarti sudah berhasil. Setelah selesai maka di aplikasi tersebut akan tersimpan nama Air Conditioning.

AC sudah siap dikendalikan dari handphone saja

Mengendalikan Remote Control dengan Google Assistant

Selain dikendalikan dengan aplikasi BARDI Smart Home, salah satu kelebihan dari BARDI Smart IR Remote adalah bisa dikendalikan menggunakan Amazon Alexa atau Google Assistant atau SmartThings. Berhubung saya familiarnya dengan Google, maka saya pelajari saja cara mengontrol menggunakan Google Assistant.

google home ac

AC sudah bisa diakses dari Google Home.

Setelah itu, kita tinggal membuka aplikasi Google Home, lalu memberi perintah dengan suara, misalnya: “OK Google, nyalakan AC”, maka AC akan menyala. Mudah dan menyenangkan ya?

Rekomendasi Produk

Nah, sejak AC kantor bisa dikendalikan dari aplikasi BARDI Smart Home, saya jadi enggak repot-repot mencari-cari remote control. Yang penting BARDI Smart IR Remote dalam kondisi aktif menyala.

Oh iya, BARDI Smart IR Remote ini bisa berfungsi dengan baik dalam jarak 10 meter dari perangkat elektronik yang dikendalikan. Karena ruangan kantor saya hanya sekitar 6 x 6 meter, otomatis remote control canggih ini bisa berfungsi dengan sangat baik.

Untuk di rumah, saya juga menggunakan BARDI Smart IR Remote untuk mengendalikan beberapa perangkat elektronik, terutama televisi. Kebetulan nih, di rumah ada si Adik yang berumur 3 tahunan yang suka memindahkan alat-alat apapun sesuka hatinya. Tidak jarang lhoooo saya sampai puyeng mencari-cari si remote TV.

Sejak menggunakan BARDI Smart IR Remote ini, saya enggak pusing lagi kalau remote tivinya ngumpet entah dimana 😀

Bagi Anda yang tidak memiliki wifi di rumah, bisa lho menggunakan mobile hotspot atau hotspot portable dari hape saja. Cara mengubah portable hotspot menjadi wifi sudah pernah saya tulis di blog ini juga. Jadi, jangan khawatir tidak bisa menggunakan produk-produk BARDI Smart Home yaa…

Dengan BARDI rumah dan kantor menjadi always in control. Untuk mengenal lebih jauh tentang Bardi Smart Home beserta produk-produk dan harganya, temen-temen bisa mengunjungi website https://bardi.co.id atau akun instagramnya di @bardismarthome.

 

Related Posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *